Cara Instalasi Framework Codeigniter

Codeigniter merupakan sebuah framework yang digunakan untuk membuat program atau sistem informasi atau sebuah kerangka kerja. Tutorial ini  hanya untuk yang ingin belajar framework codeigniter dari dasar.

Di butuhkan ada beberapa tools/bantuan yang? Wajin diinstal di komputer maupun PC sebelum anda menginstall codeigniter yaitu host server, sebagai contoh yang paling sering digunakan yaitu XAMPP, dimana aplikasi tersebut sudah tersedia apache, MySQL Selain itu hal yang paling penting untuk penulisan kode program yaitu text editor,contohnya notepad bawaan windows.

Di bawah ini cara menginstal Codeigniter :

1. Langkah pertama yaitu mengunduh kumpulan file codeigniter, di situs https://codeigniter.com/, disana disediakan file unduhan berupa zip, untuk mengunduhnya silahkan cari tombol donwload.
2. Setelah  framework codeigniter berhasil diunduh, kemudian silahkan extraks file zip/rar yang telah anda unduh.
3. Langkah berikutnya yaitu salin dan tempel hasil  file yang telah diekstraks ke folder lokal web hosting kalian, biasanya apabila menggunakan aplikasi xampp terletak di folder htdoc, buat folder terserah kalian, kemudian file yang di extrak tadi silahkan di pindahkan ke folder tersebut.
Cara Instalasi Framework Codeigniter

Disana terdapat beberapa folder dan file, untuk membangun sebuah sistem. Di dalam folder application dapat digunakan untuk membuat suatu projek, dan pada bagian folder sistem terdapat folder sistem mengenai Codeigniter, jangan pernah menghapus folder ini. Folder ini digunakan untuk mengatur sistem yang anda bangun.

4. Langkah berikutnya yaitu menjalankan hasil instalasi, pastikan anda sudah menghidupkan web host secara lokal. Jika sudah berkaber, silahkan akses melalui browser kesayangan anda,bisa memakai Google Chrome atau dan mozila. Cara umtuk mengakses dengan cara mengetikkan di bagian kolom URL browser dengan mengetikan localhost diikuti folder projek anda.

Cara Instalasi Framework Codeigniter

Gambar diatas menunjukan bahwa Project dengan framework codeigniter berhasil dijalankan. Di bawah ini tutorial dalam bentuk video.Selamat menikmati.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply