Cara mengatur Name Server Cloudflare

Cloudfare Salah satu layanan penyedia CDN(Content Delevery Network) yang digunakan sebagai penghubung server(misalnya menggunakan hosting juga bisa) dengan domain yang kita hubungkan. Setiap domain pasti mempunyai nameserver atau DNS ada yang beda maupun sama. Tugas name server mengarahkan hosting yang ingin kita gunakan, sedangkan DNS(Domain name server) digunakan untuk mengarahkan ke IP Hosting.

Setiap domain yang di lengkapi dengan hosting pasti mempunyai IP/Hostname agar bisa di akses melaui protokol. Dengan menggunakan cloudfare maka name server yang sebelumnya mengarah ke hosting kita di pindah ke name server kepunyaan cloudfare.

Layanan yang tersedia di cloudfare bermacam-macam, ada yang bernayar dan ada yang dapat digunakan secara gratis. Tentunya ketika kita menggunakan layanan yang gratis hanya dapat mengelola menu/fitur yang di berikan saja, artinya ketika kita menggunakan gratis maka fiturnya terbatas.

Kelebihan menggunakan Cloudfare.

  1. Kecepatan website akan meningkat.
  2. Terhindar dari serangan DDOS.
  3. Dapat menyimpan cache website.
  4. Menyembunyikan IP address yang asli.
  5. Lebih hemat bandwith dan sumber daya.
  6. Migrasi domain/pointing dengan cepat.
  7. Gratis SSL.

Langsung saja saya akan bahas cara migrasi dari hosting ke nameserver.

Mendaftarkan dan Konfigurasi situs di Cloudfare

Langkah pertama silahkan mendaftar akun di www.cloudflare.com, dan verifikasi email yang anda gunakan untuk mendaftar. Silahkan isikan alamat email yang benar. Setelah anda mendaftar silahkan login ke akun anda.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Gambar di atas merupakan halaman dashboard cloudfare, akan tersaji beberapa menu yang dapat anda gunakan untuk mendukung kebutuhan anda.

Selanjutnya untuk menambahkan situs anda, silahkan pilih add site. Lalu masukan domain anda.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Lalu klik Add Site. Setelah anda klik akan di bawa kehalaman bertulisan We’re querying your DNS records ,langsung saja klik next.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Setelah itu akan disajikan paket yang anda inginkan, jika anda ingin menggunakan paket yang free, artinya tidak berbayar silahkan klik FREE, dan klik Confirm Plan. Tunggu beberapa saat hingga selesai proses scanning IP.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Gambar di atas hasil scan oleh clodfare, silahkan langsung klik continue saja.

Maka akan muncul informasi mengenai apa yang kita lakukan berikutnya.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Informasi pada gambar di atas artinya kita disuru mengganti nameserver dihalaman domain kita.Setiap penyedia domain mempunyai nameserver berbeda, serta tampilan konfigurasinya juga berbeda. Namun sebelum kita menuju ke situs domain kita, silahkan klik continue terlebih dahulu.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Mengganti NamaServer Domain

Untuk mengganti nameserver pada domain langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan masuk ke area clientzone domain masing-masing.Setelah login silahkan klik domain anda.

Kemudian pilih bagian menu namaserver, biasa akan ada 4 Kolom yang disediakan dan terisi oleh nameserver sebelumnya.

Setiap domain memiliki namaserver yang berbeda-beda.

Lalu , ganti nameserver dari yang di kasih cloudfare tadi, hanya ada 2 saja yang kita pakai.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Setelah nameserver sudah di isi pilih update nameserver.

Proses konfigurasi di domain sudah selesai dan silahkan anda tunggu beberapa menit kedepan untuk menunggu proses propagasi.

Memeriksa Proses Aktifasi perpindahan NamaServer.

Untuk memeriksa proses propagasi nya dapat memanfaatnya dengan website lain, salah satu dengan menggunakan https://dnschecker.org/.

Silahkan kunjungi situs tersebut dan masukan domain anda. Saya mencoba menguji dengan domain didikprabowo.com dan lihat hasilnya.

Cara mengatur Name Server Cloudflare

Pada gambar di atas terdapat IP yang di munculkan oleh DNS Checker, terdapat tanda centang artinya sudah berhasil migrasi, apabila tandanya silang merah berarti proses propagasi belum selesai. Silahkan di tunggu.

Ketika dulu saya melakukan hal ini saya bertanya-tanya seperti ini, “NamaServer Domain di arahin ke cloudfare tetapi kok ketika kita mengakses ke domain kita akan tahu direktori projek kita di hosting“.

Begini penjelasannya. Ketika kita memasukan situs kita awal tadi maka si cloudfare akan menyimpan IP kita awal tadi ketika di lakukan scanning, kemudian cloudfare mengarahkan ke hosting kita, Jadi cloudfare sebagai jembatan antara hosting dengan domain.

Sekian penjelasan cara mengatur domain ke cloudfare.

Semoga bermanfaat.

One comment

  1. […] Untuk menggunakan nya dapat membaca artikel : cara mengarahkan domain ke cloudfare. […]

Leave a Reply