Belajar Golang #17 : Fungsi Sebagai Parameter

Belajar Golang #17 : Fungsi Sebagai Parameter – Pada umumnya dalam bahasa pemrograman parameter di isi menggunakan variabel serta tipe datanya. Di dalam bahasa program golang sangat keren, kerana fungsi / method dapat di jadikan suatu variable dan dapat di kembalikan nilanya.

Untuk membuat fungsi dengan kembalian dapat baca :  Penggunaan Fungsi dan Return di Golang

Perlu di ketahui fungsi di golang merupakan first class, dimana sebauh fungsi dapat di letakkan dimana saja yang di inginkan.

Fungsi Sebagai Parameter

Untuk membuat paramter berupa fungsi dapat berasal dari fungsi lain maupun dari fungsi closure.

Seperti biasanya silahkan buat file dengan nama main.go.

Di dalam file main.go nanti di gunakan untuk membuat fungsi sebagai parameter.

Berikut ini contohnya :

Hasilnya adalah

10

Perhatikan kode diatas, parameter di dalam fungsi ini terbilang harus di lakukan dengan penuh ketelitian. Pertama kali program di jalankan akan memanggil fungsi main(). Setelah itu terdapat fungsi closure dengan parameter dan nilai balik integer.

Perlu di perhatikan, walaupun fungsi closure dengan variable v harus menggunakan parameter namun saat di panggil sebagai paramter tidak harus di isi dengan paramter. Pengisian paramter terletak di fungsi yang memprosesnya yaitu checkNilai(). Di dalam check Nilai baru di isikan paremter pada fungsi v.

Cukup mudah bukan ?

Penggunaan Fungsi di dalam paramter ini digunakan ketika dalam keadaan dimana tidak menginginkan fungsi yang berulang-ulang pada fungsi main() atau fungsi sebagai pemanggil.

Sekarang kita bikin latihan lagi menggunakan 2 paramter yaitu string dan fungsi

Hasilnya :

didikprabowo 100

Perhatikan kode di atas, di dalam fungsi checkNilai() saya tambahkan paramter string dan fungsi yang berasal dari fungsi closure variable v.

Setelah itu akan mengasilkan nilai balik berupa nilai balik berupa string dan int.

Pemanggilan variable dengan juga harus membuat 2 variable untuk di cetak dengan println. Apabila ingin mencetak salah satu nilai atau pun name dapat menggantikan paramter lain nya dengan tanda (_).

Contohnya :

Kode diatas merupakan potongan kode yang digunakan untuk mencetak variable name saja.

Sekian Fungsi Sebagai Parameter.

Baca Juga…

Leave a Reply