Cara install file deb, bin, rpm, sh, tar, run di linux ubuntu

Cara install berbagai jenis file deb, bin, rpm, sh, tar, run di ubuntu – Menginstall aplikasi diubuntu pada format file yang berbeda mempunyai cara install yang berbeda. Setiap format file mempunyai karakter yang berbeda, namun tujuan sama yaitu menanamkan file aplikasi di ubuntu anda. Bukan hanya pada sistem operasi ubuntu, namun distro linux lainnya seperti linux minta juga mempunyai jenis ekstensi seperti di ubuntu. Namun kali ini saya tidak akan membahas mengenai perbedaannya.

Secara umum di linux ubuntu mempunyai store kumpulan aplikasi yang dapat di unduh secara mudah dan tentunya gratis yaitu ubuntu software. Kekurangan pada ubuntu software yaitu tidak update ketika anda tidak menambah dan memperbarui repository dan pembaruan perangkat lunak.  Di ubuntu software mempunyai banyak jenis perangkat lunak. Sebelum anda menginstall aplikasi ubuntu silahkan siapkan file yang ingin anda install.
Perlu di ketahui untuk menginstall file yang sudah anda unduh dari internet anda tidak perlu tersambung ke dalam koneksi internet ketika ingin menginstallnya.

Cara install berbagai jenis file deb, bin, rpm, sh, tar, run di linux ubuntu

1. Menginstall file dengan ekstensi .deb
Untuk menginstall aplikasi berektensi .deb silahkan anda menuju ke tempat penyimpanan file yang ingin di install. Silahkan membuka terminal kalian, dengan klik kanan dan open terminal. Setalah itu anda ketikan perintah :  sudo dpkg -i diikuti dengan nama file berekstensi .deb yang ingin kalian install. Kalau sudah silahkan tekan enter dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

2. Menginstall file dengan ekstensi bin

Pastikan anda sudah berada pada folder penyimpana file anda. Kemudian buka terminal kemudian ketikan perintah chmod +x diikuti nama file bin anda. Perlu di ketahui perintah chmod digunakan untuk mengatur hak akses. Setelah anda mengetikkan perintah tersebut dan tekan enter , tunggu sampai proses instalasi selesai.

3. Menginstall file berekstensi .rpm

Untuk aplikasi dengan format .rpm anda harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu. Untuk menginstall file ini langkah pertama harus mengkonversi dalam bentuk file .deb. Cara nya install alien terlebih dahulu, Ketikan perintah sudo apt-get install alien di terminal. Setelah itu ketikkan perintah sudo alien -k diikuti nama file.rpm nya.
4. Menginstall file dengan ekstensi .sh
Pilih folder tempat anda menimpan file .sh kemudian silahkan buka terminal dan ketikan perintah : sudo sh diikuti dengan nama file .sh. Silahkan takan tombol enter dan silahkan tunggu sampai proses selesai.
5. Menginstall file dengan ektensi .run
Untuk menginstall file dengan ekstensi run dengan cara mengetika perintah sudo su diikuti file dengan ekstensi .run di terminal kemudian tekan enter.

Pada saat menginstall aplikasi ubuntu terkadang mengalami kesalahan atau bug, untuk memperbaiki bug tersebut silahkan cari errornya di google atau mencoba dengan versi aplikasi terbaru atau sebelumnya.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply