Asuransi Bisnis, Begini Pentingnya Untuk Lindungi Usaha Anda

Asuransi bisnis dan asuransi kesehatan, masih dipandang sebagai barang mewah dan belum mendapat perhatian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun untuk asuransi kesehatan, pemerintah telah menjalankan program asuransi bersakla nasional bernama BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Di satu sisi, sebagai negara besar dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, potensi bisnis asuransi masih sangat besar untuk beberapa tahun kedepan.

Baca Juga: Daftar Ide Bisnis Tanpa Modal dengan Prospek yang Menjanjikan

Perusahaan asuransi internasional, Ping An misalnya, mulai masuk ke Indonesia dan menggarap pasar asuransi termasuk asuransi bisni. Grup Ping An mengelola jasa keuangan pada tiga divisi yaitu asuransi, investasi dan perbankan dengan aset total mencapai US$ 1,3 triliun. Divisi asuransinya, Ping An Insurance adalah perusahaan asuransi terbesar di China dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 230 miliar.

Tak hanya untuk perlindungan diri, asuransi juga perlu saat Anda sedang menjalankan berbagai macam usaha. Ini menjadi perlu agar usaha Anda terlindungi dari berbagai macam resiko yang mungkin saja datang.

Nah, setelah kita membahas industri asuransi di Indonesia yuk kita bahas pentingnya asuransi bisnis untuk melindungi kelancaran bisnis Anda sebagai berikut ini:

Asuransi Bisnis Sebagai Perlindungan Resiko

Dalam bisnis, asuransi memiliki fungsi sebagai pengendalian risiko secara finansial yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain.

Dengan membeli polis asuransi, berarti Anda mengalihkan kerugian atau resiko yang muncul saat menjalankan usaha sesuai dengan akad kredit yang telah disepakati diawal.

Asuransi properti misalnya, menjadi perlindunga resiko untuk aset properti yang Anda miliki. Umumnya, asuransi ini menanggung kerugian pada aset usaha seperti kebakaran, bencana, pencurian, huru hara, dan sebagainya.

Nah dengan memiliki asuransi bisnis, dapat juga menjadi investasi dana dan juga pendapatan yang tak tampak (invisible earnings).

Lebih Berani Menjadi Pengusaha

Ini menjadi manfaat tak langsung dari asuransi. Saat memiliki polis dengan pihak pemberi jaminan yang sifatnya mengalihkan resiko terahadap aset yang dimiliki, maka Anda akan semakin cepat dan berani mengambil berbagai keputusan bisnis.

Perasaan aman terhadap pertanggungan resiko terhadap aset properti, kesehatan, pengiriman barang dan lain-lainnya membuat Anda beserta tim memiliki perasaan tenang dan dapat mengalihkan perhatian kepada strategi pengembangan bisnis lainnya seperti perluasan penjualan dan marketing.

Namun, hal ini harus dibarengi perhitungan yang matang. Jangan sampai asuransi yang Anda miliki untuk melindungi aset menjadikan Anda lalai melakukan pemeliharaan rutin terhadap berbagai inventaris yang dimiliki.

Asuransi Bisnis Sebagai Jaminan Pengiriman Barang

Asuransi Bisnis, Begini Pentingnya Untuk Lindungi Usaha Anda

Kegunaan ini lebih spesifik bagi Anda yang menjalankan usaha perdagangan atau transportasi. Pada kegiatan ini, pengiriman barang kepada pembeli merupakan bagian penting agar uang modal dapat terus berputar.

Pengiriman barang memutuhkan jaminan bahwa barang yang sudah dipesan atau dibeli sampai kepada pembeli dalam keadaan sesuai kesepakatan awal.

Namun, bisa saja saat proses pengiriman terjadi berbagai kejadian. Misal, barang hilang, rusak, atau bahkan tidak sampai ke tangan pembeli. Tentu, selain menjadi kerugian penjual yang masih menjadi tanggungannya ini juga menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap Anda.

Nah, agar tidak terjadi maka asuransikan pengiriman barang Anda kepada pihak yang menyediakan asuransi bisnis.

Pengganti Kerugiaan

Manfaat terakhir yang Anda miliki adalah jaminan penggantian kerugian dari penyedia asuransi terhadap aset, barang atau properti yang Anda tautkan dengan kesepakatan awal.

Penggantian kerugian ini dapat Anda urus setelah terjadi berbagai peristiwa sesuai polis yang Anda tandatangani bersama. Namun, biasanya penyedia asuransi akan terlebih dulu melakukan investigasi terhadap perisitiwa yang terjadi.

Nah, bagaimana pengalaman Anda dengan asuransi bisnis ini? Yuk ceritakan melalui kolom komentar dibawah ini ya.

Leave a Reply