Cara Membuat Postingan Baru di WordPress

Cara Membuat Postingan Baru di Wordpress
Cara Membuat Postingan Baru di WordPress

Cara Membuat Postingan Baru di WordPress – Membuat Postingan di website berguna untuk memberikan informasi kepada pengunjung. Hasil dari membuat postingan berupa sebuah artikel yang siap di baca.

Postingan pada suatu website memiliki informasi secara umum dalam bentuk teks, video dan gambar, selain itu juga dapat menambahkan faktor pendukung lainnya, seperti animasi.

Membuat postingan di website hal yang sering kali di lakukan bagi yang mempunyai website. bagi seorang yang sudah terbiasa memposting artikel pasti tidak akan kesulitan untuk membuat postingan baru, namun ketika baru belajar wordpress bagi pemula tentu saja akan lebih kesulitan.

Harapan setelah membaca postingan ini anda apat memposting artikel baru di wordpress.

Yuk kita bahas satu persatu.

Cara Membuat Postingan Baru di WordPress

Letak untuk membuat artikel baru silahkan anda pilih Post > Add New. Maka anda akan di berikan sebuah kolom kosong yang berguna menulis artikel.

Cara Membuat Postingan Baru di Wordpress

Perlu di ketahui area seperti pada gambar di atas bentuk editor postingan wordpress yang baru berbeda dengan tampilan sebelumnya.

Penulisan pada editor wordpress terbaru di bagi perbagian, jadi setiap bagian di anggap sebagai pemisah, atau bisa di bilang per paragraf artikel.

Untuk membuat judul artikek anda dapat mengklik pada penanda dengan tulisan Add Title. Sedangkan untuk kontennya sendiri bisa mengklik tulisan start writting or type / to choose a block maka akan muncul sebuah bagian siap untuk di tuliskan.

Dalam editor wordpress menu nya hampir sama dengan menu yang ada di microsoft office seperti cara memasukkan gambar, membuat huruf tebal pada wordpress.

Selanjutnya saya akan bahas pada bagian kanan tampilan.

Status dan Visibility

Visibility berfungsi sebagai privacy yang isinya public, private dan password protected. Selain itu pada area yang sama juga terdapat pengaturan untuk melakukan publikasi artikel dengan waktu.

Ada pengaturan yang bernama author yang berguna sebagai tanda penulis artikkel yang d tulis, namun ketika anda hanya di beri akses sebagai penulis saja maka tidak bisa mengubahnya.

Permalink

Permalink merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses postingan anda. Biasanya permalink terbuat otomatis berdasarkan judul dan mengganti spasi dengan sebauh tanda minus(-). Contohnya : belajar-pemrograman-wordpress.

Category

Pada pengaturan category di gunakan untuk memilih kategori artikel anda. Akan muncul kategori yang sudah ada, ketika anda menginginkan kategori baru anda juga bisa membuat kategori baru di wordpress.

Baca juga : Inilah Cara Membuka Situs yang diblokir di Android tanpa Aplikasi

Pemilihan kategori pada wordpress bersifat berganda, artinya anda bisa memilih lebih dari satu plihan kategori.

Tags

Tag merupakan taggar, seperti halnya di instagram. Pada wordpress juga tersedia menu tags yang berguna untuk menandai bahasan pada artikel. Anda bisa memasukan tags lebih dari satu.

Featured Image

Featured image berguna untuk memasukan gambar ke dalam wordpress anda. Gambar yang diupload sebagai gambar utama pada postingan anda. Gambar bisa di masukan kedalam psotingan wordpress dengan mengupload langsung maupun megambil gambar yang sudah ada.

Excerpt

Excerpt merupakan ringksan dari artikel yang anda posting, namun tidak menutup kemungkinan berisi mengenai gambaran artikel yang anda tulis. Nantinya excerpt ini di gunakan sebagai meta descripion pada bagian head.

Discussion

Discussion terdapat 2 pilihan centang yaitu memberikan ijin komentar dan mengeping balik artikel postingan anda. Silahkan pilih sesuai yang anda inginkan. Jika ingin website anda aktif sebaiknya tetap hidup kan komentar.

Kesimpulan

Untuk membuat postingan baru pada wordpress dapat dilakukan dengan mudah ketika anda sering melakukan. Bisa karena terbiasa.

Sekian Cara Membuat Postingan Baru di WordPress.

Semoga bermanfaat.

One comment

  1. Artikel yang sangat bermanfaat. Kami juga mempunyai artikel yang membahas tentang Tutorial Instalasi WordPress. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan kunjungi situs kami di http://journal.unair.ac.id/filerPDF/Instalasi%20Wordpress%20di%20Localhost.pdf. Terimakasih

Leave a Reply