Kumpulan Contoh Sistem Informasi yang Wajib Anda Ketahui

Kumpulan Contoh Sistem Informasi yang Wajib Anda Ketahui – Sistem informasi adalah sistem yang digunakan untuk menyediakan informasi untuk manajemen. Sistem informasi diguanakan dalam pengambilan keputusan dan juga untuk menjalankan operasi perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan gabungan antara orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur yang terorganisir. Biasanya perusahaan atau badan usaha memberikan semacam informasi yang berguna untuk manajemen.

Bagisebuah organisasi, keberadaan sistem informasi memang sangatlahpenting. Setelah memahami definisi sistem informasi, dapatdisimpulkan bahwa suatu organisasi atau lembaga memerlukan sisteminformasi karena beberapa hal seperti memberikan informasi tambahandalam pengambilan keputusan, serta mendukung proses operasionalharian organisasi itu sendiri.

Sebagai misal: perusahaan toko buku memiliki sistem informasi yang menyediakan informasi tentang penjualan buku setiap hari, serta stok buku yang tersedia.

Kumpulan Contoh Sistem Informasi yang Wajib Anda Ketahui

Dengan keberadaan sistem informasi itu, seorang manajer dapat membuat informasi kebutuhan yang jelas antara penjualan dan pembelian. Mereka bisa menyediakan buku-buku apa yang harus segera mereka sediakan untuk para pelanggan.

Dengan sistem informasi itu, toko buku juga dapat mengetahui buku apa saja yang sekiranya paling laris dibeli oleh konsumen, sehingga mereka dapat memutuskan bahwa buku tersebut harus memiliki stok lebih banyak daripada buku lain.

Jadi dengan adanya sistem informasi yang bagus, kemudahan managerial terkit informasi data yang akan didapaparkan bisa didapatkan dengan mudah.

Apa Fungsi Dari Sistem Informasi?

Fungsisistem informasi adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, danmenyebarluaskan data dalam bentuk informasi yang diperlukan untukmelaksanakan berbagai fungsi manajemen. Sementara menurut kamusbisnis, sistem informasi manajemen adalah pendekatan terorganisiruntuk mempelajari kebutuhan informasi manajemen organisasi di setiaptingkat untuk pengambilan keputusan operasional, taktis danstrategis.

Kumpulan Contoh Sistem Informasi

Hinggasaat ini sistem informasi telah mengalami proses pengembangan. Sisteminformasi dapat dibagi menjadi 3 jenis. Setiap jenis memilikiperannya sendiri untuk organisasi dan agensi yang menggunakannya.Secara langsung jenis atau contoh sistem informasi beserta definisimasing-masing, yaitu sebagai berikut:

1.Sistem Kerja Pengetahuan

Sesuainamanya, Sistem Kerja Pengetahuan ini adalah jenis sistem informasiyang berisi informasi terbaru tentang pengetahuan. Pengetahuan yangdimuat kemudian dapat diakses oleh semua pengguna dan digunakan untukmemecahkan berbagai jenis masalah.

2.Sistem Pemrosesan Transaksi

Jenissistem informasi ini biasanya banyak digunakan dalam organisasi ataulembaga yang melakukan kegiatan / operasi tertentu secara rutin.Contoh operasi rutin yang dimaksud adalah seperti melakukan transaksikeuangan, mendaftar ulang secara teratur dan lain-lain. Semuakegiatan rutin biasanya direkam dalam database yang terkomputerisasi.

3.Sistem Otomasi Kantor

Sisteminformasi Sistem Otomasi Kantor bertanggung jawab untuk menggabungkanbeberapa peralatan TI dalam jaringan dan terpusat pada servertertentu. Penggabungan peralatan TI dari anggota atau pekerjadilakukan dengan tujuan memfasilitasi dan memberikan efisiensi dalamhal komunikasi.

Denganmempelajari sistem informasi dan beberapa elemen penting di ataspenulis berharap agar pembaca dapat lebih memahami dan memahamiistilah sistem informasi yang ada dalam kehidupan kita. Berbagaijenis pengembangan dan peningkatan dilakukan untuk mendukung semuakebutuhan manusia, terutama dalam ruang lingkup organisasi.

Pemahamantentang pengertian sistem informasi juga akan memberikan kemudahandalam menggunakan atau bahkan membuat sistem informasi untukorganisasi Anda. Berbagai macam masalah juga dapat diselesaikandengan cepat jika penggunaan sistem informasi dapat lebihdioptimalkan.

Nah itulah artikel singkat mengenai kumpulan contoh sistem informasi yang perlu kalian ketahui. Mudah sekali kan bagaimana belajar mengenai sistem informasi itu.

Baca Juga :

Leave a Reply