Deretan Software Edit Foto Gratis Secanggih Photoshop

Software edit foto gratis penting untuk Anda yang berbisnis atau sedang mengembangkan website. Software edit foto perlu untuk mengubah foto agar menarik, menambahkan informasi, hingga membuat logo bisnis.

Saat ini, Adobe Photoshop menjadi software untuk mengedit, mengomposisi foto, gambar, grafik 3D, video, desain web bahkan aplikasi menjadi yang terpopuler.

Namun, kelengkapan fasilitas yang disediakan Adobe Photoshop dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Adobe Photoshop dengan dukungan Creative Cloud Photography Plan plus kapasitas penyimpanan 20 GB dengan Photoshop + Lightroom dilanggankan seharga US$ 119.88 atau seharga Rp 1.696.200 per tahun.

Baca Juga: 3 Aplikasi Editing Video terbaik untuk Android

Nah, kalau Anda berpikir harga tersebut mahal maka ada beberapa pilihan software pengganti. Software tersebut sedikit banyak mampu menggantikan fungsi Phostoshop untuk mengedit foto, gambar, grafis sampai video.

Software tersebut dapat diinstal di komputer atau laptop yang terpasang operating system Windows. Ada juga pengedit foto atau gambar via online yang mampu mengedit. Kemudahan ini membuat Anda tak perlu menginstal software editing di komputer.

Kami mengulas beberapa pengganti Adobe Photoshop yang dapat Anda gunakan baik melalui instal di komputer maupun secara online. Mari kita ulas satu per satu software edit foto gratis :

Software Edit Foto Gratis GIMP

Deretan Software Edit Foto Gratis Secanggih Photoshop

Peter Mattis dan Spencer Kimball adalah programer awal yang membuat GNU Image Manipulation Program atau GIMP pada tahun 1995. Mereka melisensi software pengolah foto dan gambar ini menjadi open source.

Sebagai open source, GIMP disokong oleh komunitas developer dan pengguna sehingga makin banyak penggunanya. Sebagai software open source, GIMP didistribusikan hampir semua operating system Linux.

Bahkan hingga kini, operating sytem Windows pun dapat menggunakannya secara gratis dengan pembaruan-pembaruan yang berkala. GIMP dapat diunduh melalui https://www.gimp.org/downloads/.

GIMP menjadi pilihan pengganti Adobe Phostoshop karena mendukung berbagai format file foto atau gambar. Selain itu, mudah untuk digunakan dengan aplikasi antar muka yang sederhana.

GIMP juga dilengkap fasilitas penambahan pulg-in seperti Adobe Photoshop yang mana plug-in nya gratis dan terus bertambah.

Software satu ini juga menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi hardware yang rendah. Pasalnya, GIMP ramah untuk hardware dengan kondisi spesifikasi perangkat yang rendah seperti RAM 1 Gb atau prosesor Core Duo.

Baca Juga: Tak Hanya Google Adsense, Begini Cara Blog Hasilkan Uang

PAINT.NET


Anda menggunakan komputer dengan operating system Windows? Bila iya, tentu pernah atau terbiasa menggunakan perangkat pengolah gambar dan foto sederhanan Paint. Software yang dibundle dengan Windows ini dapat ditemui dengan mengklik tombol Windows > All Program > Accecories > Paint.

Bila Anda menganggapnya terlalu sederhana, fasilitas perangkat pengolahan foto dan gambar di Paint dapat ditingkatkan menggunakan Paint.NET, lho.

Paint.NET mulai dikembangkan pada tahun 1990-an oleh sekelompok mahasiswa yang mendapat bimbingan teknis dari developer Microsoft. Sekarang, dikelola dan dikembangkan oleh Rick Brewster.

Paint.NET awalnya dikhususkan sebagai software gratis pengganti lunak Microsoft Paint yang dipaket dengan Windows. Namun, kini Paint.Net telah menjadi software populer yang berfungsi sebagai editor gambar dan foto yang canggih namun ringan.

Paint.NET populer dan disukai karena esponsif, cepat dan juga mudah. Untuk Anda yang kreatif, software gratis ini dapat menghasilkan foto edit yang menakjubkan.

Paint.NET dapat didownload di laman https://www.getpaint.net/download.html.

PIXLR

Deretan Software Edit Foto Gratis Secanggih Photoshop

Berbeda dengan GIMP dan Paint.NET, Pixlr merupakan editor foto online. Anda tidak perlu menginstalnya di komputer, namun cukup tersambung dengan Internet dan membuka laman https://pixlr.com/.

Keunggulan Pixlr memiliki 600 efek yang dapat digunakan. Anda juga dapat melakukan editing sederhana, seperti meresizing foto ke berbagai ukuran, menghapus mata merah dan memutihkan gigi.

Asiknya, bila Anda terbiasa menggunakan Photoshop, maka Anda akan menjumpai tampilan Pixlr yang mirip. Ini membuat Anda mudah untuk menyesuaikan.

Cukup banyak bukan software pengganti Adobe Photoshop? Kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar bawah ini, ya.

Leave a Reply