Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Cepat

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google – Saya akan berbagi berdasarkan pengalaman pribadi mengenai cara membuat sitelink google karena banyak yang menanyakan hal tersebut.

Banyak yang menganggap bahwa mendapatkan sitelink dari goole menggunakan sebuah kode program tertentu. Padahal yang sebenarnya terjadi tidak ada kode tambahan yang di masukkan ke dalam website kita.

Dan yang sering terjadi terdapat banyak blog yang mempunyai umur blog yang lumayan tua namun tidak mendapatkan sitelink, artinya umur blog bukan faktor utama.

Pengertian Sitelink

Banyak yang belum tahu mengenai apa itu sitelink sebenernya. Mari kita bahas, Sitelink adalah halaman hasi pencarian yang terdapat pada hasil pencarian utama, bisa di katakan suatu sub judul di hasil pencarian google.

Sitelink biasanya digunakan untuk suatu branding nama website bukan pencarian kata kunci terhadap artikel.

Saya berikan contoh sitelink.

Silahkan buka google.com, lalu ketikkan “kodingin“.

Maka apa yang terjadi.

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Cepat

Hasilnya seperti contoh sitelink di atas, dimana terdapat sub judul di judul utama hasil pencarian. Biasanya isi dari sitelink sejumlah maksimal 6 judul.

Lalu sebeberapa penting sih sitelink itu ?

Sitelink sangat penting untuk menarik pengunjung. Pengunjung akan beranggapan bahwa ketika website maupun blog sudah ada sitelinknya maka tidak di ragukan lagi isi dari blog tersebut.

Sitelink merupakan bonus kepada blog kita untuk blog yang memenuhi syarat di mata google.

Cara mendapatkan sitelink  

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, terutama pada bagian on page website. Artinya optimasi di dalam website saja.

Yuk mari kita bahas.

Memilih nama Domain yang Unik

Hal yang pertama ketika ingin membuat blog maupun website pastikan anda membuat nama domain seunik mungkin, artinya tidak ada kemiripan nama domain yang kita beli dengan domain lain.

Dengan membuat domain unik maka akan mudah dalam pencarian dan muncul di halaman pertama google.

Selain itu nama domain yang inik dapat membuat orang lebih cepat ingat terhadap blog yang anda kelola. Domain unik tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Salah satu contohnya website yang sedang anda baca yaitu kodingin.com.

Menggunakan domain TLD(Top Level Domain)

Selain dari sisi branding, domain TLD sangat penting untuk membuat sitelink google. Faktanya domain tersebut langsung domain utama, bukan sub domain dari penyedia CMS. Domain TLD di anggap situs yang serius dan di kelola dengan sebaik mungkin.

Apa itu TLD ?

TLD adalah domain yang memiliki akhiran extenksi domain, seperti .com, .id dan masih banyak lagi.

Google sangat menyukai blog dengan domain TLD yang terlihat lebih profesional di mata mesin pencarian google.

Namun tidak berarti blog yang tidak menggunakan domain TLD tidak mendapatkan sitelink. Namun blog yang mempunyai domain TLD mempunyai prioritas yang lebih tinggi.

Buat Navigasi yang baik

Navigasi mempunyai peran penting untuk membuat sitelink. Biasanya hasil dari sitelink berisi dari navigasi tersebut. Hal umum yang sering terjadi navigasi berisi kategori artikel.

Navigasi biasanya terdapat pada bagian atas halaman website, bisa di katakan sebuah header.

Berikut ini contoh navigasi bar yang baik.

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Cepat

Struktur navigasi di atas terlihat lebih terstruktur dan jelas, dimana terdapat menu yang berisi kategori dari artikel.

Konsisten Menulis Artikel

Konten is king, artinya konten merupakan raja halaman website. Salah satu tujuan pembaca mendapatkan informasi dari blog berasal dari konten yang di buat.

Bayangkan jika blog anda terlihat keren namun tidak ada kontenya. Pasti semua pengunjung akan kabur.

Namun banyak blogger yang mengambaikan hal ini artinya hanya nulis artikel semaunya aja. Hal ini semakin sulit mendapatkan sitelink dari google.

Usahakan perhari menulis setidaknya menulis 1 artikel, akan lebih baik lagi jika lebih dari satu. Kualitas konten dan panjang artikel juga sangat berpengaruh, usahakan menulis konten postingan artikel minimal 500 kata.

Sekian postingan yang membahas Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Cepat. Terima Kasih.

Leave a Reply