Belajar Golang #16 : Memahami Fungsi Closure di Golang

Memahami Fungsi Closure di Golang – Fungsi closure golang adalah fungsi yang mengembalikan fungsi lainnya. Dapat di simpan dalam variable maupun secara langsung di kembalikan nilai di dalam fungsi tersebut.

Contoh penerapan fungsi closure di bahasa lain yaitu PHP dengan Framework Laravel. Di dala Laravel dapat melakukan fungsi closure sebagai query.

Jika sudah tahu bahwa closure merupakan fungsi di dalam fungsi maka fungsi di dalam fungsi hanya akan di jalankan pada fungsi yang membungkusnya.

Memahami Fungsi Closure di Golang

Fungsi closure merupakan anonymous function , karena sebuah blok kode fungsi yang tidak mempunyai nama fungsi. Namun bisa melakukan suatu proses.

Yul langsung saja kita buat contoh program fungsi closure di golang.

Membuat Fungsi Closure

Seperti biasa silahkan buat file dengan nama main.go.

Berikut ini contoh kode cara menggunakan fungsi closure di bahasa program golang :

Hasilnya :

Belajar Golang #16 : Memahami Fungsi Closure di Golang

Penggunaan Fungsi di atas merupakan cara menggunakan fungsi closure yang sederhana, fungsi di dalam fungsi terletak du fungsi main() dengan nama variable go1() dan go2(). Dimana kedua fungsi tersebut berfungsi hanya mencetak sebuah teks biasa.

Lalu Bagaimana jika ingin membuat fungsi yang di panggil dari main dan di dalam fungsi yang di panggil menggunakan fungsi closure ?

Jawanya kita harus membalikkan nilaii berupa func().

Membuat Fungsi Closure dengan Nilai Balik

Di Golang dapat di lakukan nilai balik berupa sebauh fungsi dan nilai tipe data.

Berikut ini contohnya :

Hasilnya :

Belajar Golang #16 : Memahami Fungsi Closure di Golang

Jangan bingung ya kode yang di tuliskan di atas. Yuk kita bedah. Pertama kali membuat fungsi dengan nama todo() dengan nilai balik sebuah fungsi dengan nilai tipe data integer di tanda dengan kode func() int.

Di dalam fungsi todo() terdapat fungsi closure dengan yang memberi nilai balik dengan tipe data integer. Maka di dalam fungsi closure harus juga mendefisinikan tipe data yang di balikkan, pada contoh di atas adalah integer.

Nah, itulah Tutorial belajar golang yang membahas cara memahami dan menggunakan Fungsi Closure di Golang.

Leave a Reply