Apa itu CRM dan Pengaruhnya Terhadap Brand Anda

Brand memiliki kekuatan untuk menarik pengunjung agar membeli dan merupakan salah satu intangible value dalam bisnis. Untuk memperkuat value brand Anda, Customer Relation Management atau CRM dapat mempersingkat dan mempermudah proses Anda.

CRM meningkatkan brand awareness pelanggan, asosiasi brand, dan brand loyalty. Bisnis Anda akan jadi lebih efektif dalam menyediakan layanan dan produk untuk pelanggan. Dengan alasan ini saja, sudah seharusnya Anda mempertimbangkan CRM sebagai salah satu strategi perusahaan.

Bagaimana CRM bisa membantu mengembangkan bisnis Anda?

Secara garis besar, CRM dapat memilah dan mensortir klien yang baik dan klien bermasalah. Anda tentunya tidak ingin mempunya klien yang merepotkan dan rewel.

Baca Juga :

Klien seperti ini pada akhirnya akan membawa dampak buruk bagi brand Anda dalam jangka Panjang jika Anda tidak segera memutus kerja sama.

CRM mempermudah untuk menyeleksi pelanggan.

Taktik untuk mengimplementasikannya, antara dengan membuat sistem Customer Relation Management yang komprehensif, terintegrasi dengan aksi dan penanganan oleh Customer Service Anda. Karena itu, penting jika Anda sudah memiliki tim proyek yang khusus menangani CRM, yang mengatur komitmen penanganan pelanggan berstrategi.

Mengapa CRM Penting?

Untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang, Anda harus memiliki stok pelanggan yang banyak. Pelanggan inilah yang harus Anda konversi menjadi pembeli produk.

Dengan CRM, Anda bisa:

  • mengumpulkan informasi tentang pelanggan-pelanggan Anda,
  • dimana posisi mereka dalam sales funnel Anda,
  • bagaimana buyer’s journey mereka, dan
  • apa yang harus Anda lakukan agar bisa membuat mereka terkesan dengan bisnis Anda?

Tidak perlu khawatir jika data CRM Anda tidak lengkap, asalkan tidak ada kesalahan. Karenanya Anda harus berinvestasi dengan sistem CRM yang berkualitas, agar bisa mengidentifikasi pelanggan, memahami mereka, dan bagaimana Anda bisa membantu mereka.

Ketika Anda memiliki data ini, Anda bisa menawarkan produk atau jasa Anda baik melalui up-sell maupun cross-sell.

Keuntungan CRM bagi Brand Value Anda

Berikut ini Keuntungan CRM bagi Brand Value Anda :

CRM dapat meningkatkan sistem manajerial bisnis Anda

Dengan sistem CRM yang terintegrasi, Anda bisa membuat kumpulan data pelanggan yang akurat, minim human-error, mudah ditransferkan antar departemen di bisnis Anda. Proses pencarian pun lebih singkat dengan sistem komputerisasi.

Meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan CRM

CRM memiliki standar penanganan pelanggan yang sama. Terlepas siapa yang menangani seorang klien, jawaban dan prosedur yang perusahaan berikan akan selalu sama.

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda complain ke suatu perusahaan, dan perusahaan tersebut bilang akan mem-follow up masalah Anda, tapi tidak ada follow-up hingga seminggu kemudian?

Lalu Anda harus menghubungi perusahaan tersebut dan menjelaskan masalah Anda lagi.

Bayangkan ini adalah perusahaan Anda. Kalau kompetitor memiliki sistem CRM yang lebih baik, besar kemungkinan Anda akan cepat bangkrut.

CRM meningkatkan efisiensi kerja tim

Dengan sistem CRM yang berkualitas, tim Anda hanya perlu mengakses data tertentu untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan. Tim yang menangani penjualan, marketing, dan pelayanan pelanggan bisa bekerja sama dengan efisien.

CRM mempermudah analisis data dan laporan

Jangan sampai kesalahan informasi akibat human-error menjadi penyebab gagalnya usaha Anda. Dengan sistem CRM terintegrasi, Anda bisa membuat laporan secara otomatis, dan menampilkan metrik yang Anda perlukan untuk berkembang.

Apa itu CRM dan Pengaruhnya Terhadap Brand Anda
Apa itu CRM dan Pengaruhnya Terhadap Brand Anda

Pelanggan akan merekomendasikan bisnis Anda jika pelayanan yang Anda berikan dapat memudahkan mereka dan sesuai dengan ekspektasi.

Penanganan pelanggan yang buruk karena tidak adanya Customer Relation Management dalam bisnis Anda bisa berakibat fatal. Jaga lead Anda dan rawat mereka karena merekalah yang membuat Anda berkembang.

Leave a Reply