6 Hal yang harus di lakukan setelah install wordpress

Hal yang harus di lakukan setelah menginstall wordpress akan menambah website anda semakin baik. Setalah berhasil di lakukan instalasi wp baik secara online maupun lokal harus di konfigurasi terlebih dahulu. Hal ini di perlukan untuk menambah estetika web anda lebih baik untuk di lihat oleh para pengunjung. Selain itu mengkonfigurasi halaman wordpress agar google atau mesin pencari lainnya menemukan situs anda. Apabila belum mengetahui cara install wordpress dapat di simak postingan Cara Buat wordpress.

 6 Hal yang harus di lakukan setelah install wordpress

1. Mengatur diskripsi blog secara umum

Untuk mengatur blog secara umum tentang identitas blog anda bisa masuk kehalaman Setting – General.

6 Hal yang harus di lakukan setelah install wordpress

Apabila sudah masuk ke halaman pengaturan silahkan lengkapi kolom yang sudah disediakan.

Title : Berfungsi untuk memberi nama blog.
Tagline : Berfungsi untuk memberi tag atau keywoard blog.
URL : Berfungsi untuk mengatur alamat situs blog.

2. Mengubah permalink

Permalink merupakan alamat setelah domain utama untuk menunjukan konten yang tersedia. Permaling pada wordpress secara umum meliputi halaman post dan page.  Penggunaan permalink secara benar akan membuat blog yang telah di buat lebih SEO Friendly. Contoh pengaturan Permalink

6 Hal yang harus di lakukan setelah install wordpress

Silahkan ubah pengaturan permalink pada pilihan post name. Hal ini mengasilkan postingan URL dengan struktur nama domain diikuti link URL postingan.

3. Mengubah template/tema

Secara default setelah menginstall wordpress akan di pihkan sebuah tema dengan nama Tweenty seventeen. Tema sangat pengaruh dengan kecepatan blog , SEO pada blog dan mengenai tampilan yang menarik. Di wordpress mempunyai banyak koleksi tema yang siap untuk di gunakan seuai keinginan. Untuk mengubah tema masuk ke halaman Appearence – Themes . Setelah itu untuk menambah tema baru dapat memilih menu Add New.

6 Hal yang harus di lakukan setelah install wordpress

Gambar di atas merupakan kumpulan tema yang tersedia, silahkan pilih tema sesuai topik blog anda dan menurut anda itu yang cocok. Tips : Pilih lah tema yang simpel/ sederha untuk membuat pengunjung nyaman.

4. Memasang sitemap

Sitemap hal yang sangat penting untuk blog anda, sitemap digunakan untuk mendaftarkan konten anda ke dalam mesin pencari. Sitemap mempunyai format file xml, buat lah sitemap dimana ketika ada penambahan maupun perubahan konten pada blog anda akan menyesuaikan. Salah satu cara untuk membuat sitemap pada menggunakan plugin Google XML Sitemap.

6 Hal yang harus di lakukan setelah install wordpress

5. Membuat halaman penting blog.

Halaman penting digunakan sebagai identitas umum blog anda. Halaman yang perlu ada pada suatu blog yaitu Tentang, Term of Services, RSS, Privary police dan lain – lain. Untuk menambah pages/Halaman bisa ke menu pages – new pages. Tips : Isikan konten halaman meliputi gambar dan keterangan yang lengkap.

6. Mempercepat kinerja blog

Untuk mempercepat kinerja blog agar mempunyai kecepatan yang ringan dapat menggunakan plugin W3 Total Cache. w3 total berfungsi untuk membersihkan setiap kali akses situs blog, hal yang di bersihkan yaitu chace.

Leave a Reply