Kodingin

Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Memulainya

Internet sudah menjadi ladang penghasilan bagi orang-orang yang tahu cara memanfaatkan peluang bisnis. Kebanyakan mereka sudah tidak mau lagi bekerja kantoran dan memilih bekerja dari rumah di depan komputer.

Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Memulainya
Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Memulainya

Uang bisa mereka dapatkan di mana saja dan kapan saja, bahkan saat tidur. Jika Anda tanya apa yang mereka lakukan, maka jawabannya adalah affiliate marketing.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan online dengan mengajak orang lain (dalam bahasa Indonesia disebut afiliasi) untuk memasarkan produk, dan memberikan komisi pada affiliate tersebut. Strategi ini sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis dan juga afiliasi.

Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Memulainya
Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Memulainya

Affiliate Marketer atau pelaku pemasaran afiliasi, cukup mencari produk atau jasa yang mereka suka dan mempromosikan produk/jasa tersebut. Ketika ada pembeli yang membeli dari jalur afiliasi mereka, mereka akan mendapat komisi. Penjualan melalui program afiliasi ini umumnya sudah bisa dilacak dengan sistem yang disediakan pemiik bisnis.

Bagaimana Affiliate Marketer dibayar ?

Affiliate Marketing adalah salah satu cara mudah dan murah untuk mendapatkan uang dari internet tanpa harus benar-benar menjual sesuatu dan memasarkannya. Kalau Anda serius ambil bagian sebagai Affiliate Marketer, Anda bisa memperoleh keuntungan jangka panjang yang lumayan.

Baca Juga : Alternatif Iklan Selain Adsense

Tergantung perusahaan dan program afiliasi yang ditawarkan, Anda bisa mendapat komisi berbeda. Antara lain :

Pay per sale

Ini adalah pembayaran komisi standar. Dengan sistem ini, perusahaan membayar Anda sebagai seorang affiliate ketika ada pengunjung yang membeli produk melalui tautan afiliasi Anda. Biasanya dalam jumlah persen. Singkatnya, Anda harus membuat seseorang membeli produk perusahaan lebih dulu sebelum Anda mendapat komisi.

Pay per lead

Sistem ini lebih rumit untuk praktisi afiliate. Anda mendapat kompensasi berdasarkan konversi lead. Anda harus merayu pelanggan untuk mengunjungi website perusahaan dan pelanggan tersebut harus terkonversi menjadi lead. Entah dengan mengisi formulir, mendaftar untuk free trial, atau mendowload software atau file.

Pay per click

Program afiliasi dengan metode pembayaran pay per click mengharuskan Anda untuk mengarahkan pelanggan dari platform pemasaran Anda, ke perusahaan. Ini artinya Anda harus bisa mempengaruhi pelanggan untuk pindah dari website afiliasi Anda ke website perusahaan. Anda mendapatkan pembayaran berdasarkan peningkatan trafik website perusahaan.

Mulai Sebagai Affiliate Marketer

Untuk bisa sukses sebagai di bidang affiliate marketing, ada hal-hal dasar yang harus Anda miliki seperti kemampuan untuk meningkatkan interaksi (engagement) dengan audiens.

Baca Juga : 3 Daftar Situs Menulis Artikel di Bayar dengan Harga Mahal

Tidak semua affiliate marketer mempromosikan produk/jasa dengan cara yang sama. Anda bisa memilih salah satu cara di bawah ini.

Menjadi Influencer

Influencer memiliki kapasitas untuk mempengaruhi audiens dalam skala besar. Seorang Influencer bisa mendapat banyak keuntungan dari affiliate marketing karena sudah memiliki sejumlah followers, dan akan lebih mudah mengarahkan mereka untuk melakukan satu hal, yang merupakan esensi program afiliasi.

Menjadi Blogger

Jika Anda suka menulis di platform blogspot atau wordpress, Anda memiliki potensi untuk berkembang dengan affiliate marketing sebagai seorang Blogger. Umumnya, blogger akan mencoba produk atau jasa, lalu menulis review yang mempromosikan produk tersebut dengan teknik persuasi, membuat pembaca ingin membeli produk/jasa tersebut.

Affiliate marketing cocok untuk Anda jika ingin mendapatkan uang berdasarkan performa. Dalam jangka panjang, affiliate marketing bisa menghasilkan passive income yang menggiurkan, seiring dengan populernya media sosial, blog, review, dan berbagai platform baru yang bermunculan.

Baca Juga…

Leave a Reply