5 Alasan Mengapa Sistem Operasi Linux Cocok untuk Programmer

Apabila Seorang Programmer ditanya , Mengapa Sistem Operasi Linux  yang Cocok untuk Programmer ? Jawaban atas pertanyaan itu tentunya berbeda-beda setiap individu dan yang pasti menggunakan sistem operasi(SO) linux di landasi dengan kenyamanan dan senang menggunakannya.

Saat ini sistem operasi paling banyak digunakan yaitu windows, linux dan macOS, ketiga sistem operasi memiliki karakter sendiri-sendiri. Namun secara umum tujuannya sudah jelas, tujuan dasar sistem operasi yaitu untuk memudahkan manusia untuk menggunakan komputer. Namun ketika seseorang baru mengenal komputer maka akan lebih mengerti dan paham mengenai sistem operasi linux.

5 Alasan Mengapa Sistem Operasi Linux  yang Cocok untuk Programmer

1. Terhindar dari virus

Sistem operasi linux hanya terdapat kemungkinan kecil terserang oleh virus. Sudah kita ketahui bahwa virus itu tugas merusak file pada komputer dan mempunyai jenis sendiri-sendiri. Ketika saya tidak menggunakan linux maka dapat dengan mudah terserang virus , rata-rata virus masuk ke dalam sistem melalui aplikasi.

Virus juga dapat merusak tatanan file yang sudah kita buat bahkan mampu menghapus, sebagai seorang programmer untuk membuat aplikasi dibutuhkan pemikiran untuk menuliskan sebuah kode program. Maka dari itu untuk menghindari source code yang rusak dapat menggunakan Sistem Operasi linux.

2. Hanya membutuhkan sedikit memori

File sistem pada linux mempunyai ukuran yang relatif kecil, coba amati baik-baik ketika anda selesai menginstall SO linux dan lihat penyimpanan rootnya pasti sangat sedikit memakan memori. Sedangkan sebagai seorang programmer harus mempunyai memori yang banyak untuk mencukupi kebutuhannya, terutama menyimpan source code dan menginstall aplikasi khusus untuk programmer.

Dengan menggunakan sistem operasi linux kita dapat menyimpan banyak pustaka library yang digunakan untuk membangun aplikasi kita. Selain itu dengan ketersediaan memori yang banyak akan lebih cepat kinerja yang dilakukan, misalnya ketika menjalankan aplikasi emulator android studio, maka selain di dukung RAM yang mencukupi memori juga berperan penting.

3. Gratis dan Open Source

Linux dapat digunakan secara gratis namun anda juga dapat melakukan donasi terhadap pengembang sebagai tanda berterima kasih. Dengan menggunakan sistem operasi linux kita bebas melakukan kebebasan terhadap sistem operasi tersebut. Kebebasan terhadap sistem operasi yaitu anda dapat mengubah source code bawaan linux secara bebas, menyebarkan luaskan nya maupun memperbarui nya. Namun sebelum mengubah source code Sistem operasi linux sebaiknya pelajari dahulu mengenai penggunaan linux.

4. Mengurangi bermain Games

Game emang asik untuk dimainkan namun akan lebih baik lagi ketika mengganti kebiasaan bermain game menjadi kebiasaan untuk ngoding. Pada dasarnya sistem operasi linux tidak di fokuskan untuk bermain game maka wajar apabila game yang terdapat di sistem operasi linux sangat sedikit.

Game yang banyak digemari oleh sebagian orang difokuskan untuk sistem operasi windows, maka ketika bermain game windows pilihan sistem operasi yang cocok. Namun sebagai seorang programer harus dapat mengurangi bermain game dan semakin rajin untuk menuliskan kode program.

5. Halal untuk digunakan.

Sudah saya bahas di atas bahwa sistem operasi linux disediakan secara gratis maka ketika kita menggunakan sistem operasi tersebut maka tidak ada unsur pencurian. Ketika sistem operasi yang kita gunakan aman maka akan lebih merasa leluasa untuk menggunakannya dan berkah dunia akhirat.

Ketika membangun aplikasi menggunakan aplikasi/sistem operasi yang halal maka tidak ada rasa was-was dan fokus ke coding yang telah dibuat. Dengan anda menggunakan sistem operasi linux berarti anda tidak melakukan pembajakan.

6. Mendukung banyak bahasa Pemrograman.

Sebagai seorang programer pasti mempunyai lebih dari satu kemampuan bahasa pemrograman, maka sangat cocok menggunakan linux karena sistem operasi linux sangat mendukung banyak bahasa pemrograman. Selain itu ada sistem operasi linux yang dikhususkan hanya untuk seorang programer.

Linux mendukung bahasa pemrograman, seperti PHP, Ruby, Go,Python, Perl, Phyton dan lain-lain. Kecuali apabila bahasa pemrograman tersebut hanya untuk satu platform tertentu, seperti .net.

Leave a Reply