Apa Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org ?

Apa Perbedaan Wordpress.com dengan Wordpress.org ?
Apa Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org ?

Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org – Halo semua, apa kabar ? semoga sahabat semua dalam keadaan baik. Kali ini admin kodingin.com akan menulis artikel dengan topik wordpress yaitu mengenal perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org.

Sebelum memulai mengenal lebih jauh tentang wordpress, anda harus mengetahui perbedaannya terlebih dahulu dengan tujuan pemahaman penggunaan CMS wordpress. Dengan mengetahui tujuan memahami antara wordpress Org dan Com maka tidak membingungkan anda untuk memilih yang mana.

2 Layanan WordPress sebenarnya tujuannya sama, namun pengelolaannya yang berbeda, tujuan membuat website dengan wordress yaitu membuat media informasi yang dapat di akses melaui internet dengan topik bahasan yang telah ditentukan.

Yuk, Kita langsung bahas satu persatu.

Apa Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.Org ?

Kedua layanan wordpress ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing, nanti akan anda pahami setelah mengetahui lebih jauh perbedaan layanan tersebut.

yang pertama mari kita simak apa itu wordpress.org.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org merupakan alamat situs milik wordpress yang berisi panduan, latanan , artikel dan source code yang dapat anda unduh. Apa isi source tersebut ? Source code pada Worpdress.Org merupakan source code inti untuk menjalankan CMS wordpress yang dapat dijalankan dimanapun.

Apa Perbedaan Wordpress.com dengan Wordpress.org ?
Apa itu WordPress.org?

Biasanya hasil unduhan source tersebut nantinya dapat di upload di situs penyedia hosting maupun VPS, namun ada juga yang melakukan percobaan terlebih dahulu di lokal komputer sendiri.

Syarat bisa menjalankan wordpress yaitu sudah terinstall Web Server biasa apache maupun nginx, basis data MySQL dan PHP sebagai inti bahasa program source code nya.

Anda dapat mengunduhnya disitus resminya yaitu : wordpress.org

Kelebihan WordPress.org

Setelah anda mengerti pengertian wordpress.org pastinya sudah terdapat gambaran, mari kita lihat kelebihan wordpress.org.

  1. Memiliki akses penuh terhadap website, anda dapat melakukan custom domain, pemilihan teknologi / infrastruktur.
  2. Dapat mengubah sesuka hati, baik dari segi tampilan maupun sistem yang ada.
  3. Tidak ada batas penggunaan tema dan plugins, pada dasarnya tema dan plugins pada wordpress ini memiliki peran yang lumayan penting.
  4. Anda dapat meningkatkan kecepatan website sendiri dengan pengetahuan yang anda punya.
  5. Dapat memasang iklan dimanapun, baik iklan dari google adsense maupun penyedia iklan lainnya.
  6. Dapat membuat Website Toko Online dengan mudah.

Kekurangan WordPress.org

  1. Memerlukan biaya yang lebih untuk membeli domain dan media penyimpnan / hosting.
  2. Memerlukan pengetahuan mengenai pemrograman khususnya HTML, CSS dan PHP.
  3. Bertanggung jawab penuh mengenai keamanan website yang anda bangun.

Sudah paham ? saya harap anda sudah paham mengenai wordpress.org. Sekarang kita lanjutkan membahas wordpress.com.

Apa itu WordPress.com?

WordPress.org semacam blogspot, yaitu layanan dari worpress yang siap digunakan langsung, anda hanya menginstall dengan penduan yang ada akan terbuat dengan cepat. WordPress/ untuk mempermudah orang yang belum mengerti pemrograman namun ingin memiliki website pribadi maupun website berita.

Apa Perbedaan Wordpress.com dengan Wordpress.org ?
Apa itu WordPress.com?

WordPress.com dibangun untuk menarik minat pelanggannya untuk dimanjakan, bagaimana tidak bahwa menggunakan wordpress.com sudah tersedia langsung hosting dan domainnya. WordPress.org sangat cocok buat kalian yang masih belajar CMS wordpress.

setelah paham pengetahuan dasar mengenai wordpress.com mari kita lihat kelebihan dan kekurangan wordpress.

Kelebihan WordPress.com

WordPress.com tidak kalah lebihhannya dengan wordpress.org, mari kita lihat kelebihannya.

  1. Dapat menghemat biaya pembuatan website, karena tidak perlu membeli domain dan hosting.
  2. Tidak perlu belajar mengenai bahasa pemrograman PHP, cukup anda mengubahnya dengan motede klik dan tarik ( drag and drop).
  3. Mempunayi celah keamanan lebih baik, karena yang memiliki akses penih terhadap website anda yaitu wordpress itu sendiri.

Setelah kita tahu kelebihan wordpress.com , kita juga harus tahu mengenai kekurangannya

Kekurangan WordPress.com

  1. Tidak dapat menggunakan nama domain sendiri, jadi situs website anda memiliki sub domain dengan nama .wordpress.com. contohnya : didik.wordpress.com.
  2. Memiliki batas jumlah tema dan plugins yang anda gunakan.
  3. Kepemilikan website ditanggung berdua, anda dan wordpress. Jadi ketika anda memiliki banyak konten pihak wordpress dapat mematikan maupun menghapusnya.

Kesimpulan

Pemilihan menggunakan wordpress.org dan wordpress.com tergantung anda sendiri dengan contoh ketentuan yang telah saya sebutkan. Secara umum , kedua layanan ini dapat di pakai secara gratis (ini gue demen yang gratis-gratis :)). Ketika anda berniat membangun website skala menengah ke atas sebaiknya menggunakan wordpress.org. Namun ketika anda ingin membuat wesbite sebagai hobi / pencintraan semata dapat menggunakan wordpress.com.

Saya harap dapat dapat menambah ilmu wawasan ini dan dapat mengambil keputusan dengan tepat untuk memperhitungkan manfaat dan dampak dikemudian hari. Perlu di ketahui layanan wordpress ini sangat handal, sebaiknya anda manfaatkan secara optimal untuk keuntungan anda sendiri.

Baca juga : Informasi seputar teknologi dan games mobile legend

Untuk kebutuhan SEO menggunakan wordpress.com kurang optimal karena control yang diberikan tidak sepenuhnya milik anda. Sebagai contoh untuk membuat struktur website yang baik agar mudah ditelusuri google, hal ini harus mengoptimalkan mengenai heading tag pada halaman dengan tag HTML.

Sekian mengenal Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.Org.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply