Belajar Golang #1 : Berkenalan dengan Bahasa Golang

Berkenalan dengan Bahasa Golang – Halo semuanya selamat datang di tutorial belajar Golang Bahasa Indonesia. Mulai saat ini kodingin akan membahas seri tutorial pemrograman Golang.

Berkenalan dengan Bahasa Golang

Pernah Mendengar Bahasa Pemrograman Golang ?

Bahasa yang lagi populer saat ini, sekarang banyak perushaan yang menggunakan bahasa pemrograman Golang, seperti Tokopedia dan Gojek.

Sehebat apa sih Golang sehingga perusahaan besar menggunakan Golang ?

simak dulu “pengertian Golang” sebelum membahas lebih jauh.

Pengertian Golang

Golang atau yang sering di sebut GO merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat free, dimana bahasa pemrograman ini merupakan bahasa program open source.

Golang di dikembangkan oleh Robert, Rob dan Ken di google waktu tahun 2007.

Bahasa pemrograman terkenal dan banyak digunakan oleh developer pada tahun 2009 yang lalu.

Dengan kehebatan bahasa pemrograman golang membawa dampak peningkatan penggunaan semakin banyak dari tahun per tahun, dimana hanya memerlukan waktu kurang lebih 7 tahun menjadi bahasa pemrograman tingkat atas.

Sintaks bahasa program Golang hampir menyerupai bahasa pemrograman C(si). Deklarasi pemrograman Golang seperti penggunaan variabel pada bahasa program pascal. Jadi ketika sudah menguasai bahasa C dan Pascal tidak memerlukan waktu yang lama untuk mempelajari bahasa Golang.

Sampai saat ini banyak perusahaan besar yang mencari developers yang menguasai bahasa pemrograman ini, karena mempunyai banyak fitur-fitur yang canggih untuk digunakan.

Golang menggunakan tipe static (static type) pemrograman dimana semua variabel dari di deklarasikan tipe datanya. Golang merupakan bahasa pemrograman compiller, Sehingga ketika terdapat kesalahan maka akan segera terlihat.

Fitur dan Kelebihan bahasa Pemrograman Golang

1. Berjalan cepat

Bahasa pemrograman Golang relatif cepat ketika di akses oleh pengguna, kecepatan bahasa pemrograman GO tidak perlu diragukan lagi.

Kenapa bisa lebih cepat ?

Go yaitu sebuah compiler dan tidak bersifat interpreter, setiap pendeklrasian variabel harus melibatkan suatu proses dan tidak boleh membuat variabel namun tidak digunakan.

Di sisi developers, kecepatan ini menjadikan seorang developer sangat cepat dalam melakukan uji coba terhadap sistem.

2. Mudah dipelajari

Sintaks pada pemrograman GO terbilang sederhana sehingga mudah untuk dipelajari. Selain itu struktur pemrograman GO juga sangat rapi sehingga tidak membingungkan para developers untuk memahami struktur yang ada. 

Go sendiri telah memberikan fasilitas Tour untuk kepentingan belajar Go secara interaktif.

3. Disiplin

Setiap membuat suatu proses seperti yang saya sebutkan di awal bahwa harus mendeklarasikan variabel dan tipe data ketika menggunakannya, tipe data yang digunakan harus sesuai kasusnya.

4. Komunitas yang banyak

Dengan adanya komunitas yang banyak artinya semakin banyak juga pengembangan atau modifikasi maupun pembuatan suatu pustaka bahasa Go.

Jadi, tidak perlu khawatir ketika ada masalah ketika belajar pemrograman GO, anda dapat memanfaatkan komunitas untuk bertanya mengenai bahasa program GO.

5. Concurrency

Concurrency merupakan sebuah mini thread, dimana kita dapat menjalankan banyak method / fungsi dalam waktu yang bersamaan. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama ketika menjalankan lebih dari satu suatu proses.

2 Comments

Leave a Reply