Belajar variabel dan tipe data pemrograman PHP

Belajar Variabel dan tipe data pemrograman PHP – Setiap bahasa pemrograman memiliki tipe data masing-masing. Tipe data berfungsi untuk menyajikan bentuk hasil data yang diinginkan. Di dalam PHP menggunakan tipe data identik menggunakan variabel. Variabel merupakan isi dengan bentuk text yang dapat dimengerti seseorang yang telah diidentifikasikan dengan jelas dan mempunyai variasi nilai yang berbeda-beda.

Apabila masih bingung dengan tipe data saya berikan argument contoh, variabel itu ibaratnya sebuah tempat yang diisi dengan data bisa berupa angka maupun text. Setiap deklarasi variabel dapat memiliki nilai dalam bentuk tunggal maupun jamak.

Jenis Tipe data pemrograman PHP

  1. Data String, digunakan untuk data berupa text biasa.
  2. Data Integer, digunakan untuk data angka namun telah di bulatkan.
  3. Tipe Data Array, digunakan untuk data yang berjumlah lebih dari satu/jamak.
  4. Data Float, digunakan untuk data angka namun lebih bervariasi, bisa menggunakan koma.
  5. Data Boolean,digunakan tipe data untuk 2 nilai saja, TRUE dan FALSE atau 0 dan 1
  6. Tipe Data Object, digunakan untuk data berupa objek.
  7. Tipe Data Null, digunakan untuk data yang kosong.

Setiap tipe data mempunyai karakter yang berbeda-beda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan data untuk menentukan tipe data, misalnya ketika membuat program perkalian sebaiknya tipe data yang digunakan yaitu float ,karena mengandung karakter koma.

Jenis-jenis variabel pemrograman PHP

  1. Variabel bersifat local, variabel tersebut digunakan pada sebuah suatu function yang di buat pada function yang telah digunakan.
  2. Variabel bersifat global, Variabel yang dapat di deklarasikan di fungsi tersebut maupun fungsi lain, bisa menambahkan nilai maupun tidak.
  3. Variabel Bersifat Static, variabel yang digunakan ketika nilai dalam variabel tidak pernah berubah dalam beberapa proses.

Contoh penggunaan variabel dan tipe data

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply