Facebook Ads vs Google Ads, Mana yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda ?

Facebook Ads vs Google Ads kadang menjadi pilihan sulit untuk menghantarkan iklan Anda kepada calon pelanggan. Buat Anda yang ingin beriklan, Facebook dan Google adalah dua platform iklan bayar per klik yang saat ini mendominasi.

Kedua model periklanan dari Facebook dan Google ini efektif dalam hal memberikan hasil seusai target Anda. Apakah penjualan, penambahan jumlah pageview, penambahan pelanggan, instal applikasi atau tujuan bisnis lainnya.

Jadi, ketika datang pertanyaaan platform periklanan mana yan dipilih antara Facebook vs Google Ads? Mana yang tepat untuk bisnis Anda? Artikel ini akan berusaha menjawabnya.

Namun sebelum memilih satu atau bahkan keduanya, mari kita bersama lihat mengapa harus mulai beriklan di ranah digital.

Iklan Online Sangat Penting, Termasuk Facebook Ads dan Google Ads

Facebook Ads vs Google Ads, Mana yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda ?

Dunia telah berubah. Perangkat handphone menjadi vital dalam kehidupan manusia. Sebagian besar waktu aktif manusia terbagi antara bekerja dengan beraktivitas melalui handphone.

Mulai dari membalas pesan, menerima panggilan hingga berinteraksi di media sosial. Dan menurut sebuah penelitian baru-baru ini, rata-rata orang akan menghabiskan lebih dari lima tahun hidup mereka menjelajah di media sosial.

Jadi, bila Anda masih mengalokasikan 100 persen budget iklan untuk material cetak seperti brosur atau spanduk, segera mengubah anggaran periklanan Anda.

Apa Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads?

Facebook Ads vs Google Ads, Mana yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda ?
Website gratis yang disediakan oleh raksasa teknologi Google.

Secara umum, iklan pada Google menargetkan kata kunci spesifik dan muncul sebagai hasil teratas dalam pencarian Google. Hasil pencarian dan pengindekan website yang dilakukan Google merupakan formula utama keberhasilan periklanan.

Iklan Anda akan ditampilkan di mesin pencari, YouTube, jaringan blog Blogspot dan mitra jaringan iklan dari Google.

Sedangkan iklan Facebook ditampilkan dalam sisipan di media sosial dan ditargetkan menggunakan informasi demografis dan perilaku.

Baca Juga: 5 Situs Penyedia Iklan Terbaik Selain Adsense yang Membayar Tinggi

Sederhananya, Facebook menggunakan informasi akun pengguna Instagram dan Facebook sebagai informasi penghantaran iklan Anda.

Keduanya berusaha mencocokan perilaku Anda berinternet dengan iklan yang tepat untuk disampaikan melalui history dan cookies di perangkat komputer atau handphone.


Dengan memahami ini, sebagai langkah awal pikirkanlah karakteristik audiance atau calon pelanggan Anda. Apa pun jenis penghantar iklan yang Anda pilih, bila iklan berkualitas buruk pada platform iklan mana pun dapat menyebabkan uang terbuang.

Tampilan Iklan Keduanya

Facebook Ads vs Google Ads, Mana yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda ?
Panduan Digital Marketing : Facebook Pixel

Setelah memahami konsep yang mendasari cara kerja kedua jaringan periklanan tersebut, sekarang mari memahami sedikit konsep teknisnya.

Pada pengguna Facebook, pemirsa iklan tidak secara aktif mencari produk atau merek tertentu. Mereka ditargetkan berdasarkan minat dan informasi demografis untuk menerima iklan. Jadi sebagian besar penerima iklan bertindak pasif.

Sedangkan Google Ads sebalikny, mereka aktif. Pemirsa iklan Google Ads tersaji iklan karena secara aktif mencari produk atau merek. Perilaku ini membuat kemungkinan mereka siap untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Dari sisi demografi atau wilayah, Facebook memiliki jangkauan lebih luas. Mereka mampu menganalisis demografi pengguna, minat, peristiwa penting kehidupan, dan perilaku pembelian.

Sedangkan Google mendeteksi melalui demografi pengguna berdasarkan internet protokol perangkat yang digunakan.

Penempatan Iklan pada Facebook dan Instagram meliputi tampilan feed, kolom bagian, cerita, dan video. Juga pesan pada Facebook Messenger, Instagram Story dan post, dan jaringan mitra Facebook.

Sedangkan Google mengandalkan mesin pencari yang menguasai 90 persen Internet dunia dan mitra pencariannya.

Untuk model iklan yang digunakan, Facebook menyajikan model iklan gambar, video, rangkaian slide, carrousel, dan instan stories

.Sedangkan Google menampilkan teks, video, foto, panggilan dan iklan belanja.

Dari uraian diatas, sebaiknya iklan Google dipilih bila Anda menargetkan penjualan barang atau jasa dengan transaksi yang tinggi. Karena calon pelangan Anda memiliki kemungkinan transaksi yang besar.

Sedangkan Facebook Ads dipilih sebagai paparan merk dan menjaga keterikatan pelanggan dengan merk atau produk barang jasa Anda.

Leave a Reply