Apa itu Pemrograman Visual ? Inilah Ulasan Lengkapnya !

Apa itu Pemrograman Visual ? Inilah Ulasan Lengkapnya !
Apa itu Pemrograman Visual

Pemrograman visual adalah metode menciptakan program di mana programmer membuat koneksi antara objek dengan menggambar, menunjuk dan mengklik diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur.

Jadi, programmer dapat membuat program dengan mengklik ikon yang mewakili rutinitas pemrograman secara umum.

Dalam mengeksekusi kode program, pemrograman visual adalah konsep yang dikendalikan oleh peristiwa, yaitu eksekusi berdasarkan peristiwa tertentu.

Setiap acara memiliki kode programnya sendiri yang disimpan dalam suatu fungsi. Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau prosedural yang mengeksekusi kode program dari awal hingga akhir program berturut-turut.

Dalam konsep suatu objek, dua komponen diidentifikasi, yaitu:

  • Properti atau atribut, yang memiliki nilai dan nama.
  • Acara (fungsi, metode, tindakan, perilaku) yang hanya memiliki nama.

Apa itu Pemrograman Visual ?

Konsep suatu peristiwa dalam suatu objek dianggap sangat penting karena objek tidak akan melakukan suatu tindakan atau suatu kegiatan, objek hanya akan diam jika tidak ada peristiwa yang diberikan. Seperti yang kita ketahui, objek itu hanya objek dan tidak pernah melakukan tindakan jika tidak ada perintah untuk memindahkannya.

Definisi Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Merupakan cara berpikir dan logika baru dalam menghadapi masalah yang akan dicoba diatasi dengan bantuan komputer.

OOP, tidak seperti Structured Programming yang mencoba melihat masalah melalui pengamatan dunia nyata di mana setiap objek adalah entitas tunggal yang memiliki kombinasi struktur data dan fungsi tertentu. Ini berbeda dengan pemrograman terstruktur di mana struktur dan fungsi data didefinisikan secara terpisah dan tidak terkait erat.

Pemrograman Berorientasi Objek Menekankan Konsep-Konsep Sebagai Berikut:

Kelas

Kelas merupakan kumpulan definisi dan fungsi data dalam suatu unit untuk tujuan tertentu. Misalnya ‘kelas anjing’ adalah unit yang terdiri dari definisi data dan fungsi yang merujuk pada berbagai jenis perilaku / turunan dari anjing. Kelas adalah dasar modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi objek.

Kelas biasanya harus dikenali oleh non-programmer bahkan jika itu terkait dengan domain masalah yang ada dan kode yang terkandung dalam kelas harus (relatif) independen dan independen (karena kode digunakan jika tidak menggunakan OOP).

Dengan modularitas, struktur suatu program akan terkait dengan aspek masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Metode ini akan menyederhanakan pemetaan masalah ke suatu program atau sebaliknya.

Objek

Objek untuk embungkus data dan fungsi menjadi satu unit dalam program komputer; objek adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam program komputer berorientasi objek.

Abstraksi

Abstraksi merupakan kemampuan suatu program untuk melalui aspek-aspek informasi yang diolahnya, yaitu kemampuan untuk fokus pada inti. Setiap objek dalam sistem berfungsi sebagai model “aktor” abstrak yang dapat melakukan pekerjaan, melaporkan dan mengubah keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lain dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan.

Proses, fungsi atau metode juga dapat diabstraksikan, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan deskripsi.

Enkapsulasi

Enkapsulasi untuk memastikan pengguna suatu objek tidak dapat menggantikan keadaan bagian dalam objek dengan cara yang tidak benar; hanya metode di objek yang diberikan izin untuk mengakses situasi.

Setiap objek mengakses antarmuka yang menyebutkan bagaimana objek lain dapat berinteraksi dengannya. Objek lain tidak akan tahu dan bergantung pada representasi dalam objek.

Polimorfisme

Polimorfisme,berarti “banyak bentuk”. Dalam pemrograman berorientasiobjek, polimorfisme berarti pesan (permintaan yang telahdigeneralisasi) memberikan hasil yang berbeda berdasarkan objek yangdikirim.

Polimorfisme sangat berguna karena programmer dapat membuat prosedur mengenai objek dari tipe yang tidak diketahui, tetapi akan diketahui ketika program dimulai pada komputer.

Dari konsep di atas, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang jelas antara OOP dan pemrograman visual. Pemrograman berorientasi objek berperan dalam menentukan rutinitas pemrograman sementara pemrograman visual secara visual mendefinisikan bagaimana programmer atau pengguna menjalankan program sehingga kita dapat mengetahui tampilan nyata dari program.

Sekian Artikel mengenai Pengertian Pemrograman Visua.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply