Kodingin

Memahami Class dan Object – Halo semunya selamat datang di kodingin yang membahas mengenai penggunaan OOP dalam bahasa program PHP. Pada seri tutorial belajar PHP OOP ini membahas mengenai konsep dasar Class dan Object pada pemrograman PHP.

Belajar PHP OOP #2 : Memahami Class dan Object

Class dan Object berhubungan dengan erat unutk membuat website gratis. Yuk kita mulai dari pengertian class dan Object di PHP.

Class merupakan sebuah kerangka / struktur yang digunakan untuk membungkus baris kode untuk membuat instance sebuah object. Class dapat menyimpan suatu proses terhadap method dan property. Selain itu di dalam class juga dapat melakukan penyimpanan data. Class digunakan untuk membuat instance dari object.

Setiap pembuatan file yang menerapkan PHP OOP harus di awali dengan class, artinya class itu wajib adal ketika menggunakan teknik OOP.

Sedangkan Object adalah instance dari sebuah class. Object berguna untuk memanggil class yang kita buat agar dapat di jalankan. Object dapat memanggil class yang banyak.

Membuat Class di PHP

Untuk membuat class di awali dengan keyword class kemudian di ikuti dengan nama class, setelah itu di ikuti dengan kurung kurawal.

Berikut ini format penulisan pembuatan class di PHP :

Penamaan nama class harus sama dengan nama file, hanya saja tidak memakai ekstensi .php. Namun di dalam satu file dapat membuat class lebih dari satu.

Menggunakan Object

Untuk membuat object baru harus berada di luar class yang ingin di panggil. Begini format membuat sebuah object dari yang memanggil sebuah class.

Potongan kode di atas digunakan untuk memanggil class dengan nama class Namaclass. Cukup mudah bukan ?

Yuk sekarang kita buat latihan mengenai Class dan Object di PHP OOP.

Latihan Menggunakan Class dan Object

Silahkan buat file dengan nama motor.php

File di atas ketika di akses tidak menghasilkan apa-apa, karena kita tidak melakukan sebuah proses terhadap isi dari class motor.

variable $a, $b, $c merupakan instance dari class Motor, dan class dapat dilakukan berulang-ulang.

Sekian Belajar PHP OOP #2 : Memahami Class dan Object.

Baca Juga…

2 Comments

  1. […] Baca Juga : Belajar PHP OOP #2 : Memahami Class dan Object […]

  2. […] Nilai yang ada di constructor nantinya akan memberikan nilai pada pemanggilan method pada sebuah class yang di instance. Setelah itu nilai pada property akan di timpa di dalam pengisian nilai di dalam […]

Leave a Reply