Kodingin

Belajar Golang #32 : Membuat Custom Error

Tutorial golang ke – 32 yang akan melanjutkan tutorial mengenai penanganan error, tetapi kali ini berbeda. Topik bahasan kali ini kita akan belajar cara membuat custom error di bahasa program Golang.

Custom error digunakan untuk membuat nilai error pada fungsi yang kita buat. Perlu di ketahui error di golang merupakan sebuah nilai yang mempunyai nilai default nil.

Membuat Custom Error dengan Fungsi Baru

Kita akan membuat contoh latihan custom error yang sederhana menggunakan pengkondisian suatu nilai.

main.go

Hasilnya :

Belajar Golang #32 : Membuat Custom Error
Membuat Custom Error dengan Fungsi Baru

Perhatikan kode di atas, terdapat fungsi dengan nama checkAge(), dimana ketika memanggil fungsi tersebut harus memberikan nilai dengan tipe data integer. Nilai balik dari fungsi tersebut ada 2 yaitu berupa bolean(true atau false) dan nilai error.

Seperti pada tutorial golang yang membahas mengenai fungsi, dimana ketika terdapat nilai balik maka pemanggilan fungsi juga harus memberikan variable nilai balik sesjumlah jumlah nilai balik.

Dalam contoh di atas callback(nilai balik) ada 2, sehingga untuk menaggil fungsi tersebut harus membuat 2 variable yaitu satu, err.

Terlihat jelas hasil dari kode kita bahwa hasilnya error, karena nilai yang di minta tidak sesuai dan mengembalikan nilai error yang ada pada fungsi checkAge().

Cukup mudah bukan ?

Nilai balik pada fungsi error di atas di tanda dengan kode :

Sebenarnya ada cara lain yaitu

Kedua sintaks di atas bermakna sama.

Buat Custom error dengan type Struct

Kita juga dapat menggunakan struct guna membantu untuk penanganan error.

Perlu di ketaui ketika kita menggunakan struct, maka fungsi yang menangani error harus bergantungan dengan interface error. maka nama fungsi untuk menangani error bernama Error().

mari kita buat contohnya.

main.go

Hasilnya :

Belajar Golang #32 : Membuat Custom Error
Buat Custom error dengan type Struct

Perhatikan kode di atas, nilai error akan di cetak dalam bentuk string. Informasi error yang mengacu pada interface dengan fungsi Error().

Jika kita dari pada fungsi Error harusi dibuat, golang telah membuat interface dengan nama error dimana di dalam ada field yang mengacu pada method Error().

Sehingga di dalam fungsi / method Error() pada kode kita hanya mempunyai nilai kembalian berupa string, sesuai dengan interface yang telah di buat.

Sekian tutorial golang mengenai cara buat custom error. Terima Kasih.

Leave a Reply