Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya

Semakin banyak content creator mencari konten Evergreen untuk diterbitkan dengan tujuan content marketing karena terus bermanfaat dalam jangka Panjang. Ini disebabkan karena relevansi konten yang terus menarik minat pembaca.

Konsep dasar Konten Evergreen adalah membuat tulisan menarik yang mudah ditemukan oleh mesin pencari dan memastikan bahwa isi tulisan tersebut selalu relevan sepanjang waktu tanpa harus diperbarui setiap saat.

Apa itu Konten Marketing Evergreen?

Konten Marketing Evergreen adalah konten yang selalu relevan sepanjang waktu dan tidak perlu diperbarui untuk ditemukan oleh mesin pencari, dan merupakan bagian dari strategi marketing.

Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya
Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya

Konsep Evergreen berdasar pada karakteristik pohon yang selalu berwarna hijau sepanjang tahun dan dapat menaikkan trafik website Anda dengan mendapat ranking tinggi dalam hasil pencarian selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sejak pertama kali diterbitkan.

Evergreen adalah jenis konten favorit mesin pencari. Kalau Anda ingin konten Anda selalu mendapat ranking di Google dengan SEO, maka Evergreen content adalah pilihan tepat untuk marketing Anda.

Cara Membuat Konten Evergreen

Cara kerja mesin pencari terdiri dari tigatahapan, yaitu:

  • Crawling (Menemukan konten)
  • Indexing (Menganalisis kata kunci dan isi konten)
  • Retrievel (Ketika pengguna mencari kata kunci yang releavan dengan halaman yang terindeks dengan kata kunci tertentu)

Algoritma pengindeksan Google menetapkan waktu kadaluarsa konten yang tidak mendapat banyak kunjungan dan trafik dalam waktu tertentu. Contohnya jika konten Anda tentang ‘gaji PNS tahun 2018’, maka Google akan menampilkan halaman tersebut sesuai query pencarian.

Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya
Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya

Tapi kata kunci seperti ‘gaji rata-rata PNS‘ tidak akan menampilkan halaman Anda di hasil pencarian teratas. Ini tentunya kabar buruk bagi kalau strategi content marketing Anda tidak Evergreen.

Untuk membuat Konten Evergreen, Anda bisamelakukan 5 tips di bawah ini:

  • Menjawab FAQ (Frequenly Asked Questions) pembaca
    Lakukan sedikit stalking dan pelajari apa yang dicari oleh orang-orang, dan sediakan jawabannya. Kategorikan dalam kelompok sesuai industry.
  • Buat tips berdasarkan niche Anda seperti artikel tentang cara membuat sesuatu, atau nasehat
    Setiap orang selalu membutuhkan informasi. Kalau Anda bisa menyediakan informasi tersebut, Google akan menampilkan halaman Anda pada hasil pencarian teratas.
  • Jelaskan konsep umum di niche Anda
    Buat halaman yang menjelaskan cara kerja di industri Anda, lalu jelaskan istilah-istilah yang ada. Semakin detail Anda menjelaskan, semakin besar kemungkinan konten Anda memuat positive footprints dan negative footprints. Google akan menyukai konten Anda.
  • Tampilkan kumpulan testimoni dan ulasan suatu produk
    Cara ini memerlukan sedikit penyesuaian karena akan selalu ada produk baru yang menggantikan produk sebelumnya. Tapi akan selalu ada orang-orang yang menggunakan produk lama dan mereka tetap membutuhkan informasi.
  • Cari konten yang ditulis dengan biasa saja tapi populer
    Cari konten semacam ini dan buat yang lebih baik. Tidak semua orang bisa menulis dengan baik dan membuat pembahasan yang detail. Kalau Anda bisa menjelaskan topik yang susah dengan sederhana dan enak dibaca, akan banyak yang membagikan konten Anda.
  • Buat konten yang relevan dengan brand Anda
    Setiap konten yang Anda buat harus selalu sejalur dengan brand Anda. Konten Evergreen yang dibuat dengan benar akan menaikkan brand awareness dan membuat produk dan jasa Anda selalu tampil teratas dalam hasil pencarian. Tentunya ini akan membantu audiens untuk mengingat brand Anda. Pengunjung biasnaya mengasosiasikan kualitas bisnis dengan konten yang Anda buat.

Konten Evergreen adalah salah satu metode paling efektif untuk mendatangkan uang jika Anda menggunakannya untuk Content Marketing. Konten semacam ini paling berharga dan membantu Anda membuat strategi marketing yang terus menghasilkan dalam jangka panjang.

Sekian Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya.

Baca Juga…

2 Comments

  1. Visitor selalu mencari dan membutuhkan konten yang sifatnya evergreen. Artikel ini sangat membantu bagi para content creator, saya sudah mempraktikkannya di website direktori budaya jawa dan hasilnya terbukti jitu.

Leave a Reply