Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL

Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL – Halo semua nya selamat datang di situs belajar pemrograman website menggunakan bahasa Indonesia. Tutorial PHP MySQL kali ini akan membahas mengenai :

Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL

Suatu aplikasi berbasis website suatu ketika memerlukan suatu laporan data yang ada di dalam sistem aplikasi. Laporan tersebut biasanya yang dapat di akses oleh pengguna secara umum menggunakan aplikasi lain nya, seperti Microsoft Family.

Salah satu buat laporan dari PHP yang paling populer yaitu export data ke dalam bentuk Excel dan PDF. Untuk cara export ke bentuk PHP sudah saya bahas pada tutorial Cara Export PDF menggunakan PHP MySQL dengan FPDF.

Maka dari itu sebagai seorang programer wajib bisa membuat laporan data dalam bentuk excel dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan fitur pada sebuah aplikasi website yang sedang di buat.

Lansung saja kita praktikan.

Mempersiapkan database baru

Buat database baru dengan nama “universitas” dan mempunyai tabel dengan nama mahasiswa. Artinya nantinya studi kasus export laporan ke bentuk excel dengan data mahasiswa.

Buat Database baru

Buat Tabel baru

Insert Data Dummy

Maka struktur tabel nya seperti gambar di bawah ini :

Buat Export Data ke dalam bentuk Excel dari Database MySQL menggunakan PHP

Untuk membuat laporan dalam bentuk excel dari database MySQL menggunakan PHP sebenarnya cukup mudah ketika sudah mengusai cara menampilkan data MySQL menggunakan PHP.

Sebenarnya hanya menambah sedikit kode program saja yaitu :

Kode program di atas pada baris pertama memberitahukan bahwa jenis konten yang akan di load yaitu dalam bentuk excel, maka dari itu ketika di akses akan mengexport data yang ada.

Sedangkan pada baris kedua memberikan nama file yang sedang di export ke bentuk excel.

Sekarang silahkan bikin projek baru , contohnya : kodingin_tutorial/export_php_excel.

Setelah itu bikin 3 file yaitu connection.php, index.php dan to_excel.php.

connection.php

Kode di atas berguna untuk menghubungkan ke dalam database MySQL. Silahkan sesuaikan dengan pengaturan yang anda miliki.

index.php

Kode di atas digunaka untuk menampilkan data dari MySQL seprerti pada umum nya, hanya saja terhdapat link menuju ke file to_excel.php.

to_excel.php

Kode di atas digunakan untuk melakukan proses export data ke dalam bentuk excel, data yang di export yaitu data yang berasal dari database dengan tabel “mahasiswa”.

Uji coba Export Excel dengan PHP MySQL

jika semuanya sudah, selanjutnya yaitu melakukan uji coba. Silahkan buka browser kesayangan anda dan akses projek anda,punya saya : localhost/kodingin_tutorial/export_php_excel.

Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL

Lalu silahkan klik tombo berwana merah.

Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL

Perhatikan gambar di atas pada bagian bawah, terdapat file yang berhasil di export, silahkan buka direktori hasil export lalu buka filenya.

Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL

Sekarang data yang tadinya di akses di web saja bisa di tampilkan ke dalam bentuk excel, tanpa mengurangi dan menambah data dari database MySQL.

Sekian Cara Buat Laporan Export Data Excel dengan PHP MySQL. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply