2 Cara Membuat Related Post di WordPress dengan Mudah

2 Cara Membuat Related Post di WordPress dengan Mudah – Salah satu cara agar pengujung bertahan lama mengujungi halaman web yaitu membuat postingan terkait terhadap artikel yang di baca. Postingan terkait tersebut harus sama topiknya dengan artikel yang sedang di baca.

Sebagai contoh pengujung sedang menbaca artikel “Cara membuat website dengan WordPress” maka salah satu postingan terkait juga mengenai wordpress. Jangan sampai postingan terkait tersebut tidak di butuhkan pengunjung.

Kesalahan Related Post yang di tampilkan akan merugikan terhadap kualitas. Karena faktor penting sebuah website adalah sebuah postingan yang mengandung informasi.

2 Cara Membuat Related Post di WordPress dengan Mudah

Sudah bukan rahahsia lagi bahwa keunggulan menggunakan wordpress(WP) yaitu memiliki plugin yang memenuhi kebutuhan yang di inginkan. Salah satunya plugin untuk menampilkan postingan hanya kategori tertentu saja.

Namun dampak menggunakan plugin terlalu banyak dapat memperlambat situs website. Hal ini tentunya dapat membuat pengujung merasa bosan dan berpindah ke halaman lain.

Tutorial membuat related post kali ini terdapat 2 cara yaitu

  • Menggunakan Plugin
  • Menggunakan Manual Kode

Langsung saja kita buat cara membuat postingan terkait di WordPress.

Membuat Related Post menggunakan Plugin

Sebenarny ada banyak plugin related post, namun saya menyarankan menggunakan plugin bernama WordPress Related Posts.

Saat ini pengguna wordpress yang menggunakan plugin “wordpress related posts” berjumlah 100,000+. Jadi tidak di ragukan lagi. Selain itu rating terhadap plugin tersebut lumayan tinggi.

Cara menginstall sama dengan cara menginstall plugin di wordpress seperti biasanya. Jika belum tahu silahkan baca : Cara Install Plugin Baru di WordPress dengan mudah.

Situs resmi plugin wordpress related posts di https://wordpress.org/plugins/wordpress-23-related-posts-plugin/. Silahkan unduh dengan menekan tombol unduh.

2 Cara Membuat Related Post di Wordpress dengan Mudah

Setelah berhasil di unduh silahkan buka dashboard wordpress anda kemudian ke menu plugins lalu ki add New (Plugins > Add New).

Di dalam wordpress untuk menginstall plugin terdapat 2 cara yaitu dengan mengunduh langsung dan mengunggah plugin yang berupa file zip.

Selanjutnya silahkan klik unggah plugin dan pilih hasil unduhan plugin wordpress related posts. Tunggu hingga proses selesai.

Lama tidaknya unggah plugin di wordpress tergantung pada kecepatan internet. Semakin cepat kecepatan internet maka semakin cepat juga.

Jika proses sudah selesai maka aktifkan plugin tersebut.

Setelah berhasil di install dan di aktikan, maka konfigurasi pengaturan plugin related posts terdapat di settings > WordPress Related Posts.

2 Cara Membuat Related Post di Wordpress dengan Mudah

Ada beberapa daftar pengauran, yaitu :

  • Related Posts Title, Berfungsi untuk memberikan judul terhadap postinga terkait.
  • Number Of Posts, Berfungsi untuk mengatur jumlah postingan terkait.
  • Advanced Settings, Pengaturan tingkat lanjut berfungsi untuk memodifikasi terkait tampilan.
  • About Related Posts, Informasi mengenai Plugin tersebut.

Contoh hasil menggunakan plugin WordPress related posts bisa di lihat pada website yang sedang anda baca.

2 Cara Membuat Related Post di Wordpress dengan Mudah

Bisa di lihat gambar di atas merupakan contoh membuat postingan terkait dengan wordpress related posts.

Membuat Related Post dengan Kode tanpa Plugin

Cara yang kedua dengan cara menambahkan baris kode PHP berdasarkan fungsi method yang telah di buat oleh wordpress.

Dimana mengedit nya ?

Letaknya di wp-content/themes/{nama tema}/.

Setelah ketemu folder di atas silahkan carai file dengan nama function.php. Nah di function.php itulah yang digunakan untuk menambahkan baris kode PHP.

Berikut ini contoh kode membuat postingan terkait di WP / WordPress.

Perhatikan kode di ats, cara kerja kode di atas yaitu dengan mengambil ID kategori artikel yang di baca. Setelah itu di lakukan proses pengambilan data dari database dengan ID yang di ambil.

Di dalam array() berfungsi untuk mengatur element postingan terkait, salah satunya mengatur jumlah postingan terkait yang ingin di tampilkan.

Sekian, cara membuat related post / postingan terkait di wordpress.

Baca Juga…

One comment

  1. […] Baca Juga: 2 Cara Membuat Related Post di WordPress dengan Mudah […]

Leave a Reply