9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install WordPress

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install Wordpress
9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install WordPress

Hal penting yang harus di lakukan setelah install WordPress dapat memmbuat website anda lebih baik laig. Keberadaan website tentunya akan memudahkan mendapatkan informasi secara onliine melalui internet. Salah satu platform pengembang situs pembuatan website / CMS yaitu WordPress.

Pada tahap ini tentunya anda baru saja menginstall wordpress. Ketika anda seorang programmer wordpress pasti sudah mengerti hal yang perlu dilakukan setelah menginstall wordpress. Namun Bagi pemula pasti akan bingung hal apa saja yang perlu diakukan.

Bukankah ketika wordpress sudah berhasil di install saatnya memgisi dengan konten yang menari ?

Jawabannya : Iya, namun perlu diketahui anda harus mengatur beberapa kebutuhan yang perlu dilakukan, contohnya sepeti membuat slogan website yang baik ataupun menambah logo. Website yang baik yaitu website yang bermanfaat.

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install WordPress

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah install wordpress, hal ini guna meningkatkan kualitas website atau blog yang sedang anda bangun. Buatlah pengunjung nyaman ketika menjelajahi website anda.

Apa saja yang perlu di lakukan ? Yuk kita bahas satu persatu.

Lengkapi Informasi Website

Untuk melengkapi informasi website anda bisa masuk ke menu serttings > General, maka akan anda temukan tampilan sepertii gambar di bawah ini.

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install Wordpress
Hal yang penting yang harus di lakukan setelah install WordPress

Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat meperoleh informasi mengenai website anda dan tema yang di bahas pada bagian konten yang ada. Pengaturan dasar untuk melengkapi website anda yaitu Site Title dan Tagline.

Contoh Penerapan pada website kodingin.com yaitu dengan menggunakan Site Title dengan nilai Kodingin dan Tag Line denan nilai Belajar Pemrograman Web di Kodingin itu sangat mudah.

Untuk pengaturan site address juga perlu dilakukan guna untuk menentukan apa alamat URL yang anda sedang gunakan, selain alamat URL juga protokol yang anda miliki. Jika anda memiliki SSL maka harus dihanti http menjadi https.

Hal yang tidak kalah penting anda juga perlu mengubah Site Language / Pengaturan bahasa, bahasa yang di maksud di sini bahasa pada halaman panel admin / dashboard. Ubahlah bahassa sesuai dengan bahasa yang anda mengerti.

Jangan lupa ketika mendafatar wordpress email yang anda masukan tidak aktif anda juga dapat menggantinya dengan email yang aktif di kolom Email Address. Keberadaan email yang aktif sangat penting, salah satu ketika anda mengalami lupa kata sandi.

Mengubah Permalink menjadi SEO Friendly

Secara bawaan permalink URL pada wordpress memiliki struktur yang bisa sayang bilang lumayan panjang, hal ini tidak ramah terhadap pengguna dan tidak disuka google karena terlalu panjang, serta terdapat lebih dari satu pembatas permlink.

Untuk mengatur / merubah permalink anda bisa masukan pada menu Settings > Permalinks, maka anda akan diberikan beberapa pilihan struktur permalink.

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install Wordpress
Hal yang penting yang harus di lakukan setelah install WordPress

Struktur Permalink default berada pada pemilihan Common sertings Day and name,sehingga hasil dalam bentuk URL seperti http://example.devjavu.net/2019/06/24/sample-post/.

Silahkan ubah pengaturan permalinks dengan kesukaan search engine google menjadi dengan fomat settings common Post Name. Sehingga bentuk permalink akan berubah seperti http://example.devjavu.net/sample-post/.

Untuk mengatur permalinks ini ssangat penting dilakukan diawal sebelum anda menerbitkan konten, agar tidak ada perubahan permalink yang di index google. Kasusnya gini, misalnya anda punya artikel dengan permalink kodingin.com/2019/06/24/belajar-pemrograman dan URL tersebut sudah di index google.

Jika anda mengganti setelah konten terbit maka harus melakukan submit URL ulang di dalam web master sembari menunggu robot google menelusi situs website anda.

Menambahkan Contact Form

Contact Form di gunakan untuk memberikan fasilitas pengujung dengan tujuan dapat menghubungi pemilik webiste. Keliahan tidak terlalu penting, namun jangan menganggap remeh hal ini. Siapa tahu ada rejeki untuk kita.

Contact Form juga sebagai alternatif jika tidak ada fasilitas menu chatting, pengunjung juga dapat memberikan pesan ke anda dengan tujuan apapun itu. Sebagai contoh hal yang penting yaitu website toko online, contact form sangat berperan penting agar calon pembeli bisa menanyakan produk yang dipilih.

Untuk menambahkan Contact Form tidak sulit dilakukan, cukup dengan menginstall plugin yang gunanya untuk membuat kontak form. Plugins contact form sangat banyak sekali namun saya merokomendasikan yaitu plugin dengan nama Contact Form 7.

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install Wordpress
Hal yang penting yang harus di lakukan setelah install WordPress

Contact Form 7 sudah di install dan digunakan sebanyak 5 juta pengguna wordpress dan meiliki rating yang lumayan baik yaitu 4 rating. Selain digunakan secara gampang / mudah , plugins contact form 7 ini dapat anda gunakan secara gratis.

Membuat Sitemap XML

Sitemap mempunyai peranan penting dalam website anda, sitemap digunakan untuk memberi tahu google search engine memberitahukan URL apa aja yang berada di website anda. Bentuk Sitemap sendiri berbagai macam tergantung menurut pengguna wordpress mana yang di anggap lebih baik.

Format Sitemap berupa XML, jadi setiap nama sitemap dikahiri dengan ekstensi.xml. Format XML juga dapat diberikan pengaturan tampilan, contohnya ketika anda ingin mengubah latarnya menjadi warna yang anda inginkan.

Setelah anda tahu bahwa sitemap sangat penting maka hal wajib untuk memasangnya. Untuk memasang Sitemap di wordpress cukup mudah. Terdapat banyak pilihan plugins untuk membuat sitemap di wordpess. Ada 2 rekomendasi dari dari saya yaitu google sitemap XML dan SEO Yoast.

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install Wordpress
Hal yang penting yang harus di lakukan setelah install WordPress

Kedua plugin tersebut sangat populer di wordpress karena di anggap 2 plugin sitemap tersebut sangat sakti dan membuat google cepat menelusuri situs wordpress anda. Anda bisa melihat contoh sitemap saya dengan menggunakan SEO Yoast di kodingin.com/sitemap.xml.

Ada beberapa maca bentuk sitemap yang menurut saya lumayan baik dari atas kebawah dan wajib di coba sebagai berikut.

  1. Sitemap ditampilkan berdasarkan post, tag dan page ,serta category.
  2. Berdasarkan waktu, misalnya menampilkan sitemp berdasarkan bulan.
  3. Menampilkan seluruh isi permalink tanpa pengelompokan.

dari 3 bentuk sitemap tersebut saya merekomendasikan dengan pilihan nomor 1 yaitu menampilkan dengan pengelompokkan berdasarkan tags, posts, pages dan caegories.

Menghapus Tema dan Plugin yang tidak di pakai

Tema dan plugin yang tidak dipakai mempunyai dampak membuat memori penyimpanan anda semakin sedikit. Selain itu dengan adanya banyak plugin dan tema akan membuat website wordpress anda berjalan relatif lambat.

Untuk menghapus tema anda harus pergi ke menu Appearance > Themes. Saya yakin pasti terdapat banyak tema yang tidak dipakai karena berasal dari tema bawaah ketika anda menginstall wordpress pertama kali. Silahkan pilih themes dan plih pilihan delete untuk menghapusnya.

Sedangkan untuk menghapus plugin anda pergi ke menu Appearance > Plugins. Maka akan tampil semua plugin dengan status aktif maupun tidak aktif. Silahkan hapus plugin yang sia-sia / plugin yang tidak anda gunakan.

Secara bawaan akan ada plugin Hello Dolly yang tidak digunakan, silahkan hapus plugins tersebut jika anda tidak ingin menggunakan untuk pemanfaatan situs website wordpress yang sedang anda kelola.

Mengatur SEO Friendly

Siapa sih yang tidak ingin di halaman pertama mesin pencarian Google ? Hampir semua pemilik website ingin website nya dikenal oleh siapapun itu apalagi yang mengunjungi orang yang tertarget dengan baik.

Sebenarnya ketika anda melakukan hal di atas poin ini secara tidak langsung membuat website anda mengatur dasar SEO namun belum maksimal.

Untuk memaksimalkan SEO pada website anda maka harus menginstall Plugin yang bernama Yoast SEo. Plugin Yoast SEO ini sangat populer dan hampir semua wordpress terinstallnya. Plugin SEO yang sakti karena memiliki banyak fitur yang tidak perlu diragukan lagi. Lain kali penulis akan membahas YOAST SEO secare detail.

Sebagai gambaran fitur yang dimiliki plugins yoast yaitu sitemap XML, robots, robots.txt, analisa penulisan konten, dan masih banyak lagi.

Mendaftarkan ke Webmaster Console

Mendaftarkan ke webs master contole sifatnya sangat wajib sekali, karena semua website akan di analisa oleh web master dan memberikan informasi yang baik untuk kebutuhan website kita.

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install Wordpress

Saat ini webmaster console mengalami perubahan tampilan dan menu fitur yang lebih baik, hal ini sangat bermanfaaat sekali untuk pada pemilik website agar berlomba-lomba memaksimalkan website yang sedang dikelola.

Untuk menambahkan kode pada wordpress anda semua sudah disediakan oleh plugin Yoast yang baru saja anda install, silahkan masukan kode verifikasi untuk mendaftarkan ke web master Google Console.

Memasang Google Analytics

Google analitycs digunakan google untuk melihat terkait pengujung website anda, hal ini dengan syarat ketika website anda sudah memiliki banyak pengunjung. Ketika tidak memiliki pengujung juga tetap dipasang, namun anda jangan sedih ya melihat statistikanya.

Google Analitycs bukan terbatas pada jumlah visitornya saja namun diberikan informsi yang lengkap, salah satu contohnya pengunjung berasal dari negara mana akan ditampilkan secara rinci.

Google anailitycs juga menampilkan tentang artikel bersadarkan URL anda, google analitycs juga menampilkan artikel mana yang banyak pembacanya dan berapa lama pengujung menjelajahi website anda.

Artinya google analitycs mencatat seluruh kejadian yang dilakukan pada website anda, mulai dari klik hingga waktu lama membaca artikel anda. Ketika anda mendaftar google analitycs maka akan dikasih sebuah kode, kode tersebut bisa dimasukan ke wordpress anda dengan bantuan plugins Yoast SEO yang sudah kalian install.

Mengatur Keamanan WordPress

Agar website anda tidak di serang oleh orang yang tidak bertanggung jawab , biasa di sebut dengan istilah hekel eh hacker maksudnya maka anda haris mengatur keamanan wordpress anda dengan baik.

Untuk mengamankan wordpress anda sangat banyak sekali komponan yang perlu diperhatikan, namun saya akan berikan hal yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat akun login anda dengan username dan kata sandi yang kuat.

Selain itu anda harus menghidupkan hotlink protection pada pengaturan cpanel anda, hal ini akan sedikit membuat website anda lebih aman. Ada plugins yang membuat wordpress anda lebih aman dan terdapat analisa yaitu Wordfence.

Silahkan install plugins wordfence di wordpess anda, plugins tersebut mempunyai pengaturan keamanan yang baik mulai dari scan virus sampai kemanan firewall. Plugins tersbut menyediakan versi gratis dan berbayar.

Kesimpulan

Untuk membuat website dengan wordpress emang lumayan mudah, namun harus dilakukan pengaturan ulang agar memaksimalkan situs website anda.

9 Langkah diatas merupakan hal yang wajib anda lakukan setelah meninstall situs website wordpress anda. Mulai dari kelengkapan komponen hingga pengaturan kemanan website.

Sekian 9 Hal penting yang harus dilakukan setelah Install WordPress.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply