Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Cara Mudah Install WordPress di Hosting
Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Cara Mudah Install WordPress di Hosting –WordPress merupakan software open source gratis yang dapat diinstall melalui akun hosting Anda. Umumnya para webmaster menggunakan WordPress ini untuk membuat berbagai jenis website.

Mulai dari blog sederhana hingga situs e-commerce yang sangat kompleks – apa pun dapat Anda buat di WordPress. Karena mudah dan serbaguna, maka WordPress pun menjadi salah satu CMS terpopuler dan paling banyak digunakan.

Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Sebelum memulai tutorial cara install wordpress di hosting pastinya anda sudah memiliki domain dan hosting terlebih dahulu ya, dan memiliki akses di cpanel untuk mengelola situs web miliki anda nantinya. Ada 2 Cara menginstall WordPress di hosting yang pertama langsung menginstall di cpanel dan yang kedua mengupload projek wordpress anda.

Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Yang pertama yang akan saya bahas cara menginstall melalui cpanel dengan menggunakan fitur softaculous.

Apa itu Softaculous ?

Softaculous merupakan Salah satu fitur yang ada di cpanel website anda yang di dapatkan ketika anda membelii hosting. Hampir semua penyedia cpanel ini terdapat fitur softaculous. Dengan adanya fitur tersebut dalam menginstall semua jenis Content management system, salah satunya wordpress.

Yuk kita bahas cara menginstallnya.

Login Ke Cpanel Anda

Langkah pertama silahkan anda login ke cpanel, cara loginnya pasti kalian sudah atau biasanya alamat cpanel website yaitu domain utama di ikuti url cpanel. contoh kodingin.com/cpanel.

Silahkan masukkan username dan password yang diberikan kepada anda. Jika anda membeli hosting biasanya akses masuk ke cpanel diberitahukan melalui email.

Pilih Softaculous Apps Installer

Silahkan anda cari fitur dengan nama Softaculous Apps Installer. Softaculous Apps Installer ini merupakan bagian dari menu yang dikelompokkan dan jika langsung ada di bawahnya menu wordpress silahkan klik saja.

Cara Mudah Install WordPress di Hosting
Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Gambar diatas merupakan tampilan cpanel pada umumnya. Ketika anda sudaj klik wordpress maka akan di bawa ke halaman berikut.

Meninstall dan konfigurasi CMS WordPress

Selanjutnya anda akan di bawa ke halaman Softaculous dan pemilihan CMS wordpress, namun tidak menutup kemungkinan anda memilih CMS yang lain pada tampilan sidebar sebelah kiri.

Pada halaman ini jika anda ingin meneruskan menginstall wordpress cukup sederhana, cukup anda klik “Install Now” untuk melakukan instalasi wordpress. Setelah anda memilih install maka anada akan di bawa ke halamn konfigurasinya

Cara Mudah Install WordPress di Hosting
Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Tampilan diatas merupakan kolom yang perlu di isi untuk kebutuhan website anda. Saya akan jelaskan masing-masing cara mengisinya.

Software Setup

Terdapat 2 kolom yang berfungsi untuk memilih versi wordpress dan domain anda. Biasanya yang ditampilkan secara bawaan versi wordpress yang terbaru terdapat pada kolom satu. Selain itu juga ada pemilihan protokol yaitu http dan https.

Pemilihan protokol sesuai dengan kepemilikan anda, misalnya anda punya SSL silahkan pilih protokol https. Apabila tidak anda bisa memilih dengan http saja. Walaupun sekarang menggunakan http jika suatu saat anda memiliki SSL dapat mudah untuk memasangnya tanpa intall kembali.

Site Settings

Site Settings di gunakan untuk mengatur website anda untuk kebutuhan profil mengenai website anda untuk ditampilkan kepada pembaca.

Informasi mengenai website anda dibagi menjadi 2 yaitu nama situs anda dan deskripsi situs anda. Anda bisa memasukan nama sesuai yang anda inginkan dan buat lah deskripsi yang menarik.

Admin Account

Pada bagian Admin Account ini silahkan masukkan username, kata sandi dan email anda. Hal ini digunakan untuk masuk kehalaman admin / dashboard wordpress anda agar dapat mengelolanya dengan baik.

Usahakan membuat password yang kuat, terdapat karakter gabungan angka , huruf dan simbol. Semakin unik password anda maka dapat lebih aman untuk di bobol orang yang tidak bertanggung jawab.

Choose Language

Pengaturan berikutnya yaitu choose language artinya pemilihan bahasa penulisan pada wordpress anda. Ingat ini bahasa menu dan fitur di wordpressnya ya bukan bahasa pada konten yang di tulis. Sesuaikan bahasa dengan bahasa yang anda mengerti.

Select Plugin

Pada bagian select plugin terdapat 2 pilihan antara iya atau tidak. Ketika anda mencetang maka akan terinstall plugin yang anda pilih, begitupun sebaliknya.

Plugin yang disediakan 2 yaitu classic editor dan Limit Login Attempt. Classic Editor wordpress yang dimaksud pada bagian membaut postingan baru menggunakan jenis editor yang lama. Sedangkan untuk Limit Login Attempt untuk membatasi pengguna malakukan login.

Oke, hal-hal yang saya jelaskan diatas harus d isi dengan baik, namun ada juga pengaturan tingkat lanjut / advance , untuk awal ketika anda sedang memulai biarkan saja , yang paling penting yang saya sebutkan diatas.

Selanjutnya silahkan klik tombol Install. Maka akan membutuhkan waktu beberapa saat, hal ini cukup anda diamkan dan tunggu sampai selesai.

Instalasi Selesai

Akhirnya instalasi selesai dilakukan, maka anda akan di bawa ke halaman yang menunjukan bahwa instalasi telah selesai. Dan diberikan sebuah kota halaman twitter sebagai pilihan apakah anda ingin membagikan atau tidak.

Cara Mudah Install WordPress di Hosting
Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Pada gambar diatas terdapat informasi mengenai URL yang dapat secara umum di akses dan URL sebagai pengelola website anda.

Untuk melakuka uji coba apakah sudah benar-benar berhasil silahkan buka halaman admin nya dengan URL yang telah diberikan kepada anda.

Cara Mudah Install WordPress di Hosting
Cara Mudah Install WordPress di Hosting

Berdasarkan gambar diatas maka artinya instalasi wordpress di hosting berhasil dilakukan. Pada tahap ini silahkan masukan username/ email dan password anda yang anda masukan ketika melakukan konfigurasi.

Cara Mudah Install WordPress di Hosting
Cara Mudah Install WordPress di Hosting

yeay kita berhasil masuk ke halaman dashboard website dan siap untuk mengelolanya, silahkan lakukan adaptasi terhadap menu yang ada di dashboard wordpress atau bahasa keren silahkan di ulik.

Install WordPress di cPanel Secara Manual

Cara yang kedua untuk menginstall wordpress di cpanel dengan melakukan beberapa tahap yang tentunya lebih rumit.

Baca juga : Inilah Alasan Memilih WordPress Bagi Pengguna Internet !

Yuk kita bahas satu persatu.

Mengunduh File Install WordPress

Pertama-tama, unduh wordpress versi terbaru. File install WordPress kemudian di-compress ke dalam format .zip. Ekstrak arsip tersebut ke folder yang Anda pilih di komputer. Folder WordPress nantinya akan muncul, dan di dalamnya memuat file install WordPress.

Gunakan FTP Client

Selanjutnya, upload file WordPress yang telah diekstrak tadi ke akun hosting. Ada beberapa cara upload, tapi metode yang paling mudah dan sederhana adalah dengan menggunakan FTP.

Informasi FTP untuk Upload File Install WordPress

Buka folder wordress yang ada di FTP klien dan upload semua file dari folder tersebut ke akun hosting.

Buat Database MySQL

WordPress memungkinkan konten muncul secara dinamis setiap kali pengunjung membuka dan mengakses website. Semua informasi tentunya tersimpan di dalam database. Untuk itu, harus membuat database sebagai tempat penyimpanan informasi.

Aktifkan 5-minute Installation Wizard WordPress

Pada langkah install wordpress di hosting ini, sebaiknya semua file WordPress harus sudah diupload ke server dan database MySQL pun telah dibuat. Selanjutnya aktifkan installation wizard dengan cara membuka nama domain di web browser terlebih dulu. Berikut ini 6 langkah pada 5-minute installation wizard Wordpress:

  1. Pilih menu bahasa dan klik Continue.
  2. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi database MySQL. Karena Anda sudah membuat sebelumnya, maka klik Let’s go!
  3. Pada layar yang akan muncul beberapa detik kemudian, masukkan informasi database MySQL dan hostname MySQL yang dimaksud. Klik Submit jika semua sudah selesai.
  4. WordPress akan mengecek kemungkinan terhubung ke database MySQL. Apabila tidak ada error, maka klik Run the install.
  5. Masukkan informasi website dan juga administrator utama, lalu klik Install WordPress. Site Title diisi judul website, Username diisi Username administrator, Password berarti Administrator password, dan Your Email masukkan alamat email administrator. Untuk Search Engine Visibility, jika Anda memberi tanda centang pada opsi ini, maka WordPress nantinya akan mencegah search engine untuk tidak crawling website Anda.
  6. Proses install WordPress pun sudah selesai. Klik menu Login untuk masuk ke admin area WP.

Kesimpulan

Cara menginstall WordPress dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu otomatis dan manual. Cara install menggunakan mode otomatis sangat di rekomendasikan bagi para pemula karena prosesnya lebih mudah dan cepat.

Itulah penjelasan tentang beberapa cara install wordpress di hosting. Dengan memperhatikan langkahlangkah di atas maka proses install pun dapat berjalan dengan baik dan sederhana

Semoga bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply