4 Format Font untuk situs Website

Salah satu komponen yang ada dalam suatu website yaitu font, font yaitu suatu desain yang berupa suatu karakter. Font dapat dibaca oleh browser, karena saat ini browser sudah memiliki banyak fitur unggulan yang mendukung sehingga developer dapat berkreasi.

Penggunaan font dari awal adanya website di kenal dengan system font, salah satu system font yang mendukung pada browser yaitu times new roman. Hal ini dengan dengan tujuan membuat website lebih menarik dalam segi tampilan design.

System font sendiri bukan hanya terpaku dengan font yang ada. Anda dapat membuat font sesuai selera anda atau jika tidak mau ribut sudah tersedia kumpulan font yang berbayar. Selain itu system font pada website sudah mendukung dengan tambahan tampilan file CSS.

4 Format Font pada Website

 

1. Web Open Font Format /WOFF

Web Open Font Format /WOFF merupakan salah satu font untuk website yang mempunyai design tampilan sederhana karena terdapat kompresi pada system font.. Font ini dapat mendukung segala jenis website tanpa kecuali. Selain itu font WOFF juga telah direkomendasikan oleh w3C.

Pembaruan terhadap font WOFF yaitu WOFF2, font WOFF2 lebih ditekankan untuk browser modern, kecepatan menggunakan font ini sangat ringan karena telah melewati tahap kompresi. Font ini juga terdapat dukungan menggunakan file CSS.2. TrueType /TTF

TrueType /TTF merupakan font bawaan untuk sistem operasi windows. Font ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan IT yang besar di dunia yaitu Microsoft pada tahun 1980 yang lalu. Font ini terdapat gabungan file dalam satu file saja, maka dengan menggunakan font ini terdapat berbagai jenis font dapat digunakan seperti penggunaan garis miring. Font ini secara umum telah terinstall di komputer.

3. OpenType Font

Font yang di kembangkan oleh microsoft dengan adobe. Font ini hanya mencakup satu file namun sudah mencakup keseluruhan gaya font. Hampir mirip dengan TTF, namun jenis font memiliki cakupan dan pustaka yang lebih banyak.

4. Embedded Open Type /EOT

Format font yang satu ini memiliki ukuran yang besar karena tidak adanya kompresi untuk membuat ukuran menjadi kecil. Hal ini berpengaruh pada kecepatan website dan penggunaan browser. Sebaiknya apabila tidak mendukung browser yang mendukung kurangi penggunaan font ini.
admin

One comment

  1. Ini dia artikel mngenai format font yg saya cri.. Terimakasih informasiny gan..

Leave a Reply