Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia – Masih Ingatkan kalian mengenai debat Capres dan Cawapres tahun 2019. Pada Debat tersebut ada pokok bahasan mengenai startUp. Mungkin ada beberapa orang yang belum tahu apa itu startUp dan Bagaimana perkembangan startUp di Indonesia.

Mari kita bahas satu persatu, di mulai dari pengertian bisnis startUp.

Apa Itu StartUp ?

StartUp adalah salah satu cabang bisnis yang bergerak di bidang teknologi informasi, web dan internet. Istilah startUp dalam artian peruasahaan yang sedang merintis untuk menjadi semakin baik.

Salah satu contoh hasil sebuah karya yang di hasilkan oleh starUp yaitu Media Informasi. Media Informasi merupakan sebuah portal berita yang membahas tentang informasi yang di jadikan topik utama.

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Perlu di ketahui walaupun secara dasar bahwa startUp bergerak di bidang teknologi, namun terbagi atas beberapa kelompok startUp.

Berikut ini macam-macam kelompok StartUp :

  • Ecommernce / Toko Online
  • Fintech / Pembayaran
  • AI
  • Block Chain
  • dan lainya.

Karakteristik Perusahaan StartUp

Agar bisa membedakan Perbedaan Perusahaan StartUp dengan perusahaan bisnis lain lain maka berikut ini karakterisktik sebauh StarUp :

  • Perusahaan yang berumur kurang dari 3 tahun.
  • Total Karyawan secara keseluruhan kurang dari 20 Karyawan. Dari atas sampai bawah.
  • Masih dalam proses berkembang / merintis untuk lebih baik lagi.
  • Hasil Karya yang di dapatkan berupa sebuah media internet dan aplikasi.
  • Bergerak pada bidang Teknologi Informasi.

Nah itu beberapa karakteristik StartUp.

Tahapan Pendanaan Startup

Pendanaan merupakan salah satu tolak ukur kesuksesan suatu startUp yang sedang di bangun. Semakin besar pendanaan maka semakin besar juga peluang menjadi StartUp yang sukses.

Lalu pendanaan berasal dari mana ?

Perusahaan mendapatkan dana / funding biasanya berasal dari inverstor dan pendiri StartUp iti sendiri. Di sisi lain dana startUp berasal dari produk yang mereka buat, seperti iklan.

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Secara umum terdapat 3 tahapan pendanaan startUp yaitu :

Bootstraping

Bootstraping merupakan dana yang di keluarkan oleh pendiri / penggagas ide terhadap StartUp yang di bangun, baik perorangan maupun kelompok.

Kenapa tidak Investor ?

Investor akan memberikan dana ketika sudah terlihat setengah bahkan sudah jadi terhadap suatu produk.

Seed Funding

Tahapan pendanaan yang kedua yaitu Seed Funding. Seed Funding merupakan pendanaan awal yang di dapatkan oleh perusahaan StartUp tersebut. Seed Funding ini sebagai dasar untuk mendapatkan pendanaan berikutnya. Semakin baik dan layak produk yang di buat maka akan banyak dana yang mengalir.

Funding

Nah pendanaan ketiga ini yang lumayan besar dan sangat membantu untuk kesuksesan sebuah perusahaan StartUp. Tahapan pendanaan yang ketika ini yaitu perusahaan menerima suntikan dana dari Venture Capita.

Venture Capita itu apa ?

Venture Capita merupakan sebuah perusahaan yang bertugas mengumpulkan dana, baik dari perorangan maupun dari kelompok. Sehingga hasil yang di dapat oleh Venture Capita di bagikan kepada Startup yang sedang berkembang.

Lalu, Apa keuntungan yang di dapatkan oleh Venture Capita ?

Sebagai Feedback / timbal balik maka StartUp yang mendapat dana dari Venture Capita akan memberikan saham kepada perusahaan Venture Capita tersebut.

Perkembangan StartUp di Indonesia

Perkembangan StartUp di Indonesia sangat meningkat dari tahun ke tahun, bahkan sekarang ini banyak orang yang ingin mambangun StartUp sendiri. Biasa pelaku bisnis usaha StartUp lebih condong ke orang yang menggeluti bidang Teknologi Informasi dan Pemasaran / Internet Marketing.

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Di kutip berdasarkan hasil survey oleh dailysocial.net sampai saat ini sudah mencapai 1,500 total startUp di Indonesia yang sedang berjalan. Angka yang lumayan besar.

Jumlah StartUp semakin besar di karenakan pada era sekarang teknologi informasi yang menggunakan internet sangat erat kaitannya dengan perilaku manusia dengan cara membantu manusia dalam melakukan suatu hal.

Contoh Perushaan StartUp di Indonesia

Seperti yang saya jelaskan di atas sudah banyak perusahaan StartUp. Bahkan ada beberapa startUp Indonesia yang masuk Unicorn.

Berikut ini contoh StartUp di Indonesia yang sukses dan terkenal.

BukaLapak

BukaLapak merupakan kelompok startUp dengan macam Ecommerce / Toko Online di Indonesia.

Siapa sih sekarang yang tidak tahu bukalaak ?

Hampir semua pengguna internet di Indonesia sudah mengetahui bahkan menggunakan toko online untuk melakukan pembelian maupun penjualan barang dagangannya.

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

BukaLapak di dirikan oleh Achmad Zaky pada tahun 2010, Lulus kuliah dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2014. Pendiri buka lapak ini mempunyai minat di bidang teknologi informasi.

Perkembangan BukaLapak terbilang sangat cepat, faktanya baru berdiri satu tahun yaitu tahun 2011 sudah mencapai 10.000 orang pedagang yang menjual produknya.

Gojek

Gojek hadir dengan tujuan membantu manusia dalam melakukan suatu kegitan. Gojek awalnya digunakan sebagai sarana ojek online saja. Namun seiring berkembangnya waktu banyak sekali layanan yang di berikan oleh Gojek, seperi GO-SEND, GO-FOOD dan masih banyak lagi.

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Gojek sendiri sangat bermanfaat banyak orang baik sebagai konsumen maunpun penyedia. Gojek telah membantu pengangguran untuk bekerja di Indonesia. Salut saya dengan gojek.

Perusahaan StartUp Gojek ini terbilang masih baru tapi sangat cepat meraih kesuksesan. Gojek di dirikan oleh Nadim Makarim pada tahun 2010 di Ibu Kota Jakarta. Tahun berdirinya Gojek sama dengan berdirinya BukaLapak.

Tiket.com

Perusahaan StartUp ketiga yang berhasil meraih kesuksesan yaitu tiket.com. Tiket.com merupakan startUp yang menawarkan sebuah jasa transportasi seperti pesawat, kereta api mapun bus.

Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Tiket.com di dirikan pada tahun 2011 oleh beberapa orang di antaranya :

  • Wenas A
  • Dimas S Yaputra,
  • Atali Ardianto
  • dan M Gaery Undarsa

Tiket.com sendiri mulai akan mengembangkan StartUp nya di luar Negeri, seperti Hongkong, Australia untuk memperluas dan biro kerja sama nya.

Sumber …

  • https://www.finansialku.com/startup-adalah/
  • https://infopeluangusaha.org/pengertian-startup-dan-contoh-bisnisnya-di-indonesia/
  • https://www.maxmanroe.com/apa-itu-startup.html
  • https://dailysocial.id/business/
  • https://www.pahlevi.net/pengertian-startup/

Baca Juga…

2 Comments

  1. […] Baca Juga : Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia […]

  2. Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. com

Leave a Reply