Blogspot vs WordPress, Mana yang Dipilih Untuk Website Anda

Blogspot vs WordPress mana yang dipilih untuk mengembangkan website? Pertanyaan itu muncul, terutama saat Anda membutuhkan website sebagai media branding dan company profil.

Blogspot dan WordPress merupakan content management system (CMS), atau perangkat lunak berisi kode-kode pemrograman yang digunakan untuk mengelola isi dari suatu situs web baik berupa artikel, foto, grafis, video dan komponen lain.

Content management system memudahkan Anda untuk mengembangkan website mengikut kebutuhan. Tentunya ini mempermudah dan mempercepat Anda mengkreasi website seiring perkembangan bisnis.

Sederhananya, Anda tinggal fokus pada artikel, foto atau komponen lain di website sebagai sarana promosi dan penjualan bisnis. Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis deretan bahasa pemroraman.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Related Post di WordPress dengan Mudah

Menurut data dari BuiltWith, CMS WordPress 358.427 juta website atau sekitar 35,84 persen website di dunia. Sedangkan Blogspot digunakan oleh 10.743 juta website atau sekitar 1,07 persen website di dunia.

Blogspot vs WordPress dan Dukungan Komunitas

Bila Anda tidak memiliki banyak waktu koding html, css dan berbagai elemen lain untuk mempercantik sebuat website, WordPress dapat menjadi pilihan. Pilihan kedua adalah Blogspot.

WordPress menjadi prioritas pilihan pertama, karena dukungan dari jutaan pengunanya diseluruh dunia. Karena kode sumbernya yang terbuka, komunitas programer, pengguna dan developer bekerja bersama-sama untuk terus memperbarui deretan kode content management system.

Namun, tak selamanya gratis tentu saja. Bila Anda membutuhkan bantuan lebih untuk menambah element website, Anda dapat membayar jasa mereka dengan kesepakatan awal. Apakah biaya per jam atau setiap pengerjaan.

Sedangkan Blogspot, karena dimiliki oleh Google maka sumber kode content management systemnya tidak dibuka untuk publik. Namun, jangan khawatir. Sebagai perusahaan utama di bisnis Internet dunia, Google memiliki programer handal untuk memantau dan memperbarui Blogspot.

Blogspot vs WordPress dan Search Engine

Blogspot vs WordPress, Mana yang Dipilih Untuk Website Anda

Banyaknya pencarian organik membuat website semakin bernilai penting ‘dimata’ mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex atau bahkan Yahoo. Banyaknya orang yang melakukan pencarian dan merujuk ke website Anda, akan semakin membuat website muncul diperingkat pertama mesin pencarian.

Belum ada penelitian atau penjelasan lengkap bagaimana kinerja kedua CMS diatas. Selain karena kompleksnya nilai penyusun rangking search engine, kedua CMS diatas secara berkala memperbarui perankat kode utama.

Namun, berdasarkan penalaman tidak banyak perbedaan antara website yang menggunakan Blogspot ataupun website yang menggunakan WordPress. Keduanya memiliki kemampuan yang sama untuk menampilkan tautan dan isi di mesin pencari.

Karena itu, fokuslah pada artikel yang menjawab pertanyaan dan menjadi solusi bagi pembaca Anda. Karena dengan itu, semakin banyak dan sering pengguna yang akan berkunjung ke webiste Anda.

Blogspot vs WordPress saat Hosting

Blogspot vs WordPress, Mana yang Dipilih Untuk Website Anda
Website gratis yang disediakan oleh raksasa teknologi Google.

Sebuah website memerlukan sarana penyimpanan data atau lazimnya disebut hosting. Melalui komputer server hosting ini, perangkat laptop atau handphone dapat mengakses website.

Kedua CMS sama-sama menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin membangun website. Hampir semua perusahaan hosting didunia, menyiapkan software untuk menginstal kedua CMS tersebut di slot hosting yang disewa pengguna.

Proses instalasinya pun, keduanya cukup mudah. Yang perlu diingat adalah usernam dan password administrator saat menggunakan kedua CMS tersebut.

Saat Menulis Artikel di Website

Website Anda harus terus diperbarui dengan artikel. Hal ini menjadi penting, agar pembaca tahu bahwa website Anda dikelola dengan baik. Juga menjadikan pembaca yakin dengan model bisnis atau barang yang Anda sedang jual.

Dalam penulisan artikel, WordPress sedikit lebih unggul melalui fitur Gutenberg. Juga dukungan beragam plugin yang memudahkan penulis artikel. Kemudahan lain adalah fitur embedded atau sematan video atau posting dari media sosial. WordPress memberikan fitur copy paste sebagai kemudahan.

Nah, sudah ada gambaran kan mana yang Anda pilih sebagai content management system saat mengembangkan website Anda. Bila ada pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar bawah ini ya.

Leave a Reply