Cara Menyembunyikan Artikel Kategori Tertentu di Homepage WordPress

Cara Menyembunyikan Artikel Kategori Tertentu di Homepage WordPress – Ada kalanya terdapat postingan artikel yang tidak boleh di tampilkan di halaman depan.

Sebagai contoh terdapat seseorang yang ingin memasang sebuah iklan artikel di website anda. Halaman website yang anda kelola bertopik kesehatan, namun artikel iklan tersebut bertopik teknologi.

Apakah anda ingin menolaknya ?

Jika anda menolak artinya anda menyia-nyiakan sebuah rejeki.

Nah, dengan kondisi tersebut maka artikel tersebut tidak di tampilkan pada halaman depan website anda. Dan anda akan menghasilkan uang dari blog.

Cara Menyembunyikan Artikel Kategori Tertentu di Homepage WordPress

Terdapat 2 cara menyembunyikan atau menghapus kategori dari halaman depan wordpress yang sedang anda gunakan.

Cara yang pertama menggunakan plugin dan yang kedua menggunakan kode, dimana kode tersebut di masukkan ke dalam file function.php.

Menggunakan Plugin

Nama Plugin untuk menyembunyikan psotingan dari halaman depan yaitu Ultimate Category Excluder. Langsung saja dengan cara menginstall plugin, Plugins > Add New.

Setelah itu silahkan cari plugin “Ultimate Category Excluder” , lalu install dan aktifkan.

Cara Menyembunyikan Artikel Kategori Tertentu di Homepage WordPress

Setelah plugin tersebut sudah aktif, Maka plugin tersebut masuk di dalam menu kategori settings / Pengaturan. Maka akan muncul fitur pada plugin tersebut.

Cara Menyembunyikan Artikel Kategori Tertentu di Homepage WordPress

Gambar di atas menampilkan seluruh kategori pada halaman website anda. Silahkan anda bisa centang kategori yang tidak ingin di munculkan di Homepage / halaman depan wordpress.

Sebagai contoh pada gambar di atas saya menyembunyikan postingan dengan kategori “jasa”, dengan alasan saya tidak ingin artikel jasa pembuatan website muncul di halaman depan.

Menggunakan Kode

Cara yang kedua ini mempunyai kelebihan tidak menambah beban pada website wordpress, karena hanya menambahkan beberapa baris kode saja.

Cara menggunakan yaitu silahkan buka cpanel, kemudian buka theme dan pilih nama folder tema yang anda gunakan. Di dalam theme yang anda pakai terdapat file dengan nama function.php.

nah, di dalam file function.php tersebut kita menambahkan kode.

Di bawah ini contoh kodenya :

Perhatikan pada baris kedua, terdapat angka 10. Artinya di halaman depan hanya menampilkan ID kategori dengan ID 10.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan ID Kategori ?

Cara nya cukup mudah, silahkan buka menu kategori. Selanjutnya arahkan cursor anda ke menu edit. Contoh URL nya seperti di bawah ini.

ID tersebut di dalam kode “tag_ID“. contoh ID di atas adalah 4.

Nah itu Cara Menyembunyikan Artikel Kategori Tertentu di Homepage WordPress.

Baca Juga…

Leave a Reply