Kodingin

Cara Menampilkan Data dari Database MySQL

Cara Menampilkan Data dari Database MySQL
Cara Menampilkan Data dari Database MySQL

Menampilkan data dari database MySQL merupakan salah satu tujuan kegunaan database MySQL untuk memanipulasi data.

Kegiatan menampilkan data merupakan aktifitas menampilkan data yang ada pada tabel database yang sudah terbuat skema tabel dan kolomnya sudah terisi. Data yang ada pada tabel MySQL tentunya beraneka ragam jenis dan bentuk serta panjang data yang tersedia.

Cara Menampilkan Data dari Database MySQL

Sebelum menampilkan data MySQL kita harus mempersiapkan tabel dan contoh data MySQL agar dapat di tampilkan.

Membuat Tabel pada Database MySQL

Sebagai contoh pada tutorial MySQL kali ini saya akan membuat tabel dengan nama tabel pegawai, tabel pegawai digunakan untuk menampung data pegawai.

Setelah itu kita lihat skema database MySQL nya pada tabel pegawai.

Tabel MySQL sudah berhasil kita buat, selanjutnya kita akan mengisi tabel MySQL sesuai dengan skema yang telah di buat.

Cara Insert Data Database MySQL

Silahkan anda mengisi data pada kolom tabel MySQL di atas, sebagai contoh saya akan memberikan cara insert data MySQL.

Insert Data Tunggal pada Database MySQL

Sebelumnya kita sudah belajar cara insert data MySQL, pasti anda sudah paham mengenai cara memasukan data ke database MySQL.

Query di atas untuk melakukan insert data MySQL dan berhasil di lakukan dengan keterangan Query Ok.

Selanjutnya Bagaimana cara Melakukan Insert Data Banyak pada tabel MySQL ? Insert Data yang banyak dapat menggunakan istilah data Bulk.

Insert Data Bulk Pada Database MySQL

Untuk melakukan insert data yang banyak dapat menggunakan pemisah tanda koma(,) setelah data sebelumnya. Berikut ini saya menginsert 3 data ke dalam tabel pegawai.

Query di atas berhasil kita lakukan, artinya di dalam tabel database pegawai terdapat jumlahh data 4. Saya rasa sebagai contoh data 3 sudah cukup untuk melakukan query menampilkan data MySQL.

Cara Menampilkan Data Database MySQL

Ada beberapa kondisi menampilkan data, kondisi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh menampilkan data pada kondisi tertentu yaitu menampilkan data berdasarkan id yang di pilih.

Menampilkan Seluruh Data Database MySQL

Untuk menampilkan data keseluruhan mudah di lakukan, namun kekuurangan ketika data yang di tampilkan keseluruhan akan membutuhkan waktu yang relatif lama.

Berikut ini Contoh Query Menampilkan Seluruh Data.

Query di atas berhasil menampilkan semua data yang kita insert sebelumnya, data paegawai yang muncul sesuai dengan apa yang kita insert.

Tanda Bintang (*) artinya semua field akan di tampilkan. Anda juga dapat mengganti tanda bintang(*) dengan nama kolom yang ingin di tampilkan.

Sebagai contoh menampilkan nama tabel pegawainya saja. Berikut ini cara menampilkan data dengan kolom tertentu saja.

Terlihat bahwa query yang kita lakukan menampilkan data nama saja.

Cara Menampilkan Data dengan Jumlah tertentu pada MySQL

Solusi agar ketika menampilkan data tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu dengan cara membatasi jumlah data yang ditampilkan.

Bayangkan saja kita kita mempunyai jumlah data 3000 dan di tampilkan semua. Akibatnya yaitu data akan tampil dalam waktu yang lama.

Untuk menampilkan data dengan jumlah tertentu dapat menggunakan perintah LIMIT. Sedangkan untuk menampilkan data dengan jumlah tertentu namun data yang di minta bukan dari data pertama harus menggunakan tambahan perintah OFFSET.

Berikut ini saya akan menampilkan data pegawai sebanyak 2 dimulai dari data ke dua.

Query di atas menghasilkan data dari record kedua sampai ke tiga. Perintah OFFSET bisa ganti dengan tanda koma(,) untuk menghemat penulisan query.

Cara menampilkan data dengan urutan tertentu pada MySQL

Ketika kita melakukan query seperti yang kita lakukan tadi maka data muncul mulai dari data pertama sampai data terakhir.

Akan menjadi suatu masalah ketika data yang tampil mulai dari awal. Sebagai contoh website berita akan menampilkan data dari data yang terbaru.

Perintah untuk menngurutkan data MySQL yaitu ORDER BY dan di ikuti dengan nama FIELD yang ingin di urutkan. Setelah nama field maka harus menentukan data di tampilkan dari awal sampai akhir atau dari akhir sampai awal dengan perintah ASC atau DESC.

ASC digunakan untuk menampilkan data dari awal hingga akhir, sedangkan DESC dari akhir hingga awal.

Berikut ini contoh query menampilkan data pegawai dari yang terbaru.

Query di atas merupakan query untuk menampilkan data dengan urutan dari yang terbaru, sebagai acuan saya menggunakan kolom id.

Cara Menampilkan data MySQL dengan Kondisi Tertentu

Ada saatnya kita akan menampilkan data dengan kondisi / clausa tertentu. Hal ini sering kali dilakukan dalam aktifitas menampilkan data.

Sebagai contoh saya akan menampilkan data dengan jenis kelamin Laki-laki.

Sebagai Contoh, Query menampilkan data dengan kondisi tertentu. Perintah untuk menampilkan data MySQL dengan Clausa tertentu dengan clausa WHERE.

dengan Clausa tertentu dengan clausa WHERE.

Query diatas berhasil menampilkan data dengan jenis kelamin Laki-laki.

Perintah dengan clausa WHERE dapat dilakukan dengan 2 kondisi. Sebagai contoh saya akan menampilkan data dengan jenis kelamin laki-laki dan posisi Web Developer. Pemisah 2 kondisi dengan perintah AND.

Peringah AND artinya keduanya harus terpenuhi. Anda dapat membuat salah satu kondisi dengan 2 kondisi yang dilakukan yaitu dengan perintah OR.

Query di atas menghasilkan data yang di tampilkan dengan posidi web developer dan jenis kelamin laki-laki.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulam, menampilkan data dengan MySQL merupakan aktifitas query yang sering dilakukan

Jadi untuk menampilkan data dapat dilakukan sesuai kebutuhan kita. Perintah SELECT merupakan QUERY dasar untuk menampilkan data pada MySQL.

Kecepatan dalam melakukan Query dikendalikan oleh perintah query yang di buat. Oleh karana itu semakin baik query yang dilakukan maka waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan akan lebih cepat.

Sekian Cara Menampilkan Data dari Database MySQL.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply