Belajar menggunakan VIM dengan terminal

Belajar menggunakan vim dengan terminal
Belajar menggunakan vim menggunakan terminal – Vim (Vi iMproved) merupakan suatu teks editor yang digunakan untuk mengolah suatu text, dengan menggunakan vim dapat melakukan pembuatan tulisan maupun kode program. Penggunaan vim lebih ditekankan untuk menulis kode program.

Secara umum untuk menulisakna kode program menggunakan text editor berbasis GUI, seperti Sublime.Pengguanaan vim dapat di lakukan ketika menulis kode program dengan cepat, biasanya lebih ditekan untuk pengeditan kode program. Vim layaknya teks editor lain, namun untuk melakukan suatu perintah tidak menggunakan suatu menu tapi penggunakan perintah berbasis console.

Vim dapat dijalankan di semua sistem operasi, baik linux, windows maupun MacOS, namun vim sering digunakan pada sistem operasi linux karena mempunya dasar yang sama yaitu penulisan perintah menggunakan terminal.

Cara Instalasi VIM

Sistem operasi windows

  1. Silahkan kunjungi situs resmi vim , di https://www.vim.org/
  2. Mengunduh file aplikasi vim dalam bentuk .exe
  3. Install aplikasi vim seperti menginstall aplikasi windows lain.
  4. Untuk memeriksa dapat menggunakan cmd dan mengetikan perintah vim -v

Sistem operasi Ubuntu

Ada 2 cara menginstall vim di linux ubuntu yang pertama menggunakan software center ubuntu, dan silahkan install yang kedua dapat menggunakan teminal dengan perintah sebagai berikut:

~ sudo apt-get upade
~ sudo apt install -y vim

Perintah dasar pada vim

  1. Pembuatan dan pengeditan file, Untuk membuat dan melukan edit pada file menggunakan vim dengan cara mengetikan : Vim diikuti nama fie. Setelah itu akan terbuka halaman console vim yang mempunyai luas lebih panjang.
  2. Mengaktifkan penulisan dan pengeditan text, Tidak seperti teks editor lainnya,diaman dapat menulis file ketika aplikasi berjalan. Di vim untuk melakukan perubahan dapat menekan perintah tombol i, pengeditan dokumen akan aktif ditandai tulisan insert dibagina bawah terminal.
  3. Menyimpan text, Ketika sudah melakukan pengeditan maunpun pembuatan dokumen, maka untuk menyinpan nya dapat menekan tombol :w . Namun ketika hasil pengeditan tidak ingin disimpan tapi ingin keluar dapat menekan tombol :wq.
  4. Memabatalkan penulisan, Ketika terjadi kesalahan dalam penulisan dokumen di vim dapat menekan tombol u atau ctrl + u. Maka tulisan akan hilang satu proses.
  5. Pecarian kata, Untuk mencari kata menggunakan vim dapat menuliskan perintah /diikuti kata yang ingin di cari, untuk melakukan pencarian text lain nya dengan kata yang sama dapat menekan tombol n.

Tag : cara menggunakan vim,cara menggunakan vim editor, cara menggunakan vim di windows

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply