Cara menginstall XAMPP di windows

XAMPP berfungsi sebagai server hosting secara lokal yang digunakan untuk menjalankan host dengan alamat umum localhost maupun IP 127.0.01 di sebuah browser.
Dengan adanya aplokasi XAMPP anda tidak perlu terhubung dengan suatu layanan koneksi internet karena bersifat area lokal, sehingga tidak membutuhkan waktu yang relatif lama dalam sebuah pemrosesan data. XAMPP sebagai pilihan dalam suatu pembangunan sebuah sistem atau aplikasi berbasis web sebelum anda mengunggahnya di sebuah hosting dan domain secara online.
Paket layanan yang diberikan oleh XAMPP meliputi Apache, PHP, MySQL, dan Phpmyadmin Dalam membangun sebuah sistem atau layanan web yang dibutuhkan Apache, PHP dan Mysql. Layanan Apache digunakan untuk menjalankan suatu akses PHP secara lokal dan MySQL berfungsi sebagai penyimpanan data secara internal.

Cara menginstall XAMPP di windows 

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mendownload Aplikasi XAMPP di situs https://www.apachefriends.org/index.html, kemudian tekan tombol donwload di bagian header website.
2. Selanjutnya silahkan anda klik donwload sesuai versi php yang anda inginkan.
Cara install XAMPP
Silahkan anda klik donwload(32 bit).
3. Apabila aplikasi XAMPP sudah berhasil diunduh, maka silahkan klik dua kali pada aplikasi yang anda install dan pilih bahasa. 
4. Selanjutnya anda klik next saja, kemudian nanti akan diberi pilihan paket donwload, silahkan centang sesuai kebutuhan anda
5. Setelah berhasil diinstal,silahkan anda buka aplikasi XAMPP anda yang telah di install.
Cara install XAMPP
Gambar di atas merupakan gambar control panel XAMPP, silahkan klik start pada bagian yang anda inginkan. 
Untuk membuat project file PHP letak nya di folder tempat anda menginstall pada folder htdoc, htdoc berfungsi sebagai Folder bawaan  XAMPP yang berfungsi untuk meletakan file project.
6. Selanjutnya silahkan buka browser dan jalankan url http://localhost/phpmyadmin.
Cara install XAMPP
Gambar diatas merupakan halaman situs phpmyadmin secara lokal yang dapat digunakan untuk mengelola database, di bagian kiri terdapat beberapa nama basis data dan tabel nya.
7. Selanjutnya yaitu menjalankan suatu script PHP yang benar sesuai dengan struktur penulisannya , silahkan anda bikin folder di htdoc dengan nama sesuai keinginan kalian, kemudian membuat satu file dengan extensi PHP. di bawah ini contoh script php sederhana yang dapat dijalankan.
<?php

echo “ini percobaan menjalankan script PHP” ;

?>

 8. Apabila file sudah disimpan silahkan akses di sebuah browser(chrome atau mozila) dengan mengetikan alamat situs localhost diikut nama folder dan nama file.

Cara install XAMPP
Gambar diatas menunjukan bahwa script PHP berhasil dijalankan di browser.
Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply