Begini Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Alamat bisnis penting untuk menunjang kelancaran operasional dan penjualan usaha Anda. Alamat bisnis yang mudah dicari membuat calon pembeli dan pelanggan mudah untuk menemukan lokasi untuk transaksi.

Di jaman sekarang, Google maps menjadi alat canggih untuk memandu perjalanan. Peta cangih ini gratis, dan disediakan oleh raksasa teknologi Google. Anda dapat menggunakannya sebagai perangkat navigasi.

Termasuk tentunya, menemukan lokasi bisnis Anda. Tak hanya menunjukkan lokasi, Google juga menyiapkan berbagai perangkat lunak canggih untuk menunjang Google Maps. Jadi meskipun Google Maps berlabel gratis, peta elektronik ini telah memiliki berbagi keunggulan untuk menunjang bisnis.

Untuk mendaftarkan lokasi usaha pun mudah. Tak perlu bingung mengrenyitkan dahi. Contohnya begini, Anda memiliki usaha rumah makan bernama ‘Rasa Sedap’. Anda dapat menambahkan nama dan lokasi rumah ‘Rasa Sedap’ di Google Maps.

Baca Juga: 4 Cara untuk Scale Up Bisnis dengan Cepat

Tak hanya alamat lengkap, di Google Maps Anda dapat menambahkan jam buka, situs web, nomor telepon yang dapat dihubungi pelanggan.

Agar menarik perhatian calon pelanggan, Anda juga dapat menambahkan foto-foto tentang lokasi usaha, menu makanan, barang yang dijual bahkan video tentang usaha Anda. Anda mendapat kapasitas penyimpanan yang besar, jadi jangan ragu untuk mengunggah foto produk, foto tempat usaha.

Bahkan, Anda juga bisa berinteraki dengan pelanggan dan calon pelangan dengan menanggapi ulasan mereka. Bagi calon pelanggan, ulasan ini dapat memberi gambaran tentang bagaimana bisnis berjalan.

Nah, sudah mendapat gambaran kan bagaimana pentingnya menamabhkan lokasi usaha di Google Maps? Mari kita mulai panduan untuk menambahkannya di Google Maps berikut ini:

Cara Menambahkan Alamat Bisnis di Google Maps

Begini Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Sebelum memulai,. Anda perlu memiliki akun Google melalui Gmail. Bila belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya dengan perangkat smartphone atau melalui laptop.

Setelah memiliki akun Google, melalui komputer atau laptop Anda, buka Google Maps.Lalu cari alamat yang ingin ditambahkan. Bila ternyata alamat tersebut belum ada, klik tambahkan tempat yang belum ada.

Lihat contohnya berikut ini:

Begini Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Jangan lupa untuk menentukan lokasi dan kategori tempat. Selanjutnya, Google dan komunitas Google Local Guide akan memverifikasi penambahan alamat tersebut. Google juga mungkin akan mengirimi Anda email tentang status hasil edit Anda dan menyampaikan pertanyaan dari orang lain yang meninjau hasil edit Anda.

Contohnya seperti ini:

Begini Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Menambahkan Alamat Dengan Google Local Guide

Begini Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Anda juga dapat menambahkan lokasi usaha melalui Google Local Guide. Dikutip dari laman Google, Local Guides atau umumnya disebut dengan Local Guides merupakan program dari Google bagi komunitas relawan atau kontributor untuk menambahkan dan atau mengedit tempat.

Tak hanya menambahkan tempat, komunitas Google Local Guide juga memberikan ulasan tempat, menambah foto dan menambah video. Mereka juga menjawab pertanyaan tentang suatu tempat dan memeriksa fakta pada Google Maps.

Nah, untuk bergabung anda tinggal klik: https://maps.google.com/localguides . Tampilannya akan seperti ini:

Begini Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Setelah berhasil bergabung dengan Google Local Guide, ketik lokasi yang ingin Anda tambahkan di peta. Caranya melalui kolom pencarian ‘Review a Place‘. Bila lokasinya belum ada di peta,  maka lanjutkan dengan menekan tombol biru bertuliskan ‘Contribute on Maps‘.

Kemudian, tentukan lokasi dan kategori usaha Anda seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Uniknya, bila Anda menambahkan lokasi usaha di Local Guide maka dapat langsung mengunggah foto usaha, produk bahkan video hingga tak terbatas.

Sekian Cara Tambahkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps. Terima Kasih.

One comment

  1. Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. com

Leave a Reply