6 Alasan Kamu Harus Mulai Investasi Emas

Investasi emas, khususnya emas batangan sepertinya belum banyak diminati generasi millenial yang mulai bekerja dan merintis karir. Padahal investasi emas mudah untuk dilakukan.

Seperti halnya investasi saham atau reksadana, emas khususnya emas batangan merupakan investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang ini akan terasa manfaatnya untuk kamu setelah 10 tahun berinvestasi.

Bagi generasi millenial berumur 20-an tahun, yang telah mempunyai sumber pemasukan dari gaji tentu harus mulai memikirkan langkah investasi. Terlebih, dengan gaya hidup sekarang dimana pengeluaran terbanyak untuk konsumsi dan wisata.

Manusia memiliki sejarah panjang dengan jenis logam emas. Selama ratusan tahun, emas menjadi simbol kemakmuran sekaligus tabungan penjamin masa depan. Bahkan, beberapa negara masih menjaminkan nilai mata uangnya dengan cadangan emas yang dimiliki.

Baca Juga :

Sebelum memilih emas seabagai sarana investasi, perlu kamu pahami sebaiknya memilih emas batangan dibanding emas berbentuk perhiasan. Mengapa memilih emas batangan dibanding emas perhiasan?

Perlu dipahami, bahwa harga jual emas perhiasan terdapat komponen biaya pembuatan dan desain oleh toko perhiasan yang ditanggung oleh pembeli. Namun, biaya ini tidak diperlihatkan saat melakukan pembelian.

Sebaiknya, pilih emas berupa batangan yang dijual di gerai Antam. Emas batangan yang dijual, dielengkapi dengan nomer seri dan sertifikat keaslian.

Sebagai pertimbangan kamu, Kodingin mengulas enam alasan untuk memulai investasi emas:

Harga Emas Terus Naik

Sebagai sarana investasi, tentunya harus memiliki imbal balik yang besar dong. Asyiknya, emas memiliki kecenderungan harga yang terus naik setiap tahun.

Sebagai pilihan investasi jangka panjang, harga emas ditentukan oleh nilai dari emas itu sendiri dan harga pasar internasional. Emas juga alat tukar yang diterima oleh berbagai negara.

Mudah Dijual Kembali

Saat kondisi darurat, emas batangan dapat dengan mudah dijual. Apalagi emas batangan keluaran Antam yang memiliki sertifikat dan nomer seri, diterima dengan baik oleh toko perhiasan atau perorangan.

Tidak Perlu Biaya Besar Investasi Emas

6 Alasan Kamu Harus Mulai Investasi Emas
Emas khususnya emas batangan merupakan investasi jangka panjang

Tidak perlu membeli berkilo emas sebagai investasi awal. Anda dapat memulai denan membeli dari berat yang cukup ringan yaitu satu gram.

Harga satu gram emas berkisar seharga Rp. 540 ribu sampai Rp 600 ribu setiap gramnya. Artinya, dengan menyishkan uang lima ratus ribu setiap bulannya, kamu dapat memulai investasi logam mulai. Dana yang cukup rendah, sebagai langkah awal yang bahkan dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan.

Bahkan, e-commerce Tokopedia dan BukaLapak sudah ada fitur kepemilikan emas mulai dari harga ribuan Rupiah saja. Setelah terkumpul senilai satu gram, maka investasi kamu dapat ditukar fisik logam seberat satu gram.

Mudah Disimpan

Emas mudah untuk disimpan dibanding uang tunai. Bayangkan volume dua gram emas seukuran buku jari dibanding nilainya sebesar kurang lebih Rp 1.500.000, tentunya emas jauh lebih ringan dan tak memakan tempat.

Tentunya memindahkan emas jauh lebih mudah dibanding memindahkan uang tunai ratusan juta Rupiah bukan?

Dengan penyimpanan ditempat kering, emas tidak dapat berkarat karena sifatnya sebagai logam mulia.

Investasi Emas Minim Biaya

Saat membuka rekening tabungan, kamu akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya. Biaya administrasi ini dapat mengurani bunga tabungan kamu.

Berbeda saat menyimpan emas batangan. Kamu, bahkan tidak dikenakan biaya apa pun untuk menyimpannya.

Kepemilikan dan Pengelolaan Sendiri

Saat melakukan pembelian emas batangan, kamu memiliki kepemilikan aset oleh diri sendiri tanpa dibatasi waktu. Berbeda dengan deposito yang memiliki jangka waktu tertentu.

6 Alasan Kamu Harus Mulai Investasi Emas

Memiliki emas sendiri, tentu memiliki kebebasan penuh misal untuk menukarkannya dengan barang lain yang diinginkan. Atau bahkan dijadikan kado untuk orang lain.

Nah, dengan enam keuntungan diatas tentunya dapat menjadi pertimbangan kamu untuk memilih emas batangan sebagai investasi ya.

Baca Juga…

One comment

  1. […] Baca Juga : 6 Alasan Kamu Harus Mulai Investasi Emas […]

Leave a Reply