Cara Cek Status Nomor Imei Agar Terhindar Dari Pemblokiran

Cara Cek Status Nomor Imei Agar Terhindar Dari Pemblokiran – Pemerintah berencana akan memberantas penggunaan ponsel ilegal yang banyak diperdagangkan melalui pasar gelap (BM) di Indonesia.

Rencananya pada Agustus 2019, Peraturan Menteri (Permen) terkait pemblokiran ponsel BM akan ditandatangani oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Kementerian Perdagangan.

Alasan Pemblokiran Ponsel Black Market?

Singkatnya, perdagangan ponsel ilegal melalui BM jelas merugikan negara karena semua transaksi jual beli ponsel tidak membayar pajak.

Selain itu, produsen resmi atau importir ponsel di Indonesia yang mematuhi peraturan dan membayar pajak secara rutin jelas dirugikan oleh peredaran ponsel ilegal karena pangsa pasar mereka telah terkikis.

Sekarang setelah aturan pemblokiran ponsel BM diberlakukan, tim khusus dari tiga lembaga pemerintah akan mengidentifikasi keberadaan ponsel BM.

Hingga akhirnya meminta operator seluler untuk memblokir jaringan yang digunakan oleh ponsel yang diidentifikasi sebagai ilegal tersebut. Jadi nanti tidak ada ponsel ilegal yang bisa digunakan di Indonesia.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Status Ponsel dengan Imei Ilegal?

Bagaimana tim gabungan mengidentifikasi ponsel resmi atau ilegal? Dikutip dari liputan beberapa media massa nasional, Kementerian Perindustrian memiliki mesin yang disebut Device Identification, Registration, dan Blocking System (DIRBS) yang dapat mengidentifikasi ponsel BM.

Mesin DIRBS ini dapat melacak nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang terpasang pada setiap ponsel. Untuk Anda ketahui, IMEI adalah nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen ponsel.

Jika ponsel memiliki slot Kartu SIM ganda, akan ada dua nomor IMEI pada perangkat. Semua nomor IMEI ini akan didaftarkan ke Departemen Perindustrian ketika ponsel akan dijual di Indonesia.

Kementerian Perindustrian telah mengumpulkan semua IMEI dari ponsel resmi dalam database, yang akan dilacak oleh mesin DIRBS untuk menentukan ponsel resmi atau ilegal.

Jika nomor IMEI ponsel tidak terdaftar dalam database, kemungkinan besar itu ilegal. Hasil pemeriksaan akan diberikan kepada tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang akan meminta operator seluler untuk memblokir jaringan yang digunakan oleh ponsel ilegal tersebut.

Secara teknis, Kominfo akan meminta data Nomor Jaringan Digital Layanan Terpadu Pelanggan (MSISDN) Layanan Seluler dari operator seluler untuk mengidentifikasi ponsel ilegal ketika konsumen mengaktifkan nomor kartu SIM mereka. Seperti IMEI, MSISDN adalah nomor identitas Kartu SIM.

Nantinya operator seluler akan menginstal aplikasi pada sistem mereka. Ketika ponsel terhubung ke jaringan, aplikasi akan segera memindai nomor IMEI perangkat yang digunakan. Sistem akan memeriksa validitas IMEI ke sistem DIRBS Kementerian Perindustrian. Jika nomor IMEI tidak terdaftar, koneksi jaringan akan terputus!

Bagaimana Sih Cara Memeriksa Nomor IMEI di Telephone?

Nah, sementara aturan pemblokiran ponsel BM belum diterapkan, Anda juga dapat memeriksa sendiri nomor IMEI ponsel yang sedang digunakan.

Berikut langkah-langkah mengecek keabsahan IMEI pada smartphone yang bisa Anda terapkan langkah-langkahnya.

Lewat Tombol Dial Up

Masuklah ke menu panggilan. Kemudian ketikan *#06*# pada smartphone. Setelah satu detik imei akan keluar. Jumlah IMEI berjumlah 15 digit.

Periksa Keabsahan IMEI Melalui Pengaturan Telephone

Selain mengecek IMEI melalui dial UP, ada cara lain untuk memeriksa nomor IMEI ponsel dengan membuka bagian ‘Pengaturan pada menu ponsel. Nomor IMEI biasanya tercantum di bagian Tentang Telepon.

Lihatlah IMEI Pada Kemasan Ponsel

Nomor kode IMEI juga terdaftar oleh pabrikan di setiap kotak ponsel. Jadi, pastikan Anda tidak membuang kemasan ponsel yang Anda beli. Setelah nomor IMEI sudah didapatkan, sekarang cek keabsahan IMEI tersebut secara online. Berikut langkah-langkahnya.

Buka halaman https://www.kemenperin.go.id/imei

Setelah mengetahui nomor IMEI, itu tidak berarti ponsel Anda legal atau resmi. Karena ponsel ilegal yang dijual melalui BM juga memiliki nomor IMEI mereka sendiri yang dipalsukan.

Yang perlu Anda ketahui nanti adalah apakah nomor IMEI ponsel yang Anda miliki terdaftar atau tidak. Jika ponsel kalian terdaftar, bukan smartphoe black market, maka di halaman tersebut akan muncul informasi detail pada emailnya yang meliputi informasi pembuatan, tahun pembuatan, dan merek HP tersebut.

Sebaliknya jika ponsel itu barang black market, maka ada notifikasi pada website bahwa IMEI tidak terdaftar. Jadi gimana?

Mudah banget bukan cara cek status nomor IMEI agar terhindar dari pemblokiran itu?

Sekian Cara Cek Status Nomor Imei Agar Terhindar Dari Pemblokiran.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply