10 Menit Belajar Sistem Basis Data Tanpa Ribet

10 Menit Belajar Sistem Basis Data Tanpa Ribet
10 Menit Belajar Sistem Basis Data

10 Menit Belajar Sistem Basis Data Tanpa Ribet – Basis data terdiri dari kata dan data dasar. Basis dapat diartikan sebagai basis atau gudang.

Sedangkan data adalah catatan kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, konsep, peristiwa dan sebagainya yang dimanifestasikan dalam bentuk huruf, angka, simbol, gambar, teks, suara atau kombinasi daripadanya.

10 Menit Belajar Sistem Basis Data itu Mudah

Lewat Artikel ini kami akan memberikan tutorial 10 menit belajar sistem basis data. Simak lebih lanjut artikel 10 menit belajar basis data ini agar kalian cepat paham dan bisa membuat sistem basis data sendiri.

Apa Itu Pengertian Dari Basis Data?

Sebagaisatu kesatuan, pengertian basis data adalah himpunan kelompok datayang saling berhubungan dan terorganisir sedemikian rupa sehinggadapat digunakan kembali dengan cepat dan mudah.

Pengumpulandata dalam bentuk file / tabel / arsip yang saling berhubungan dandisimpan dalam media penyimpanan elektronik, untuk kemudahanpengaturan, pengurutan, pengelompokan dan pengorganisasian datasesuai dengan tujuannya.

Dengandatabase seseorang dapat menyimpan informasi, seperti data siswa,kepegawaian atau produk ke media penyimpanan elektronik seperti diskmagnetik (disk) melalui perangkat komputer, maka kita dapatmenggunakan data sesuai kebutuhan.

Basis data memiliki 8 operasi dasar. Beberapa diantaranya termasuk Buat database, Drop database, Buat tabel, Drop table, Sisipkan, Baca, Perbarui dan Hapus.

Definisi Sistem Basis Data

Singkatnya, sistem adalah kumpulan komponen yang saling berhubungan dan disatukan untuk mencapai tujuan tertentu bersama. Basis data adalah objek yang tidak bisa bergerak sendiri, ia membutuhkan program / aplikasi sebagai driver atau manajernya. Sehingga kombinasi keduanya (database dan aplikasi) dapat menghasilkan suatu sistem.

Sistem basis data adalah sistem yang terdiri dari kumpulan tabel data yang saling berhubungan dan kumpulan program yang memungkinkan beberapa pengguna atau program lain mengakses dan memanipulasi tabel tabel data.

Komponen Sistem Basis Data

Ada beberapa komponen dalam sistem basis data. Komponen ini saling berhubungan erat. Berikut beberapa komponen sistem basis data.

1. Perangkat Keras

Perangkatkeras atau hardware yang biasa ditemukan dalam sistem basis dataadalah komputer, hard disk, memori sekunder offline (removable disk),perangkat komunikasi jaringan.

2. Sistem Operasi

Sistemoperasi adalah program yang dirancang untuk mengaktifkan sistemkomputer dan mengendalikan semua sumber daya yang dikandungnya,termasuk operasi komputer dasar. Sistem operasi contohnya sepertiWindows, Unix dan Linux.

3. Basis Data

Basisdata adalah seperangkat data yang terorganisir dengan baik sehinggadata mudah disimpan, diakses, dan juga dapat dimanipulasi. Sistembasis data dapat terdiri dari beberapa basis data yang memiliki datasendiri.

4. Sistem Manajemen Basis Data atau DBMS

DBMSatau sistem manajemen basis data adalah program aplikasi khusus yangdirancang untuk membuat dan juga mengelola basis data yang tersedia.Sistem ini berisi kumpulan data dan serangkaian program yangdigunakan untuk mengakses database.

DBMSadalah perangkat lunak yang berperan dalam mengelola, menyimpan, danmengambil kembali data. Mekanisme yang digunakan sebagai pelengkapadalah keamanan data, konsistensi data, dan pengguna data bersama.

ContohDBMS adalah Microsoft Access, MySql, database Oracle, Sybase,Borland-Interbasi, PostgreSQL dll.

5. Pengguna

Penggunaadalah salah satu komponen basis data yang berinteraksi langsungdengan basis data. Ada beberapa jenis pengguna termasuk: pemrogramaplikasi, pengguna tingkat lanjut (pengguna biasa), pengguna umum(pengguna akhir) dan pengguna khusus.

6. Aplikasi atau Perangkat Lain

Aplikasi ini tergantung pada kebutuhan, pengguna basis data dapat dibuat program khusus untuk mengisi, mengubah atau mengambil data yang mudah digunakan. Program-program ini tersedia langsung di DBMS atau dibuat menggunakan aplikasi lain seperti Visual Basic.

Sekian 10 Menit Belajar Sistem Basis Data.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply