Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

Toko online menjadi penting di era digital. Kini, dunia telah berubah termasuk bisnis penjualan retail. Perangkat handphone menjadi vital dalam kehidupan manusia. Sebagian besar waktu aktif manusia terbagi antara bekerja dengan beraktivitas melalui handphone.

Handphone menjadi perangkat vital, mulai dari membalas pesan, menerima panggilan hingga berbelanja. Dan menurut sebuah penelitian baru-baru ini, rata-rata orang akan menghabiskan lebih dari lima tahun hidup mereka menjelajah di Internet, termasuk belanja.

Toko fisik menghadapi tantangan yang berat. Mulai dari naiknya sewa tempat, kenaikan biaya dasar seperti listrik, upah tenaga kerja hingga kemacetan untuk menuju ke tempat penjualan.

Nah, toko online menjadi solusi untuk pemilik usaha mengkonvergesikan toko fisik menjadi toko online.

Bila Anda tidak memiliki banyak waktu koding html, css dan berbagai elemen lain untuk mempercantik sebuat website sebagai tempat transaksi, WordPress dapat menjadi pilihan. Menurut data dari BuiltWith, CMS WordPress 358.427 juta website atau sekitar 35,84 persen website di dunia.

Baca Juga: Tak Perlu Mahal, Mulai Website Gratis dari Google Bisnisku

WordPress menjadi prioritas pilihan pertama, karena dukungan dari jutaan pengunanya diseluruh dunia. Karena kode sumbernya yang terbuka, komunitas programer, pengguna dan developer bekerja bersama-sama untuk terus memperbarui deretan kode content management system.

Artikel ini akan meberi panduan Anda untuk membangun website toko online menggunakan WordPress dan plugin WooCommerce. Berikut langkah-langkahnya:

Siapkan Domain dan Hosting untuk Toko Online

Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

Domain telah berubah menjadi identitas di internet. Domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Perlu diingat, domain memiliki limitasi waktu penggunaan misal satu atau dua tahun. Anda harus terus memperpanjang hak penggunaan domain agar terus digunakan.

Begitu juga dengan hosting. Anda perlu hosting untuk meletakkan data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi, program, script dan database.

Hosting dan domain ini dapat Anda dapatkan di perusahaan yang melayani kedua layanan terebut seperti Niagahoster, IDCloudHost, RumahWeb dan lain sebagainya.

Install WordPress

Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

WordPress terkenal dengan kemudahan saat penggunan dan instalasi di hosting. Menginstal WordPress ,adalah proses yang sangat sederhana dan membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya.

Sebagian besar perusahaan yang menyediakan jasa hosting, menggunakan perangkat lunak sebagai alat bantu, misal Fantastico, untuk menginstal WordPress secara otomatis.

Panduan untuk menginstalnya Anda bisa dapatkan dengan menghubungi perusahaan hosting atau mencarinya melalui Google.

Gunakan Plugin WooCommerce untuk Toko Online

Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

Plugin WooCommerce adalah pilihan untuk membangun toko online secara cepat dan murah. Saat ini, WooCommerce dikembangkan oleh perusahaan WooThemes dari kota Cape Town, Afrika Selatan.

Menurut data Statista, saat ini WooCommerce telah digunakan oleh lebih dari 75 juta pengguna dan mencakup lebih dari 28 persen toko online diseluruh dunia. WooCommerce merupakan open-source sehingga banyak developer bisa mengutak-atiknya dengan mudah. Anda dapat menampilkan produk untuk dijual secara online.

Cara memasang WooCommerce pun cukup mudah. Pertama yang perlu dilakukan adalah login ke dashboard WordPress Anda. Kemudian ikuti langkah berikut:

  1. Pilih Plugins di menu sidebar sebelah kiri
  2. Klik tombol Add New
  3. Ketik WooCommerce di kolom pencarian
  4. Temukan hasil pencarian WooCommerce dan klik Install Now
  5. Setelah proses instalasi selesai, klik tombol Activate

Seperti dibawah ini:

Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

Konfigurasi WooCommerce

Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

WooCommerce memberikan panduan mudah bagi Anda untuk mengkonfigurasi toko online. Anda bisa membuka menu WooCommerce > Help > Setup Wizard.

Anda dapat menjual produk di WooCommerce sangat mudah seperti Anda menerbitkan postingan di WordPress. Pilih menu Products > Add New. Masukkan judul dan deskripsi produk yang Anda jual. Jangan lupa untuk menuliskan deskripsi dan gambar.

Untuk pembayaran transaksi, Anda dapat memilih metode transfer melalui rekenin atau payment gateway yang melayani transaksi di Indonesia seperti MidTrans atau Doku.

Menarik kan, membuat toko online menggunakan WooCommerce ? Kodingin akan melanjutkan ulasnnya khusus untuk kamu. Terus ikut yaaa

One comment

  1. nice gan jadi kenal sama woocomerce dari sini nih, jadi ada rencana kepingin pinya toko online sendiri, nice tanks ya

Leave a Reply