Cara Install Plugin Baru di WordPress dengan mudah

Cara Install Plugin Baru di WordPress
Cara Install Plugin Baru di WordPress

Keunggulana wordpress dibanding CMS lain yaitu memiliki wordpress. Keberadaan wordpress dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan website dan memaksimalkan kinerja website untuk lebih baik.

Dengan menggunakan wordpress pengguna tidak perlu melakukan perubahan kode programan untuk mengubah maupunn menambah fitur yang di inginkan. Plugin di buat oleh pengembang bahasa program PHP dengan fungsi dan tujuan yang berbeda-beda.

Plugin yang tersedia di dalam wordpress dapat digunakan secara gratis namun terdapat beberapa keterbatasan. Biasanya plugin di rancang dengan 2 jenis yaitu berbayar dan gratis, tentuunya yang berbayar dapat menggunakan semua fitur yang ada.

Pada tutorial cara install plugin di wordpress saya memberikan contoh cara install plugin woocommerce di wordpress.

Bagaimana cara menginstall Plugin baru di WordPress ?

Yuk mari kita bahas pelan-pelan, silahkan simak.

Membuat Admin Panel WordPress

Sebelum melakukan instalasii plugin wordpress pastinya anda harus masuk ke halaman dashboard wordpress. dengan URL namadomainanda.ekstensidomain/wp-admin, contohnya kodingin.com/wp-admin.

Jika sudah terbuka halaman dashboard wordpress silahkan lihat pada sis sebelah kiri, maka akan terdapat fitur dengan nama plugins, silahkan klik Plugin > Add New.

Mencari Plugin yang anda inginkan

Setelah anda membuka menu buat baru plugins wordpress, maka akan tersedia tampilan plugin yang di rekomendasikan.

Cara Install Plugin Baru di WordPress
Cara Install Plugin Baru di WordPress 

Untuk mencari plugin wordpress yang di inginkan silahkan ketikkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Sebagai contoh saya mencari dengan kata kunci “woocommerce” untuk mencari plugin woocommerce.

Cara Install Plugin Baru di WordPress
Cara Install Plugin Baru di WordPress 

Silahkan klik “Install Now“, silahkan tunggu beberapa detik untuk menginstallnya. Jika sudah akan silahkan aktifkan plugin anda dengan mengklik Active.

Maka plugin anda sudah berhasil di install dan aktif siap untuk digunakan.

Cara install Plugin WordPress di atas dengan menggunakan situs resmi, yang artinya plugin yang anda install resmi , dimana plugin tersebut di beri ijin wordpress untuk siap di gunakan.

Kesimpulan

Untuk menginstall Plugin pada wordpress cuku sederhana. Sebainya gunakan sedit plugin saja agar tidak membuat website anda berjalan lambat. semakin banyak plugin akan membuat kinerja yang lebih banyak. Plugin yang tidak di pakai saya sarankan untuk di hapus saja untuk mengirit memori pada penyimpanan website anda.

Sekian Cara Install Plugin Baru di WordPress dengan mudah.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply