Beli Domain Murah di Indonesia, Solusi untuk Bisnis Anda

Di dunia serba digital saat ini, penting bagi kita memiliki website. Terutama bagi Anda yang memiliki bisnis; entah itu skala kecil atau menengah. Oleh karena itu, informasi mendasar mengenai beli domain murah Indonesia menjadi salah satu hal yang wajib dipahami.

Bagi sebagianbesar bisnis kelas kecil, memiliki website mungkin terasa berat.Mengingat biaya serta maintenance yang perlu diberikan.Padahal, tidak memiliki dan kurangnya kehadiran secara online bisaberdampak buruk bagi bisnis di jangka panjang.

Bayangkan saja,sebagian besar dari kita kini tentu mencari informasi terkait produkatau perusahan secara online, bukan? Dan hal itu pula yang menjadikannilai penting dari memiliki website di zaman digital ini.

Untuk membantu pembaca yang merasa kesulitan beli domain murah serta memahami lebih dalam mengenai website, tim Kodingin sudah menyiapkan beberapa uraian singkat mengenai apa itu domain, hingga penjelasan pentingnya domain untuk bisnis.

Apa ituDomain?

Sebelum penulismenguraikan pentingnya domain untuk bisnis, sebaiknya pembacamengetahui pengertian dari domain itu sendiri. Harapannya, agarpembaca bisa menentukan pilihan yang sesuai kebutuhan.

Singkatnya,domain adalah alamat dari satu website tertentu. Analogi palingsederhana, domain tak ubahnya alamat rumah kita. Jika kamu memintateman untuk main ke rumah, yang disampaikan tentu lokasi rumahmu,bukan? Dan satu bagian penting dari cara untuk mencapai rumahmuadalah alamat rumah itu sendiri.

Begitu puladengan domain. Menggunakan kombinasi huruf atau angka dan diakhiridengan jenis domain, maka pengunjung bisa diarahkan untuk menujurumahmu. Contoh sederhananya adalah alamat domain Facebook.com,Google.com, atau Wikipedia.org; tiga alamat websiteyang paling sering dikunjungi di Indonesia.

Sebenarnya,setiap website diidentifikasi dengan kombinasi nomor yang unik dandisebut alamat IP atau IP Addres. Kombinasi angka iniadalah komponen yang dipakai komputer untuk terhubung internet.

Kombinasi nomormemang bagus untuk komputer; bagaimanapun proses komputasimenggunakan angka. Masalahnya, kombinasi ini terlalu sulit diingatmanusia. Maka dari itu, pengembang pun mengubahnya jadi kombinasihuruf; kita menyebutnya alamat domain atau URL (Uniform ResourceLocator).

Struktur danJenis-Jenis Domain

Yang disebutdomain tidak hanya di bagian nama saja. Ada beberapa unsur yangmenyusun sebuah domain. Elemen penyusun tersebut dibedakan dalam tigajenis; yakni yakni Top Level Domain (TLD) dan Second LevelDomain (SLD) dan Sub-Domain.

Klasifikasi darijenis-jenis domain tersebut dibuat oleh ICANN (InternetCorporation for Assigned and Numbers). Berikut ini uraian singkatdari kelebihan dan kekurangannya.

Top LevelDomain

Menurut ICAAN,TLD diklasifikasi ke dalam dua jenis. Kedua jenis TLD tersebut yakniCountry Code Level Domain dan Global Top Level Domain.Untuk ragam domain yang masuk dalam jenis Global Top Level Domainterdiri dari .com, .net, .org, .edu, dan lain sebagainya.

Sementara itu,untuk jenis Country Code Level Domain hanya bisa digunakanpada negara tertentu. Contohnya adalah ‘.id’ untuk websitedari negara Indonesia, ‘.my’ untuk website asal Malaysia,serta ‘.cn’ untuk website asal China.

Ada beberapa kelebihan jika Anda memilih website dengan TLD. Kelebihan itu antara lain menjadikan alamat website mudah diingat, website jadi terkesan lebih profesional, serta meningkatkan harga jual blog.

Sedangkankelemahannya yakni harga sewa tahunan yang terbilang mahal sertasulitnya mendapatkan nama domain yang diinginkan dengan TLD. Hal inipula yang menjadikan banyak website akhirnya memilih Second LevelDomain.

SecondLevel Domain

Jenis domainselanjutnya disebut Second Level Domain (SLD). Biasanya, jenisdomain ini dipakai oleh instansi, nama seseorang, atau organisasi.Singkatnya, nama yang kamu tawarkan untuk melengkapi TLD.

Merujuk dari pengertian di atas, nama kodingin dari website www.kondingin.com adalah Second Level Domain (SLD). Sedangkan akhiran ‘.com’ adalah contoh dari TLD. Contoh lainnya adalah website jual domain murah di Indonesia www.domainesia.com. Jika kita uraikan, kata ‘domainesia’ adalah SLD sedangkan akhiran ‘.com’ adalah TLD.

Sub-Domainatau Third Level Domain

Sebagian orangmenyebutnya sub-domain. Namun ada juga orang yang menyebutnyadengan nama Third Level Domain. Ini adalah alamat website yangdipakai untuk menyimpan informasi tertentu yang berbeda dariinformasi di domain utama.

Namun bukanbenar-benar berbeda. Masih ada sedikit keterkaitan. Oleh karena itu,sebagian besar bisnis pun mengisi sub-domain denganartikel-artikel yang berisi campaign produk atau isu tertentusebagai strategi penjualan mereka.

Contoh kali ini mengambil kasus website jual domain murah www.domainesia.com. Jika kita mengetikkan alamat tersebut, maka kita akan masuk di halaman utama yang melayani pembelian domain website. Sedangkan saat ingin login, kamu akan diarahkan ke sub-domain my.domainesia.com.

Strategi Membeli dan Memilih Domain

Bagi pebisnis,adalah hal yang mudah untuk menyusun strategi pengembangan danpenjualan. Namun, tentu Anda kesulitan di awal ketika memilihstrategi digital. Terutama bagaimana memilih domain yang tepat untukusaha.

Untuk membantu pembaca terhindar dari kesulitan, berikut adalah strategi dalam membeli dan memilih domain menurut tim Kodingin.

1. Tentukan Tema Bisnis

Sebelum mulai menentukan nama domain, tetapkan terlebih dulu apa temabisnis Anda. Uraikan hingga siapa calon konsumen (market),sampai bagaimana konsep website yang ingin dikembangkan.

2. Tulis Ide

Jika sudah , tuliskan 5-10 nama domain yang terpikirkan. Ada beberapahal yang wajib diperhatikan dalam membuat nama domain. Antara lainnama yang mudah diingat, mudah diketik, dan mencerminkan tema bisnisAnda.

3. Riset Legal

Poin ini penting agar jangan sampai salah langkah ketika berususandengan hukum. Sebelum menentukan nama, cari dulu apakah nama tersebutsudah ada yang menggunakannya. Kamu bisa cek nama tersebut lewatwebsite databaase merek dagang, seperti USPTO.GOV, WIPO,WIPO Indonesia, e Status HKI, Dirjen KekayaanIntelektual, dan ASEAN TM View.

Jika dari ketigalangkah di atas nama domain Anda terbukti bersih dan cukupmerepresentasikan bisnis, segera masuk ke halaman Domainesiauntuk melakukan pembelian. Ingat, lakukan dengan cepat.

Pentingnya Domain untuk Bisnis

Sebuah websiteyang dikembangkan dengan baik bisa menarik konsumen untuk penasarandengan produk yang ditawarkan. Jika citra ini tersampaikan, makakonversi pun tinggal menunggu waktu saja.

Dan di masa kini,masih ada banyak pebisnis yang menganggap website sekadar ada saja.Tanpa optimisasi di Google, optimisasi fitur dan tampilan, makastrategi Digital Marketing ini pun bakal gagal.

Untuk memberipembaca pemahaman yang lebih dalam, berikut adalah penjelasanpentingnya domain untuk bisnis Anda.

Lebih Terlihat di Ruang Digital

Seperti sudahsedikit disinggun di atas, masa kini sebagian besar dari kita selalugoogling atau mencari secara online ketika ingin mengetahuisesuatu. Bisa informasi sampai bisnis atau produk terkini.

Maka dari itu, jenis informasi yang Anda tampilkan di website bisa jadi pernyataan resmi terkait usaha yang Anda jalankan. Sebagai perumpanaan, website menjadi bagian depan dari bisnis yang Anda jalankan.

Branding dan Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Kini, komunikasidua arah terbukti jadi salah satu strategi marketing yang lebihefektif. Dibandingkan di masa lalu, di mana iklan yang bersifat satuarah lebih banyak dilakukan bisnis lewat berbagai media.

Di samping itu,penggunaan website yang bisa komunikatif bisa membantu bisnis Andajadi lebih mudah dikenali dan diingat konsumen. Sekali mendayung,Anda bisa mendapat dua keuntungan yang berdampak besar, bukan?

MenjangkauKonsumen yang Lebih Luas

Baik untuk bisnisdalam bentuk penjualan produk maupun layanan jasa, website selalubisa memberikan performa yang lebih efektif. Anda bisa menggunakannyauntuk mengenalkan jenis produk atau layanan terbaru. Pun Anda bisamemberi pengumuman terbaru terkait promo-promo yang menarik.

Dibarengi denganstrategi media sosial yang tepat, Anda bisa melihat pertumbuhan padabisnis yang tengah dijalankan. Tawaran yang sulit ditolak, bukan?

Penjelasan di atas pada akhirnya hanya berakhir sebagai informasi, jika Anda tidak mengakhirinya dengan eksekusi. Jika Anda tertarik untuk segera membeli domain murah di Indonesia, layanan Domainesia menawarkan pilihan yang sulit untuk diabaikan.

Leave a Reply