Tutorial Lumen #4 : Belajar membuat Controller dan Views

Tutorial Lumen #4 : Belajar membuat Controller dan Views – Halo semuanya, apa kabar ? semoga dalam keadaan baik-baik saja. Selamat datang di tutorial belajar Lumen bahasa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai controller dan views. Penggunaan controller dan views hampir mirip dengan di Laravel. Sebagai referensi silahkan baca : Tutorial membuat Controller Pada Framework Laravel.

Belajar membuat Controller dan Views di Lumen

Sebenarnya di Lumen tidak terlalu fokus ke views, hanya saja saya akan menunjukkan bahwa di Lumen juga dapat menggunakan fitur views.

Pengertian Controller

Controller adalah Struktur di Lumen yang digunakan untuk mengatur alur proses, baik untuk menghubungkan ke model dan views maupun hanya menggunakan model saja.

Biasa nya controller digunakan sebagai penghubung antara model dan views, namun berbeda hal nya ketika kita akan membuat REST API dimana tanpa melibatkan Views.

Pengertian Views

Views adalah sebuah halaman yang digunakan untuk menampilkan ke browser. Views ini yang berisi template dan pemanggilan css maupun javascript.

Views di Lumen menggunakan ekstensi .blade.php sama hal nya dengan laravel. Viess berisi tag HTML seperti umumnya. Namun dapat pula menggunakan PHP.

Membuat Controller Baru

Di lumen tidak tersedia auto generate untuk membuat controller, dapat di lakukan membuat file sepertii umum. Lokasi untuk membuat controller terletak di app/Http/Controller.

Yuk sekarang kita buat latihan.

Silahkan buat file bernama UserController.php. Berikut ini kode PHP di controller nya.

Perhatikan kode di atas, terdapat 3 method, dimana method pertama merupakan constructor. Perlu di ketahui bahwa contructor akan berjalan ketika class controller di jalankan.

Selain itu terdapat method index, dimana method index() di gunakan untuk mencetak teks biasa saja. Sedangkan method getIndexViews() digunakan untuk memanggil views dengan nama user. Kita asumsikan dulu bahwa kita punya views dengan nama user.blade.php.

Membuat Routing

Controller sudah berhasil di buat, agar bisa di akses mari kita daftarkan controller tersebut ke dalam routing. Berikut ini kode untuk memanggil controller di routing.

routes/web.php

Silahkan tambahkan di file routing anda.

Membuat Views Baru

Di lumen ketika akan menggunakan views harus mengaktiifkan dulu fitur facade. Cara silahkan buat file bootstrap/app.php.

Jika line 24, terdapat kode yang di komen yang berisi :

Maka silahkan matikan komen nya, sehingga kode menjadi :

Namun jika tidak ada, silahkan kode tersebut di di tambahkan di file tersebut.

Jika sudah, sekearang mari kita buat views baru. Lokasinya di resource/views. Silahkan buat nama file dengan nama user.blade.php.

resource/views/user.blade.php

Uji Coba

Aktifkan Lumen buid server nya dengan menetikkan di terminal dengan perintah :

Untuk mengujinya silahkan buka URL :

  • http://localhost:8000/user
  • http://localhost:8000/user/tampil

Sekarang lihat hasilnya :

http://localhost:8000/user

Tutorial Lumen #4 : Belajar membuat Controller dan Views

http://localhost:8000/user/tampil

Tutorial Lumen #4 : Belajar membuat Controller dan Views

Selanjutnya bagaimana cara passing data dari Controller ke views ?

Cara nya sama seperti laravel , bisa anda baca di : Cara Passing data dari Controller ke View pada Laravel.

Sekian tutorial yang membahas : Tutorial Lumen #4 : Belajar membuat Controller dan Views. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply