Bangun Startup Unik? Intip Tips Suksesnya Disini

Startup unik banyak bermunculan sekarang ini. Aplikasi sosial video Tik Tok misalnya, menjadi startup unik yang sukses diunduh jutaan kali. Kebanyakan, masyarakat menyukai dan menggunakan aplikasi dan startup unik.

Munculnya berbagai startup teknologi berupa applikasi Android atau iOS apps Apple bukan tanpa alasan. Banyaknya programer handal, kemampuan kerja remote antar daerah bahkan negara menjadi pendorong munculnya berbagai startup aplikasi.

Ditambah lagi, akses Internet di Indonesia khususnya di berbagai kota besar semakin lama semakin membaik. Ini membuat proses development startup teknologi semakin banyak dan mudah.

Namun, tahukah Anda? Menurut pantauan data dari Statista, hingga Juni 2019 ada lebih dari 2,7 aplikasi di Google Play Store. Untuk pengguna iPhone, iPad dan produk keluaran Apple di Apple’s App Store ada lebih dari 1,96 juta aplikasi.

Baca Juga: Startup Pendidikan Ini Disebut Bakal Jadi Unicorn Baru Indonesia

Nah, kalau Anda ingin merintis startup unik baik berupa aplikasi atau yang lain setidaknya harus dapat menarik perhatian calon pengguna agar diinstal. Yuk, kita intip tipsnya berikut ini:

Startup Unik dari Masalah Masyarakat

Yuk, kita tilik startup Gojek. Gojek menyelesaikan masalah di masyarakat tentang terbatasnya transportasi. Juga, menyelesaikan permasalahan sekaligus terinspirasi tentang tarif ojek pangkalan yang tidak pasti dan tawar menawar antara pengemudi dengan penumpang.

Keunikan model bisnis dan aplikasi teknologi startup Gojek sukses mengajak kerjasama jutaan mitra pengemudi diseluruh Indonesia. Tak hanya pengemudi, melalui fitur Go Pay, Gojek mampu menggandeng usahak kecil mikro dan menenegah khususnya sektor kuliner untuk mengembangkan usaha mereka.

Hal ini mampu meyakinkan investor untuk menyuntikkan teknologi terkini yang mereka punya. Google misalnya, disebut-sebut menggunakan teknologi terkini Google Maps untuk Gojek.

Tak hanya teknologi, investor akan menyalurkan uang investasi tak terbatas bagi startup yang mampu memberi dampak luas untuk masyarakat.

Baca Juga: Intip Rahasia Hasilkan Uang dari Media Sosial

Startup Aktualisasi Diri

Bangun Startup Unik? Intip Tips Suksesnya Disini

Sebelum membahas dari sisi teknologi, kita tilik teori tentang kebutuhan dasar manusia dari Maslow tentang aktualisasi diri.

Aktualisasi diri adalah kebutuhan untuk membuktikan dan menunjukan dirinya kepada orang lain. Pada tahap ini, seseorang mengembangkan semaksimal mungkin segala potensi yang dimilikinya. Kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan keinginan yang terus menerus untuk memenuhi potensi.

Mungkin terdengar membingungkan, namun cukup banyak aplikasi yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi manusia. Dan, sukses digunakan banyak orang.

Instagram dan Tik-Tok adalah startup yang mengakomodir keinginan manusia tentang aktualisasi diri. Instagram misalnya, menjadi tempat untuk menunjukkan baju apa yang dikenakan hari ini, apa makanan yang dimakan sampai tempat wisata terkini yang dikunjungi.

Tik-Tok pun demikian. Mejadi tempat untuk menunjukkan bakat-bakat menari, tampilan fisik dan lingkaran pertemanan.

Jadi, potensi aplikasi yang menjawab kebutuhan aktualisasi diri manusia ini kemungkinan besar berkembang dan diterima masyarakat.

Menjadi yang Pertama

Saat ditanya, apa air mineral yang sedang Anda minum? Jawabnya, Aqua. Atau apa mie instant yang enak disantap malam hari? Jawabnya, Indomie.

Dua merk diatas telah menjadi sebutan umum untuk berbagai merk barang yang sejenis. Mereka sukses selama bertahun-tahun menggunakan tips ‘yang pertama’. Artinya, mereka yang pertama mengenalkan kepada masyarakat.

Di bidang teknologi, contoh menjadi yang pertama untuk dibahas adalah Ruangguru. Mereka sukses menjadi yang pertama dengan mempertemukan murid sekolah dengan guru melalui ruang virtual.

Model bisnis ini agaknya cocok diterapkan di Indonesia. Apalagi, teknologi komunikasi dan kecepatan akses Internet dapat menjadi terobosan baru di sektor pendidikan.

Nah, sampai disini sudah mendapat gambaran kan bisnis apa yang hendak Anda bangun? Jangan ragu, kalau ada yang ingin kamu ulas melalui kolom komentar dibawah ini.

One comment

  1. Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. com

Leave a Reply