Cara membuat Label pada postingan Blog yang benar

Cara membuat label pada postingan artikel blog
Membuat label pada postingan artikel blog blogspot penting digunakan. Penggunaan label sebagai kategori atau penanda konten untuk diterbitkan, hal ini sangat perlu untuk memberi tahu kepada pengunjung mengenai jenis konten blogspot. 
Setiap konten yang diposting di blog wajib memiliki label, penggunaan label tidak hanya terbatas pada satu label, melainkan bisa lebih dari satu label. Karena setiap artikel mempunyai jenis artikel yang sesifat maupun luas. Contoh penggunaan label yaitu ketika terdapat postingan dengan judul  Cara konfigurasi PHP dan nginx , maka label utama yang tepat yaitu label PHP dan label secara umum yaitu tutorial pemrograman.

Cara membuat label pada postingan blog Blogspot

Langkah ke – 1

Membuka halaman dashboard atau admin blogspot anda di https://blogger.com/, silahkan masuk dengan akun google.
Langkah ke – 2
Buat Postingan baru dengan cara pilih menu “post” kemudian “new post” ketika menggunakan pengaturan bahasa inggris pada blogspot.  Setelah terbuka halaman tambah postingan, lihat lah bagian kanan postingan terdapat tulisan “label“.
Cara membuat label pada postingan artikel blog
Gambar di atas merupakan penggunaan contoh label dengan judul postingan “Cara membuat label pada postingan blog“, yang akan di beri label bernama “tutorial” dan “blog”. Apabila isi konten yang label sudah selesai silahkan simpan postingannya.

Cara Menampilan label pada postingan blog Blogspot

Halaman label secara umum di bawah postingan guna untuk mengelompokkan jenis postingan yang di publikasikan. Letak label pada blog bervariasi tergantung template yang digunakan. Cara menampilkan halaman khusus label sebagai berikut :
Langkah ke – 1
Silahkan menuju ke halaman layout untuk menampilkan “label blog“. Setelah itu cari tempat yang nanti akan dipakai untuk menampilkan label blogspot. Label untuk blog yang sedang anda kunjungi memilih memasang label di bagian footer.
Langkah ke – 2
Silahkan tambahkan widget baru dengan memilih “add widget“. Setelah itu akan muncul pop up windows baru yang berisi hal apa yang ingin di tampilkan di bagian yang anda pilih. Untuk menampilkan label blogspot dengan memilih fitur “label“.
Cara membuat label pada postingan artikel blog
Langkah ke – 3 
Setelah memilih menu label akan di tampilkan halaman baru untuk mengatur pengelolaan label 
Cara membuat label pada postingan artikel blog
Penjelasan :
Title , digunakan untuk memberi nama judul widget yang ingin di tampilkan di halaman blogspot.
Show, digunakan untuk mengelola label yang ingin ditampilkan, ada 2 pilihan yaitu menampilkan semua label atau menampilkan label yang dipilih saja.
Sorting, digunakan untuk mengelola urutan label, ada 2 pilihan yaitu menampilkan berdasarkan alphabet atau menampilkan berdasarkan frekuensi postingan blog.
Display, digunakan untuk mengatur tampilan label, dapat menggunakan dalam bentuk list atau kotakan. Selain itu juga ada pilihan untuk menampilkan jumlah postingan berdasarkan label atau tidak.
Langkah ke – 4
Silahkan simpan dan lihat hasilnya di blogspot anda.

Penutup 

Penggunaan label pada blog blogpost terdapat 2 jenis, umum dan khusus. Untuk kategori yang umum sebaiknya di pasang pada halaman navigasi blog, sedangkan untuk blog yang bersifat khusus silahkan buat widget tersendiri.
Cara membuat dan mengisi widget label pada postingan blog blogspot keren dan kategori blog dengan mudah.
Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply