Kodingin

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Ingin belajar bahasa pemrograman / Coding secara gratis ?

Banyak orang yang saya temui yang telah menyakan bagaimana cara menjadi seorang programer untuk semua platform dan dilakukan secara otodidak.

Hal yang harus dilakukan untuk belajar pemrograman yaitu menguasai bahasa pemrograman. Tentu hal itu sangat menjadi sebuah kebingungan ketika awal belajar coding dasar.

Bagi seorang yang sudah pernah belajar pemrograman, seperti pemrograman web untuk belajar bahasa pemrograman lain tentu sangat mudah.

Lalu, bagaimana cara belajar pemrograman dasar untuk pemula ?

Tenang, anda tidak usah kwatir. Kali ini saya akan bagikan cara untuk belajar bahasa pemrograman.

Tentu saja ketika belajar coding yaitu melakukan praktek, maka dari itu niat pertama yang harus wajib di miliki yaitu siap mempraktekan pembelajaran.

Cara belajar bahasa Pemrograman dasar untuk pemula

Yuk kita mulai saja.

Cara yang saya tulis disni merupakan pengalaman pribadi menulis ketika dulu belajar pemrograman, berawal dari belajar pemrograman secara online dengan mengikuti tutorial yang ditujukan untuk pemula.

Mengerti apa itu bahasa pemrograman

Hal yang pertama kali perlu di pahami yaitu mengerti apa itu bahasa program. Mengerti bagaimana cara bahasa program bekerja dan mengerti manfaat bahasa pemrograman.

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Banyak sekali bahasa pemrograman yang ada sampai saat ini, seperti PHP, Golang , Python dan masih banyak lagi.

Untuk mengerti bahasa pemrograman itu apa dengan cara membaca website yang membahasa tentang pemrograman, bergabung di dalam sosial media seperti facebook.

Memilih metode tepat untuk Belajar

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk memulai belajar apapun itu. Tentuukan metode belajar yang paling di senangi.

Metode belajar yang perlu di coba yaitu :

  • Video
  • Modul
  • Website
  • Dokumentasi

Silahkan pilih salah satu dan selanjutnya metode di atas di gabung menjadi satu, belajar pemrograman secara online.

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Implementasinya dapat mencoba salah satu metode cara di atas, lakukan dan rasakan. Apabila merasa nyaman teruskan, namun apabila kurang nyaman dan kurang bisa di cerna silahkan ganti dengan metode yang lain.

Saya sendiri ketika awal bahasa pemrograman menggunakan metode video, Video tutorial pemrograman saya dapatkan dari youtube dan udemy.

Setelah mengerti di dalam video selanjutnya saya membaca dokumentasinya dan melakukan coding yang lebih luas dan bervariasi.

Belajar Algoritma pemrograman

Pertama kali saya dulu belajar programming yaitu melatih belajar logika menggunakan algoritma. Algoritma adalah sekumpulan baris perintah yang di lakukan secara urut untuk menghasilkan sebuah keputusan.

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Untuk belajar algoritma pemrograman dapat menggunakan bahasa tingkat bahah sepert bahasa C. Bahasa C maupun C++ cocok untuk melatih otak kita mengenai cara melakukan penyelesain masalah.

Sebagai contoh, contoh program serderhana kita ambil yaitu “cara mencari nilai rata-rata”. Untuk mencari hasil nilai rata-rata dapat menggunakan suatu rumus. Nah rumus tersebut kita implementasikan di dalam bahasa program.

Belajar dengan orang yang lebih Ahli

Belajar kepada orang yang lebih ahli dalam pemrograman web maupun pemrograman lainnya akan membuat kita lebih paham. Fakta yang ada ketika belajar maupun menanyakan sesuatu kepada orang lain akan lebih jelas dan cepat.

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Orang yang lebih ahli yang di maksud yaitu seorang programer. Banyak programmer handal di Indonesia yang bisa anda jumpai di komunitas maupun di sebuah perusahaan IT.

Mencatat atau mendokumentasikan hasil Belajar

Catat setiap belajar hal yang baru agar suatu saat ketika terjadi lupa maka dapat di buka kembali. Salah satu contoh mencatat hasil belajar dapat membuat blog pribadi maupun di simpan di dalam aplikasi komputer.

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Buatlah catatan hasil belajar yang mudah di pahami dan usahan rapi. Intinya suatu ketika dapat di baca kembali dan dapat di mengerti.

Membuat Jadwal belajar

Mengatur jadwal pelajaran sangat penting agar konsisten belajar dapat di lakukan secara terus-menerus. Hal yang perlu di ketahui bahwa memulai lebih mudah dari pada konsisten terhadap pembelajaran.

Cara belajar Bahasa Pemrograman dasar untuk Pemula

Maka dari itu buatlah jadwal sendiri. Sebagai contoh mengatur dalam satu hari harus belajar pemrograman minimal 4 jam. Pilihlah waktu yang paling cocok dan nyaman.

Baca Juga : 5 Langkah Menjadi Seorang Programmer Handal

Jadikan sebuah belajar pemrograman menjadi sebuah kewajiban, dengan begitu konsistensi belajar pemrograman website akan berhasil.

Kesimpulan

Belajar bahasa pemrograman untuk pemula dapat di lakukan dengan mudah ketika metode belajar itu sesuai dengan pribadi seseorang. Konsistensi hal yang paling penting agar belajar coding di lakukan dengan cepat dan menghasilkan sebuah karya.

Selain itu untuk belajar bahasa program komputer harus mencoba banyak studi kasus yang terus meningkat.

Leave a Reply