6 Cara membuat situs web cepat terindex Google

Situs website merupakan media informasi bersifat online untuk digunakan secara publik dalam bentuk halaman web. Situs website dibangun mempunyai tujuan untuk dibaca untuk pihak yang membutuhkan. Sekarang ini teknologi internet sudah sangatlah pesan yang memungkinkan para pengguna mencari informasi menggunakan jaringan internet. Jenis website pun mempunyai beraneka ragam jenis, salah satu nya website berita. Agar penikmat web dapat menemukan situs web di google maka harus dilakukan optimasi yang sesuai.

1. Mendaftarkan Situs web di Webmaster.

Google webmaster merupakan salah satu produk dari google yang berfungsi memberi layanan terhadap pengelola situs web. Dengan menggunakan google web master seorang pengelola web dapat melihat sejauh mana website itu berkembang. Bukan hanya itu pada halaman webmaster juga bisa membatasi hal-hal yang tidak boleh ditampilkan di hasil pencarian google. Di bawah ini cara mendaftarkan situs kedalam webmaster tools google 
6 Cara membuat situs web cepat terindex Google

a. Langkah pertama membuat halaman google webmaster di situs https://www.google.com/webmasters/tools/home, setelah anda membuat situs webmaster silahkan perhatikan fitur yang disajikan. Perlu diingat untuk mendaftarkan situs web ke dalam webmaster syarat wajib yang perlu dimiliki adalah mempunyai akun google. 
b. Langkah kedua silahkan masukkan alamat situs web ke dalam kolom yang sudah disediakan. Pastikan kolom yang diisi sesuai alamat situs web yang valid, apabila menggunakan sertifikat http maka menggunakan protokol https. Apabila kolom sudah terisi dengan benar maka akan dialihkan ke halaman dashboard. 

6 Cara membuat situs web cepat terindex Google
Gambar diatas merupakan halaman situs web master ketika website sudah di daftarkan di google webmaster tools. Pada bagian halaman web sebelah kiri tersedia menu atau fitur yang digunakan untuk mengelolanya. 

2. Gunakan template web yang ringan

Template web yang ringan menghasilkan kecepatan loading website lebih cepat. Hal ini sangat disukai para penikmat web, karena tidak menunggu waktu yang relatif lama. Penggunaan template yang ringan memiliki struktur HTML, CSS dan javascript yang sedikit sehingga load terhadap bahasa program tidak terlalu banyak. 
Penggunaan gambar berpengaruh terhadap kecepatan website, ketika sebuah gambar mempunyai ukuran dan resolusi yang besar maka membutuhkan waktu yang relatif lama, sebaiknya untuk menggunakan gambar pada situs web mempunyai ukuran yang ringan. 

3. Menggunakan tag Heading

Penggunaan tag heading pada website merupakan hal yang penting, tag heading terdiri atas 6 jenis. Semakin kecil ukuran headingnya maka semakin besar tulisan yang di tampilkan. Dalam mesin pencarian google tag yang akan dicari pertama yaitu heading satu. Gunakan heading satu sampai dengan tiga pada situs web. Penggunaan heading sebaiknya tidak boleh ada duplikasi heading setiap satu halaman. 

4. Memberi Title dan Deskripsi web

Pemberian judul dan deskripsi pada halaman web berperan sangat penting, Hal ini yang akan ditampilkan dan ditemukan google pada halaman pencarian. Pembuatan title dan deskripsi sebaiknya mengandung unsur konten suatu situs web. 

5. Membuat konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas membuat para pembaca akan senang membacanya, maka pembuatan konten yang berkualitas sangatlah penting. Membuat konten yang baik sebaiknya minimal 400 kata dan gunakan ejaan yang baik agar mudah untuk dipahami. 
Konten yang berkualitas bersifat lebih original, jadi sebaiknya penulisan konten ditulis secara asli/murni sendiri. Namun ketika konten yang ditulis original tidak menutup kemungkinan terjadi duplikat konten terhadap situs lain, untuk menghindari hal ini sebaiknya dilakukan pengecekan konten plagiat. Jika terdapat duplikasi konten maka sebaiknya ubah susunan kata menjadi berbeda namun mudah untuk dipahami. 

6. Membagikan ke media sosial

Sekarang ini di dunia internet banyak sosial media , bahkan sosial media itu sendiri sangatlah favorit digunakan dari kalangan remaja sampai dewasa. Maka dari itu ketika membagikan situs web di sosial media maka dapat menghasilkan pembaca dari pengguna sosial media. Media sosial yang paling sering digunakan untuk berbagi yaitu facebook. Di situs facebook terdapat fitur fanspage, maka sebaiknya membuat fans page pada facebook dan mengirim postingan berupa situs halaman web agar halaman web mendapat banyak pengunjung.
Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply