CRUD : Update data ke database pada Laravel – Elequent ORM

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara menginsert data ke dalam tabel database.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara update data, tentunya data yang kita update sudah tersedia atau sudah bisa dimunculkan.

Konsep update data itu awalnya harus menampilkan data terlebih dahulu kemudian data yang sudah ada kita perbarui dengan kata kunci, kata kunci disini biasa di sebut primary key.

Langsung saja simak berikut ini :

Tambahkan 2 routing baru dengan method post dan get, method post digunakan untuk memperbarui data, sedangkan get untuk menampilkan data dalam bentuk form.

Silahkan buat menu atau link URL di halaman category dengan format link sebagai berikut.

Silahkan buat atau ubah fungsi controller untuk menampilkan data di views terdapat di fungsi edit.

Di controller tersebut telah di buat query menampilkan data berdasarkan id data tersebut, kemudian silahkan buat halaman form dengan nama edit.blade.php

Kode di atas menampil data di setiap form, dengan menggunakan value, selain itu juga menambah satu form baru yang tidak ditampilkan(dihidden) yang berisi id(PK) data yang di pilih. Hal ini sebagai acuan untuk malukan update data.

Setelah itu silahkan buat atau modifikasi fungsi update pada controller CategoryController.php

Kode di atas berguna untuk melakukan update data, dimana cara mengambil data dari form menggunakan request, lalu yang menjadi acuan update data menggunakan primary keynya yaitu id. Kalau sudah berhasil maka akan di alihkan ke halaman form sebelumnya.

Apabila sudah semua kodenya di letakan silahkan lakukan percobaan mengedit salah satu ada yang ada. Misalnya mengakses end point /edit/1.

Setelah itu saya rubah menjadi seperti kolom di bawah ini

Kemudian silahkan periksa di halaman daftar kategori.

Maka data slug dan name sudah berubah seperti yang saya masukan di atas.

Sekian tutorial yang dapat saya sampaikan.

Semoga Bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply