Kodingin

Tutorial Membuat Upload Gambar pada Laravel dengan Mudah – Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara upload gambar dengan laravel 5.7.

Upload Gambar di Laravel merupakan aktifitas yang sering dilakukan untuk memenuhi kebutuhan anda yang berkaitan dengan fiile gambar sebagai pendukung konten.

Penggunaan file gambar ini sangat penting dalam mengelola modul, hampir semua permodulan sistem menggunakan gambar, contohnya suatu website yang memiliki modul pengguna, dimana setiap pengguna harus memiliiki identitas gambar sebagai pengenal..

Cara Upload gambar di laravel sangat mudah dilakukan. Laravel telah mendukung upload gambar ke dalam direktori website Laravel yang anda buat.

Sebagai contoh, Kali ini saya akan implementasikan upload file gambar kemudian nama gambar nya di simpan ke dalam database MySQL.

Silahkan anda import skema tabel untuk gambar.

Skema tabel di atas memiliki 4 field/kolom , yang paling penting pada kolom images, dimana nanti kita akan menyimpan direktori gambar dan nama gambarnya di kolom tersebut.

Cara Mudah Membuat Upload Gambar pada Laravel 5.7

Cara kerja upload gambar pada laravel yaitu memindah file yang anda upluad ke dalam projek assets kita. Secara default asset projek pada laravel terlatak pada folder public.

Ketika kita melakukan upload gambar pada Laravel maka Laravel dapat mengambil seluruh isi data pada setiap file gambar, contohnya mengambil ukuran gambar yang anda upload.

Membuat Routing Baru

Pertama kali silahkan anda bikin 2 routing baru.

routes/web.php

2 Routing di atas berguna untuk menampilkan form upload gambar dengan method post dan routing yang berguuna untuk mengarahkan ke controller proses upload gambarnya.

Asumsikan kita sudah mempunya controller dengan nama ImageController.php

Membuat Controller Baru

Silahkan buat controller dengan nama ImageController.php. Perintah untuk membuat controller baru pada Laravel dengan nama ImageController.php yaitu

Maka akan terbuat file controller yang hanya ada sebuah kerangka class.

Setelah itu ubah kode pada controller dengan kode di bawah ini.

Kode di atas terdapat 2 fungsi, dimana fungsi index berfungsi untuk mengampilkan views yang berisi form upload, sedangkan pada fungsi upload digunakan untuk memidah gambar ke direktori projek kita, kemudian menyimpannya ke dalam database, untuk tabel images.

Proses upload gambar Laravel di atas terdapat validasi untuk memeriksa mengenai file gambar yang ingin di upload. Apabila tipe file berupa gambar akan di proses. Hal ini kode yang menangani pada baris 13.

Apabila file yang di upload bukanlah sebuah gambar maka akan muncul keterangan “gagal upload gambar” yang terdapat pada baris kode 21.

Membuat View Baru

Hal yang kita butuhkan selanjutnya yaitu layout tampilan HTML yang berisi form untuk mengupload gambar pada Laravel.

Silahkan buat file views dengan nama uploadimage.blade.php

resource/views/uploadimage.blade.php

Kode diatas form untuk file , ditandai dengan input type=”file” dan dibagian pembuaka form di berikan jenis tipe data yang ingin kita kirim yaitu multipart/form-data.

Selain itu kita harus menambahkan CSRF token berguna untuk mengantisipasi keamanan yang berupa upload dari luar projek kita.

Pengujian Upload Gambar Pada Laravel

Hal terakhir yaitu melakukan uji coba kode yang telah kita buat.

Sebelum melakukan uji coba pastikan Laravel Server anda sudah hidup, jika belum hidupkan terlebih dahulu dengan mengetikan perintah di terminal / Command Line /CMD yaitu

Ketika kita menghidupkan Laravel Server maka akan dii beri sebuah akses URL, secara default laravel menggunakan port 8000.

Silahkan akses dengan membuat URL http://127.0.0.2/image di browser kesayangan anda. Maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Membuat Upload Gambar pada Laravel dengan Mudah
Tutorial Upload File Gambar pada Laravel

Silahkan pilih gambar yang ingin kita upload, kemudian klik upload maka controller akan memproses perpindahan gambar ke direktori public/images.

Kita tidak perlu membuat direktor gambari baru, karena secara otomatis laravel akan membuat folder baru untuk menyimpan file gambar.

Jika ada keterangan “gambar berhasil di upload“, maka artinya gambar berhasil di upload dan disimpan di database MySQL.

Silahkan periksa gambar yang anda upload tadi di public/images

Tutorial Membuat Upload Gambar pada Laravel dengan Mudah
Tutorial Upload File Gambar pada Laravel

Maka gambar sudah berhasil diupload di laravel kita. Selanjutnya silahkan periksa di tabel images pada database.

Tutorial Membuat Upload Gambar pada Laravel dengan Mudah
Tutorial Upload File Gambar pada Laravel

Nama file gambar yang kita upload tadi berhasil di simpan di database. Nama gambar di database sama dengan nama gambar yang di pindah beserta ekstensi file gambarnya.

Kesimpulan

Jadi, Upload Gambar pada Laravel sering kalii digunakan untuk mendukung konten yang berupa teks. Cara kerja upload gambar pada Laravel yaitu memindahkan file gambar ada ke dalam direktorii publik milik Laravel yaitu dengan public.

Laravel menangkap semua informasi mengenai gambar yang anda upload, mulai dari nama gambar hingga dapat mengetahui ukuran gambar.

Sekian Tutorial Cara Membuat Upload Gambar pada Laravel dengan Mudah.

Terima Kasih.

Baca juga :

One comment

  1. […] Tutorial Membuat Upload Gambar pada Laravel dengan Mudah […]

Leave a Reply