4 Application System Terkenal Yang Dibuat Dari Golang

4 Application System Terkenal yang dibuat dari Golang – Sebelumnya sudah saya bahas mengenai startup yang mendapat junjungan unicorn yang menggunakan bahasa pemrograman Golang, Kali ini admin mau memberikan informasi 4 Application System Terkenal yang dibuat dari Golang, 4 aplikasi sistem ini tentunya sangat populer dan unggul untuk digunakan.

Baca juga : 3 Startup Unicorn Indonesia yang menggunakan Golang

Biasanya bahasa golang hanya dibuat untuk kebutuhan backend saja, digunakan untuk membuat service API. Nah lain halnya jika bahasa golang untuk membuat sistem aplikasi. Luar Biasa sekali kan bahasa Golang ini ? Bahasa yang saya bilang sangat baik untuk menangani beberapa kebutuhan arsitektur aplikasi.

Yuk Langsung kita bahas .. . .

4 Application System Terkenal yang dibuat dari Golang

1. Docker

Docker merupakan Platform yang dibangun secara open source dengan teknologi container. Masih bingung ya docker buat apa ? Docker digunakan untuk mengemas aplikasi agar dapat dijalankan. Contohnya ketika kita butuh MySQL , maka di docker kita install MySQL.

Tujuan utama nya hampir persis dengan VIrtual Machine(VM). Docker manjamin aplikasi dapat berjalan dengan semestinya. Platform in menggunakan bahasa Golang lho di buatnya, sangat hebat sekali bukan.

2. Grafana

Grafana digunakan untuk monitoring data untuk digunakan sebagai analisis data. Biasanya hal ini yang sering memakai seorang Sysadmin, untuk memonitorin akan sebuah sistem. Grafana mendukung lebih banyak kapasitas penyimpanan data backends.

Grafana digunakan dengan bahasa golang untuk memenuhi kebutuhan aplikasi tersebut untuk bagian backend nya.

3. Hugo

Hugo digunakan untuk membuat web secara statis, apa itu statis ? statis artinya bersifat tetap. Web generator hugo di buat menggunakan bahasa pemrograman Golang, maka dari itu dapat berjalan dengan cepat. Salah satu website di indonesia yang menggunakan hugo yaitu petanikode.com.

Web yang dibuat dengan hugo dapat dideploy dihalaman situs milik github yaitu github-pages. jadi buat anda yang bingung untuk meletekkan source code hugo tidak usah kwatir.

4. Kubernetes

Kubernetes ini ada hubungan dengan docker , dengan tujuan agar bisa untuk komunikasi antar docker. Yang menggunakan kubernetes biasanya sysadmin ataupun Devops.

Kubernetes sendiri dibuat menggunakan bahasa pemrograman Golang, yang bersifat open source. Kubernetes sendiri berbasis atau menggunakan Kernel linux untuk kebutuhannya.

Selain 4 produk aplikasi sistem diatas masih banyak yang menggunakan golang, anda dapat melihat secara detailnya di situs repository nya yaitu https://github.com/avelino/awesome-go.

Semoga Bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply